Cara Cek BLT Anak Sekolah 2022 Online, Bisa Dapat hingga Rp 4,4 Juta

Yuk, cek terlebih dahulu apakah termasuk keluarga penerima manfaat bansos atau tidak ya!

20 Juni 2022

Cara Cek BLT Anak Sekolah 2022 Online, Bisa Dapat hingga Rp 4,4 Juta
Pexels/Agung Pandit Wiguna

BLT Anak Sekolah masih cair di bulan Juni 2022 yang diberikan kepada siswa SD, SMP, dan SMA/sederajat. BLT atau bantuan langsung tunai untuk anak Sekolah ini merupakan salah satu kategori dalam bansos Program Keluarga Harapan atau PKH 2022.

Di bulan Juni 2022 ini, BLT Anak Sekolah bisa dicairkan oleh siswa SD, SMP, dan SMA yang termasuk sebagai keluarga penerima manfaat. Untuk besaran bansos yang diterima bergantung jenjang pendidikan yang dijalani oleh siswa tersebut.

Berikut Popmama.com rangkum cara cek penerima BLT anak sekolah 2022 onlinebisa dapat Rp 4,4 juta.

Editors' Picks

1. Besaran BLT per jenjang pendidikan dari SD sampai SMA/sederajat

1. Besaran BLT per jenjang pendidikan dari SD sampai SMA/sederajat
Pexels/Agung Pandit Wiguna

Sudah disinggung sebelumnya besaran BLT bergantung dari jenjang pendidikan siswa tersebut. Di mana anak sekolah jenjang SD/sederajat akan mendapatkan bansos PKH dengan besaran Rp 900.000 per tahun yang diberikan secara bertahap.

Sementara itu, untuk siswa jenjang SMP/sederajat akan mendapatkan bantuan bansos sebesar Rp 1.500.000 per tahun. Di mana pemberiannya juga diberikan secara bertahap setiap bulan.

Terakhir ada BLT anak sekolah untuk jenjang SMA/sederajat yang jumlahnya mencapai Rp2.000.000 per tahun. Sama seperti jenjang sebelumhya, akan diberikan juga secara bertahap.

Ketiga BLT ini bisa didapatkan oleh satu keluarga yang sama jika dalam keluarga tersebut ada tiga orang siswa dengan jenjang pendidikan yang berbeda. Sehingga total bantuan yang bisa diterima oleh tiga orang siswa sekaligus dalam satu keluarga mencapai Rp 4,4 juta per tahun.

2. Bank penyaluran bansos PKH anak sekolah

2. Bank penyaluran bansos PKH anak sekolah
Pexels/Agung Pandit Wiguna

Untuk penyaluran bansos PKH ini tidak ada perbedaan penyaluran dari bansos PKH pada umumnya. BLT anak sekolah juga disalurkan lewat rekening Bank Himbara  yakni BRI, BNI, Mandiri, dan BTN.

Ingat tidak semua orang bisa mencairkan bantuan sosial ini. Kita harus mengecek terlebih dahulu apakah masuk ke kategori penerima manfaat atau tidak.

3. Cara cek BLT anak sekolah 2022 online lewat ponsel

3. Cara cek BLT anak sekolah 2022 online lewat ponsel
Pixabay.com/Iqwan Alif

Sudah disinggung, untuk memastikan daftar penerima manfaat kini bisa dicek lewat ponsel. Caranya pun mudah dan simpel, tak perlu repot harus ke bank atau ke kantor pemerintahan setempat.

Berikut cara cek penerima BLT anak sekolah 2022:
  • Akses situs cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukkan wilayah penerima manfaat, seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, serta desa.
  • Masukkan nama lengkap yang sama dengan yang tertera di KTP.
  • Masukkan 8 huruf kode unik yang muncul di kotak pada layar.
  • Klik 'Cari Data'.

Setelah melakukan langkah di atas, langsung dapat mengetahui status masing-masing. Apakah termasuk keluarga yang menerima manfaat BLT anak sekolah 2022 atau tidak.

Jika terdaftar layar akan memunculkan sejumlah informasi dari identitas, jenis bansos, dan status penyaluran bansos tersebut.

Itulah tadi cara cek penerima BLT anak sekolah 2022 online bisa dapat Rp 4,4 juta. Sekarang cek bantuan sosial dari pemerintah bisa lewat ponsel.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk