Apakah Vitamin Gummy Aman untuk Dikonsumsi Anak?

Pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memberikannya pada anak ya, Ma!

21 November 2020

Apakah Vitamin Gummy Aman Dikonsumsi Anak
Freepik/Ali-production

Setiap orangtua tentunya berjuang dan berusaha untuk memastikan bahwa anaknya mendapat nutrisi yang cukup. Namun jika anak Mama termasuk anak yang suka cerewet atau pilih-pilih makanan, maka memberikan kebutuhan nutrisi anak mungkin semakin membebani.

Akibatnya, Mama mempertimbangkan pilihan untuk memberikan suplemen atau multivitamin kepada anak. Berbagai macam vitamin atau suplemen tersedia, ada yang berbentuk sirup, tablet, dan ada juga yang berbentuk gummy.

Beberapa vitamin yang berbentuk gummy banyak disukai anak karena rasanya yang manis, lembut, kenyal, dan memilki bentuk-bentuk yang menggemaskan.

Nah, jika Mama ingin lebih mengenal vitamin gummy dan apakah ini pilihan yang tepat untuk anak atau tidak?

Berikut Popmama.com akan memberikan informasi selengkapnya mengenai apakah vitamin gummy aman untuk anak, di bawah ini!

1. Apa itu vitamin gummy?

1. Apa itu vitamin gummy
Freepik/User4828156

Vitamin gummy adalah suplemen vitamin untuk anak-anak, tetapi variasi suplemen ini memiliki lebih banyak gula dan kalori dibandingkan dengan multivitamin pada umumnya. Rasanya yang lebih enak biasanya lebih digemari oleh anak-anak.

Mama harus lebih berhati-hati dan membaca label dengan seksama sebelum memilih vitamin gummy karena terkadang vitamin tersebut mungkin tidak mengandung semua vitamin yang mungkin Mama cari untuk anak.

Sebagian besar varian tersebut hadir dengan vitamin yang larut dalam air seperti Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin D, Vitamin E, dan lain-lain.

Namun, jenis suplemen ini mungkin belum dilengkapi dengan nutrisi lain seperti kalsium, zat besi, dan asam folat.

Jika Mama membutuhkan vitamin gummy untuk mengimbangi kebutuhan kalsium atau zat besi anak, maka opsi ini mungkin bukan hal yang tepat untuk dilakukan.

Vitamin gummy, biasanya lebih cocok agar anak tetap sehat, daya tahan tubuhnya tetap terjaga, tidak mudah sariawan dan panas dalam, atau melengkapi asupan vitamin yang belum terpenuhi dari makanan utama anak.

2. Jenis-jenis vitamin gummy yang perlu Mama ketahui

2. Jenis-jenis vitamin gummy perlu Mama ketahui
Freepik/Irrmago

Jika anak mengonsumsi asupan dengan benar yang mencakup semua kelompok makanan, maka ia tidak perlu diberikan suplemen tambaha. Faktanya adalah tidak semua anak membutuhkan suplemen vitamin.

Namun, jika anak membutuhkan suplemen, maka sebaiknya ketahui Mama perlu mengetahui jenis-jenis vitamin gummy:

Multivitamin gummy

Mama dapat memilih multivitamin gummy yang mengandung kombinasi beberapa nutrisi penting untuk anak. Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak semua vitamin dan mineral ada di semua jenis multivitamin ini. Karena itu, Mama perlu berhati-hati saat membaca label gizi vitamin tersebut.

Vitamin gummy minyak ikan

Suplemen vitamin ini diformulasikan dengan asam lemak omega-3 yang kaya ikan. Suplemen vitamin ini baik untuk mendorong perkembangan otak pada anak. Vitamin gummy minyak ikan ini juga bermanfaat dalam mencegah berbagai jenis penyakit seperti penyakit arteri koroner.

Gummy Vitamin D dan kalsium

Jika mengimbangi kebutuhan kalsium dan vitamin D anak adalah sesuatu yang Mama cari, maka pilihlah vitamin gummy dengan vitamin D dan kalsium di dalamnya.

Suplemen gummy lainnya

Ada jenis vitamin gummy lain yang mengandung antioksidan dan serat, yang bagus untuk mencegah infeksi dan efektif dalam membangun kekebalan.

Editors' Picks

3. Vitamin gummy populer karena bentuknya yang menarik dan rasanya yang manis

3. Vitamin gummy populer karena bentuk menarik rasa manis
Freepik/Alinabuphoto

Vitamin gummy menjadi populer dikalangan anak-anak karena memiliki bentuk menarik dan rasanya yang nikmat membuat hampir setiap anak menyukai vitamin gummy.

