Ajak Anak Bernyanyi, 12 Soundtrack Film Disney Favorit si Kecil

Mana lagu Disney yang jadi favorit anak?

20 Februari 2021

Ajak Anak Bernyanyi, 12 Soundtrack Film Disney Favorit si Kecil
Freepik/Gpointstudio

Film Disney menjadi salah satu film keluarga yang populer di mancanegara dan di Indonesia sendiri. Daftar lagu soundtrack Disney banyak menemani dari generasi ke generasi.

Memilih lagu favorit dari lagu-lagu Disney bisa menjadi tugas yang sulit bagi anak yang mengikuti perkembangan film Disney. Bagaimanapun, jika Mama siap untuk bernyanyi bersama anak, pilihlah playlist lagu-lagu Disney yang menarik, menghangatkan hati, dan membangkitkan semangat ini.

Kali ini Popmama.com akan memberikan 12 rekomendasi soundtrack dari film Disney yang jadi favorit anak. Yuk siap-siap bernyanyi bersama anak!

1. “A Whole New World” (Aladdin)

Soundtrack yang diambil dari film Aladdin ini menceritakan tentang Pangeran Aladdin yang berusaha keras untuk mengambil hati Putri Jasmine dengan cara mengajak Putri Jasmine terbang dengan karpet ajaib.

Petualangan dengan karpet ajaib memberikan Putri Jasmine melihat pemandangan baru keindahan kota tempat tinggalnya.

“A Whole New World” ini membawa pendengar pada perjalanan emosi yang nyata. Tidak heran soundtrack Disney yang satu ini membawa pulang Academy Award untuk Best Original Song atau Lagu Asli Terbaik.

2. "Reflection" (Mulan)

Pada filmnya, Mulan memang tidak seperti film-film putri Disney kebanyakan, karena tidak punya banyak lagu. Tetapi saat soundtrack-nya diproduksi, Disney membuatnya berharga, seperti pada lagu balada yang populer dinyanyikan oleh Christina Aguilera ini.

Lagu Reflection ini membantu anak melihat bagaimana perjuangan Putri Mulan saat ia mencoba untuk ikut serta dalam perang menggantikan Papa-nya yang sedang sakit, meskipun hal ini adalah topik yang tabu bagi seorang perempuan untuk ikut berperang.

Suara Christina Aguilera yang kuat dapat menyentuh perasaan Mama dan anak yang ikut mendengarkan lagu ini. Lagu Reflection ini pernah dirilis dengan versi musik yang berbeda pada tahun 1998 oleh Lea Salonga, dan Chrsitina Aguilera. Kemudian kembali dinyanyikan oleh Christina Aguilera pada tahun 2020 sebagai soundtrack film Mulan dalam versi Live Action.

"Kiss the Girl" (The Little Mermaid)

Alan Menken dan Howard Ashman merupakan seorang komposer dan penulis lagu beberapa film Disney termasuk film The Little Mermaid. Alan dan Howard menulis lagu “Kiss the Girl” yang melengkapi daftar lagu cinta film Disney.

Siapa pun yang mendengarkan lagu ini akan dapat memahami bagaimana Putri Ariel yang berusia 16 tahun bertemu dengan Pangeran Eric yang berusia 18 tahun. Putri Ariel dan Pangeran Eric perlu mengatasi kegugupannya saat saling menyukai satu sama lain.

4. "An Unusual Prince/Once Upon a Dream" (Sleeping Beauty)

"Once Upon a Dream" adalah lagu yang ditulis untuk film musikal animasi di tahun 1959 berjudul Sleeping Beauty, yang diproduksi oleh Walt Disney.

Liriknya ditulis oleh Jack Lawrence dan Sammy Fain, sedangkan musiknya diadaptasi oleh George Bruns. Melodi lagu ini terinspirasi pada lagu "Grande valse villageoise" (atau "The Garland Waltz"), dari melodi balet The Sleeping Beauty pada tahun 1890 oleh Pyotr Ilyich Tchaikovsky.

"Once Upon a Dream" digunakan sebagai soundtrack utama film Sleeping Beauty, dan sebagai lagu tema cinta Putri Aurora dan Pangeran Philip. Lagu ini dinyanyikan dalam duet oleh Mary Costa dan Bill Shirley, yang masing-masing menyuarakan peran Aurora dan Philip.

5. "I Won't Say I'm in Love" (Hercules)

"I Won't Say I’m in Love", menjadi sebuah lagu cinta dari seseorang yang tidak ingin jatuh cinta, yang menganggap segala sesuatunya tidak akan berhasil.

Megara atau yang juga sering panggil Meg, tidak memercayai laki-laki, namun ia juga nyaris tidak memercayai dirinya sendiri. Meskipun film tersebut tidak berhasil sebaik beberapa pendahulunya, karakter Meg menunjukkan awal dari perubahan bagaimana perempuan dari film Disney biasanya digambarkan.

Dan dengan gaya khasnya, Meg tidak mau mengakui bahwa dia jatuh cinta pada Hercules, tetapi perlawanan itu sia-sia.

