Bukan Nasi, 7 Bekal Menu Menyehatkan Buatan Sendiri

Membawa bekal selain hemat, juga lebih terjamin kualitasnya

14 Januari 2019

Bukan Nasi, 7 Bekal Menu Menyehatkan Buatan Sendiri
Pixnio/Amanda Mills

Setelah seminggu mulai masuk sekolah, anak mama mungkin mulai bosan dengan bekal yang dibawanya. 

Popmama.com tahu membawakan bekal untuk anak menuntut Mama berpikir kreatif. Menu yang itu-itu saja pasti akan membuatnya bosan dan tidak semangat makan.

Untuk menghindari anak malas makan bekal, coba ganti isi bekalnya dengan tujuh menu di bawah ini. 

1. Puding susu dan vla buah

1. Puding susu vla buah
pxhere

Puding termasuk dalam makanan kaya serat yang sangat mudah dibuat. Buatkan anak Mama puding susu aneka rasa sebagai pengganti isi bekal. Tekstur lembut dan rasanya yang segar akan membangkitkan semangat belajarnya. Tambahkan vla dan potongan buah segar untuk menambah selera makannya.

Puding sebenarnya lebih enak dimakan dingin, jadi siapkan wadah bekal yang memakai isulator suhu untuk menjaga bekal tetap enak dimakan saat jam istirahat tiba. 

2. Sandwich aneka isi

2. Sandwich aneka isi
upload.wikimedia

Menu gurih yang satu ini juga menarik untuk mengisi kotak bekal. Setangkup roti dengan isian telur goreng, daging, dan keju pasti menggugah selera. Tambahkan tomat, selada, atau mentimun untuk meningkatkan gizinya. 

Mama bisa membuat isi dagingnya sendiri. Untuk membuat beef patty caranya sangat mudah. Cukup dengan mencampurkan daging diling dengan garam, lada bubuk, dan cincangan bawang bombay. Tambahkan telur kocok agar daging lebih mudah dibentuk.

3. Kentang goreng dan nugget ayam

3. Kentang goreng nugget ayam
pixabay/ Adoproductiones

Semua anak pasti suka melihat kotak bekalnya berisi kentang goreng gurih dan nugget ayam. Tambahkan saus tomat atau mayonais sebagai bahan cocolan. Mama bisa membuat saus tomat sendiri jika khawatir dengan kandungan bahan pengawet dari saus kemasan.

Untuk menghindari nugget dan kentang goreng kemasan, Mama bisa membuatnya sendiri di rumah. Cek disini resep nugget ayam simpel.

Kentang goreng buatan sendiri juga tak kalah lezat dari yang biasa dijual di supermarket. Caranya, kupas kentang lalu cuci sampai bersih. Potong sesuai selera kemudian rendam dengan air es yang sudah dibubuhi garam. Biarkan selama kurang lebih satu jam, lalu hilangkan airnya. Simpan kentang dalam freezer sampai beku, baru setelah itu digoreng. Rasanya dijamin enak, tak kalah dengan french fries ala restoran cepat saji.

Editors' Picks

4. Pancake dengan berbagai rasa

4. Pancake berbagai rasa
upload.wikimedia

Kalau anak Mama doyan makanan manis, bawakan saja pancake. Pancake bisa diisi aneka isian. Misalnya pisang dan selai cokelat atau isian stroberi dan keju. 

Buat pancake dalam ukuran kecil, untuk sekali atau dua kali suap saja agar anak mudah memakannya dan bisa berbagi dengan teman.

5. Omelet ala Austria

5. Omelet ala Austria
pxhere

Jika porsi omelet saja kurang untuk anak Mama, tambahkan kentang dan kornet di dalamnya. Omelet kentang yang menjadi menu sarapan andalan orang Austria ini bisa Mama buat sendiri di rumah.

Caranya, kupas kentang lalu cuci bersih dan potong kecil-kecil. Goreng atau kukus sebentar hingga kentang lunak. Setelah itu siapkan wajan antilengket untuk menumis kentang, bawang bombay, dan kornet. Di wadah terpisah, siapkan 2-3 butir telur lalu kocok lepas. Campurkan tumisan kentang dan kornet tadi dalam telur, lalu goreng kembali.

6. Martabak mi isi sayur

6. Martabak mi isi sayur
pxhere

Cara pembuatan martabak mi sama seperti omelet kentang. Bedanya, kentang diganti dengan mi instan yang Mama bumbui sendiri. Agar lebih sehat, campurkan serutan wortel atau potongan bayam kukus dalam adonan.

7. Roti gulung aneka macam

7. Roti gulung aneka macam
maxpixel.freegreatpicture

Nah, menu yang terakhir ini cocok untuk Mama yang malas ribet. Buatkan saja  roti gulung isi selai atau sosis yang sudah digoreng sebentar dengan mentega. Tips agar roti lebih mudah digulung adalah: pipihkan terlebih dahulu menggunakan gelas atau kayu penggiling adonan roti.

Coba tanyakan kepada anak mama, hari ini ia ingin makan roti gulung rasa apa. Hmmm, dia pasti semakin bersemangat makan bekalnya.

Selamat mencoba, Ma!