Bahkan para produsen vitamin gummy membuat kemasan yang menarik sehingga anak sudah bisa tertarik untuk minta dibelikan.

Alasan lainnya mengapa vitamin gummy menjadi populer adalah dalam kehidupan yang serba cepat saat ini, terkadang tak semua orangtua bisa mengawasi nutrisi anak mereka dan memilih cara mudah seperti memberikan vitamin gummy, yang juga disukai oleh anak-anak.

Namun, Mama harus ingat bahwa tidak semuanya yang populer untuk anak-anak bisa cocok dan aman untuk kesehatan anak ya. Karena setiap anak memiliki kondisi tubuh dan kesehatan yang berbeda pula.

4. Efek samping pemberian vitamin gummy yang berlebihan untuk anak-anak

4. Efek samping pemberian vitamin gummy berlebihan anak-anak
Freepik/Andreonegin

Tak dapat dipungkiri, bahwa beberapa jenis suplemen memang benar memenuhi kebutuhan nutrisi anak, tetapi hal itu mungkin tidak berlaku sepenuhnya benar karena beberapa masalah.

Perhatian pertama adalah vitamin gummy untuk balita ada yang mengandung gula dalam jumlah tinggi dan memiliki tekstur lengket, yang meningkatkan risiko karies gigi, kerusakan gigi, dan masalah gigi lainnya pada anak.

Kedua, terkadang anak dapat mengkonsumsinya dalam jumlah yang lebih dari yang dibutuhkan karena harus diakui bahwa vitamin gummy tampak seperti permen biasa.

Konsumsi yang berlebihan dapat menyebabkan komplikasi kesehatan.

Dan yang terkahir, belum adanya bukti penelitian yang mendukung bahwa jenis vitamin ini membantu mengimbangi kebutuhan gizi pada anak-anak.

5. Hal yang perlu diperhatikan saat ingin memberikan vitamin gummy pada anak

5. Hal perlu diperhatikan saat ingin memberikan vitamin gummy anak
Freepik/Farknot

Berikut beberapa hal yang harus Mama lakukan ketika ingin memberikan vitamin gummy untuk anak:

  1. Selalu periksa label saat membeli suplemen. Perhatikan kandungannya, apakah lebih lengkap dari multivitamin kunyah.
  2. Tidak memberikan vitamin lebih dari jumlah yang ditentukan untuk anak, serta jauhkan dari jangkauan anak.
  3. Jika Mama memberikan berbagai jenis suplemen kepada anak, perhatikan jenis vitamin di setiap suplemen untuk menghindari memberikan jenis vitamin yang sama secara berlebihan.
  4. Pilih vitamin gummy yang mengandung kalsium dan zat besi di dalamnya atau mengandung nutrisi ini dalam jumlah yang sangat sedikit. Jika asupan gizi masih kurang, cari multivitamin lainnya dengan kandungan berbeda untuk melengkapi.
  5. Jika memilih vitamin gummy organik atau jenis vitamin gummy lainnya, pahami bahwa semua vitamin ini mengandung gula dalam jumlah tinggi. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan mulut pada anak agar terhindar dari masalah gigi.
  6. Jika terjadi masalah gigi, segera kunjungi dokter gigi anak untuk menghindari adanya komplikasi gigi.

6. Keamanan vitamin gummy bebas gula juga tergantung dari kandungan didalamnya

6. Keamanan vitamin gummy bebas gula juga tergantung dari kandungan didalamnya
Freepik/Racool-studio

Ada juga beberapa pilihan bebas gula yang tersedia dalam vitamin gummy. Namun, seberapa aman produk tersebut untuk anak sangat bergantung pada apa yang ada di dalamnya.

Beberapa produsen mungkin menggunakan gula alkohol sebagai pengganti gula biasa. Ada beberapa produsen juga mungkin meningkatkan bahan lain seperti asam sitrat, untuk mengimbangi rasa manis yang dapat menyebabkan melemahnya enamel gigi.

Memberikan asupan makanan dengan gizi seimbang dan sehat yang terdiri dari semua jenis kelompok makanan bisa menjadi pilihan yang paling baik diantara semuanya.

Namun, jika Mama merasa perlu memberikan suplemen kepada anak, sebaiknya bicarakan dengan dokter sebelum melakukannya.

Sudah paham kan Ma, vitamin gummy aman untuk dikonsumsi anak selama kandungannya memenuhi kebutuhan gizi anak dan kadar gulanya rendah, serta diberikan sesuai takaran harian untuk anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.