Editors' Picks

6. "Someday My Prince Will Come" (Snow White And The Seven Dwarfs)

Ketika berbicara tentang lagu putri Disney klasik, anak akan menemukan satu lagu ikonik yaitu "Some Day My Prince Will Come," yang dinyanyikan oleh Snow White.

Dengan menjadi film Disney asli, terdapat perasaan nostalgia nyata yang menyertai lagu ini, yang menyebabkan soundtrack ini dikenal di seluruh dunia. Lagu ini juga sesuai dengan bagaimana stereotip yang datang dengan seorang putri Disney.

Keyakinan bahwa seorang putri selalu mencari pangeran, itulah sebabnya lagu ini menjadi sangat ikonik. Dengan nyanyian bernada tinggi dan lirik yang menarik, ini mungkin bukan lagu yang populer di kalangan anak-anak yang baru mengikuti film Disney, tetapi menjadi salah satu lagu klasik yang populer.

7. “Something There,” (Beauty and the Beast)

"Something There" tidak menjual romansa versi Disney. Ini adalah lagu tentang hubungan yang dilandaskan pada ketakutan pandangan pertama yang berubah menjadi kasih sayang, saat Belle mulai melihat Beast yang melindungi dirinya dari penolakan.

Soundtrack ini bukanlah menceritakan hubungan dari gerak tubuh yang berani atau tergila-gila. Namun membangun ikatan yang berasal dari keraguan kesan pertama, tetap terbuka terhadap sisi positif orang lain, dan secara bertahap memahami "sesuatu yang tidak ada sebelumnya".

8. "Love Is An Open Door" (Frozen)

"Love Is An Open Door" adalah duet romantis dalam film animasi feature Disney yang menjadi populer di tahun 2013, Frozen. Lagu ini dinyanyikan oleh Kristen Bell dan Santino Fontana yang masing-masing juga mengisi suara sebagai Anna dan Pangeran Hans.

Lagu ini dinyanyikan ketika Anna bertemu pangeran Hans saat resepsi penobatan saudara perempuannya Elsa. Lagu itu ditulis oleh Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez untuk menyampaikan pesan "merasa seperti kencan pertama yang sempurna".

9. “If I Never Knew You” (Pocahontas)

Lagu ini awalnya dinyanyikan oleh Mel Gibson dan Judy Kuhn, tetapi dipotong dari versi teatrikal aslinya. Lagu ini kemudian kembali dinyanyikan oleh Jon Secada dan Shanice untuk versi akhir, dan versi aslinya juga diputar dalam rilis ulang sebagai pilihan tampilan opsional.

“If I Never Knew You” menunjukkan bahwa setiap kisah cinta putri Disney tidak selalu berakhir bahagia selamanya, tetapi mengajarkan bahwa selalu lebih baik untuk mencintai dan kehilangan orang lain daripada tidak pernah memiliki perasaan mencintai sama sekali.

10. “So This is Love” (Cinderella)

Saat Mama dan anak mendengar lebih dalam ke dalam lagu ini, Mama akan menyadari bahwa lagu ini sebenarnya menceritakan kisah memilukan.

Cinderella kehilangan Papa-nya saat masih berusia sangat muda, dan ia dibesarkan oleh ibu tiri dan saudarinya yang kejam. Walaupun Cinderella selalu memasang wajah bahagia, Mama bisa melihat dalam lirik ini betapa tidak bahagianya dia sebenarnya.

Dan ia tidak pernah tahu bagaimana rasanya dicintai dan disayangi hingga bertemu pangerannya.

11. “I See the Light” (Tangled)

“I See the Light” dari film Tangled ini dinyanyikan oleh penyanyi Mandy Moore yang menampilkan suara bak kepolosan anak-anak pada masa mudanya di lagu ini, dan soundtrack ini memberikan pesan bagaimana Rapunzel belajar menjadi dewasa dan mempelajari apa itu cinta sejati.

Di film Tangled ini tidak digambarkan sebagai cinta romantis, melainkan kasih sayang yang sebagai pengorbanan dan kesetiaan. Dalam hubungan apapun, orang yang saling mengasihi akan saling membantu mewujudkan impian satu sama lain.

12. “Ma Belle Evangeline” (The Princess and the Frog)

“Ma Belle Evangeline” adalah merupakan lagu yang ditampilkan dalam film Disney, The Princess and the Frog.

Lagu ini dinyanyikan oleh Ray (Jim Cummings), dan itu adalah lagu cinta untuk karakter Tiana dan Naveen saat mereka menjadi lebih dekat satu sama lain, selama lagu ini kedua karakter tampil menari bersama dan menunjukkan rasa kasih sayangnya.

Nah itulah 12 rekomendasi soundtrack lagu dari film Disney yang bisa Mama nyanyikan bersama anak. Bernyanyi lagu-lagu bahasa Inggris juga dapat membantu meningkatkan pengetahuan kosa kata Bahasa Inggrisnya lho! Yuk ajak anak bernyanyi bersama!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.