Tata Cara dan Rukun Tayamum yang Harus Diketahui Anak

Jika tidak ada air untuk berwudhu dianjurkan bertayamum. Beri tahu anak tentang rukun tayamum.

2 April 2021

Tata Cara Rukun Tayamum Harus Diketahui Anak
Pixabay/Myriams-Fotos

Salah satu syarat sah salat adalah menghilangkan hadas kecil dengan cara berwudhu. Namun, bagaimana jika sudah waktunya salat tetapi tidak ada air untuk berwudhu?

Allah SWT tidak mempersulit hambanya untuk beribadah. Jika tidak ada air, umat muslim yang ingin menghilangkan hadas kecil dapat melakukan tayamum.Tayamum yaitu kegiatan menyucikan diri dari najis dengan pasir dan debu.

Dalam QS. An-nisa ayat 43 dijelaskan, "Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu."

Dari potongan arti surat di atas, dapat diketahui waktu yang diperbolehkan untuk tayamum yaitu jika sakit yang tidak memungkinkan berwudhu, dalam perjalanan jauh dan tidak ada air dalam jarak 2.5 km, serta dalamkondisi setelah buang air dan tidak ada air sedikitpun saat ingin berwudhu.

Mama dapat mengajarkan tayamum kepada anak sejak dini agar jika mereka bertemu dengan situasi di atas, anak Mama tahu apa yang harus dilakukan.

Berikut ini Popmama.com merangkum tentang niat tayamum dan tata cara tayamum yang dapat Mama ajarkan kepada Anak.

1. Niat

1. Niat
caragigih.id

Niat adalah dasar dari segala perbuatan. Begitu pun ketika ingin melakukan tayamum, perlu niat. Sebelum mengucapkan niat, diri kita harus bersiap menghadap kiblat dan membaca basmalah terlebih dahulu. 

Niat tayamum dapat dilakukan saat menempelkan tangan ke debu atau saat mengusapkan debu pada wajah.
Niat tayamum berisi ungkapan niat, tujuan tayamum, dan diperbolehkan salat karena Allah SWT.

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

"Nawaytu tayamuma li istibaakhati sholati lillahi ta'ala"

Artinya: Aku berniat tayamum agar diperbolehkan salat karena Allah. 

Dalam bertayamum tidak cukup berniat untuk menghilangkan hadas saja sebab tayamum tidak menghilangkan hadas. Maka, kita harus berniat untuk diperbolehkan salat.

Editors' Picks

2. Mengusap seluruh bagian wajah dengan tanah

2. Mengusap seluruh bagian wajah tanah
doaharianislami.com

Walapupun tayamum menjadi pengganti wudhu, tapi ada beberapa gerakan wudhu yang tidak dilakukan saat tayamum. Gerakan tayamum langsung kepada mengusap bagian wajah. Tangan yang sudah ditempelkan pada debu bersih langsung diusapkan pada wajah secara menyeluruh. 

3. Mengusap kedua tangan sampai siku

3. Mengusap kedua tangan sampai siku
mukisi.com

Rukun tayamum yang ketiga adalah mengusap kedua tangan sampai siku menggunakan debu bersih. 

Telapak tangan kiri yang sudah ditempelkan di debu mengusap lengan kanan hingga ke siku lalu dipurtar dan usap kembali hingga ujung jari. Hal ini dilakukan pula pada lengan kiri menggunakan telapak tangan kanan.

4. Tertib

4. Tertib
pijaria.com

Yang dimaksud tertib yaitu tayamum harus dilakukan secara berurut satu per satu. Mulai dari niat hingga akhir. 

Itulah niat tayamum dan tata cara tayamum yang dapat Mama ajarkan ke Anak. Semoga dapat menambah ilmu anak Mama. Semangat terus mengajarkan anak tentang hal baru ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.