Mengajarkan Anak Bacaan Doa Ketika Ada Petir

Bentuk permohonan kepada Allah SWT agar diberi perlindungan

29 Januari 2021

Mengajarkan Anak Bacaan Doa Ketika Ada Petir
Pixabay/sethink

Petir atau yang juga biasa disebut sebagai kilat dan halilintar merupakan salah satu fenomena alam. Biasanya, petir ditandai dengan kilatan cahaya menyilaukan yang diikuti suara gemuruh menggelegar di langit. 

Bagi beberapa orang, kilat cahaya dan suara gemuruh petir yang amat dahsyat merupakan hal menakutkan. Terlebih, petir dapat menimbulkan kerusakan. Entah kerusakaan pada lingkungan maupun menimbulkan korban manusia. 

Itulah alasan ajaran agama Islam menganjurkan untuk membaca doa ketika terjadinya petir. Bacaan doa saat munculnya petir bertujuan untuk mengharap perlindungan dari Allah SWT. 

Membaca doa ketika ada petir sebaiknya diajarkan oleh para orangtua pada anak-anak sejak dini. Jadi, anak pun terbiasa berdoa ketika melihat atau mendengar petir, Ma. 

Sebagai panduan, berikut Popmama.com jelaskan bacaan doa ketika ada petir beserta artinya. Barangkali dapat membantu Mama dan Papa dalam mengajarkannya pada anak. 

Petir tertera dalam kitab suci Alquran

Petir tertera dalam kitab suci Alquran
Pixabay/8499117

Petir sebenarnya tertera di dalam kitab suci umat Islam. Tepatnya, diabadikan pada surah ke-13 dalam Alquran bernama ar-Ra'du.

Ada 3 istilah yang merujuk pada makna petir, yaitu ar-ra'du, ash-shawa'iq, dan al-barq

Menurut Dr Muhammad Luqman As Salafi dalam Rasy Al-Barad Syarh al-Adab al-Mufrod (381) menjelaskan bahwa, para ahli tafsir mendefinisikan ar-ra'du lebih dekat dengan makna suara petir atau geledek. Sementara itu, ash-shawa'iq dan al-barq maknanya lebih dekat untuk istilah kilatan petir, cahaya yang muncul beberapa saat sebelum adanya suara petir.  

Editors' Picks

Macam-macam doa ketika ada petir

Macam-macam doa ketika ada petir
Pixabay/mohammedweb

Saat melihat atau mendengar petir, anak mungkin akan kaget dan ketakutan, Ma. Selain itu, anak bisa saja berteriak atau menangis sebagai bentuk respon secara spontan. 

Untuk itu, daripada bertindak demikian, sebaiknya Mama dan Papa mengajarkan anak mengamalkan bacaan doa ketika ada petir. Doa juga sebagai bentuk permohonan kepada Allah SWT agar terlindung dari bahaya petir. 

Berikut bacaan doa saat ada petir yang dapat orangtua ajarkan pada anak. Dilansir dari laman bincangsyariah.

1. Doa ketika ada petir menurut Rasulullah

1. Doa ketika ada petir menurut Rasulullah
Pixabay/xegxef

Berdasarkan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dari Ibnu Umar, berikut doa ketika ada petir menurut ajaran Rasulullah SAW.

Allahumma la taqtulna bi ghadhobika wala tuhlikna bi a’zabika wa a’fina qobla zalika

Artinya: “Ya Allah, jangan bunuh kami dengan murka-Mu, dan jangan binasakan kami dengan azab-Mu, dan maafkanlah kami sebelum itu.”

2. Doa ketika ada petir menurut sahabat Nabi

2. Doa ketika ada petir menurut sahabat Nabi
Pixabay/EliasSch2

Dalam kitab Almuwaththa’ dari sahabat Abdullah bin Zubair. Saat melihat atau mendengar petir, beliau membaca doa berikut:

Subhanalladzi yusabbihur ro’du bi hamdihii wal malaaikatu min khiifatihi

Artinya: “Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.”

3. Doa ketika ada petir menurut kalangan tabiin

3. Doa ketika ada petir menurut kalangan tabiin
Pixabay/SyauqiFillah

Doa ini disebutkan oleh Imam Syafii dalam kitab Al Umm yang bersumber dari ulama kalangan tabiin, yaitu Imam Thawus. Ketika melihat atau mendengar petir, beliau membaca doa berikut:

Subhana man sabbahat lahu.

Artinya: “Maha suci zat yang mana petir bertasbih kepada-Nya".

Itulah beberapa macam doa ketika ada petir yang dapat Mama dan Papa ajarkan pada anak. Semoga dapat bermanfaat dan senantiasa diamalkan, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.