15 Ayat Alkitab yang Mengajarkan Nilai Kehidupan pada Anak

Mengajarkan anak untuk saling mengasihi dan mengampuni

17 Februari 2021

15 Ayat Alkitab Mengajarkan Nilai Kehidupan Anak
Freepik/Nastyaofly

Dalam Alkitab disebutkan anak adalah pemberian dari Tuhan. Sebagai orangtua, Mama menjadi tokoh penting dalam kehidupan anak, tugas Mama adalah membantu anak dalam memahami dan mendengarkan firman Tuhan.

Dengan ajaran Yesus dalam berbagai ayat yang ditemukan di dalam Akitab, anak akan bisa segera belajar mengapa iman begitu penting, dan ia akan mengetahui bagaimana hidup dalam menyebarkan kasih Tuhan kepada orang lain.

Dalam Alkitab, Yesus mengajari anak untuk hidup dengan setia, penuh kasih, dan saling memenuhi. Tuhan juga mengajarkan anak untuk selalu baik satu sama lain, dan saling mengampuni, apapun yang terjadi.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 15 ayat Alkitab yang dapat anak pelajari sebagai pelajaran hidupnya, anak dapat mendengarkan firman Tuhan dengan hati dan pikiran yang terbuka.

1. Kolose 3:20

1. Kolose 320
Freepik

Dalam Kolose 3:20, mengajari anak untuk menuruti dan menaati setiap ajaran orangtua. Tuhan telah memberikan setiap orangtua kemampuan untuk membantu anak bertumbuh menjadi hamba Tuhan yang setia. Berikut adalah pesan dari Kolose 3:20:

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu dalam segala hal, karena itulah yang indah di dalam Tuhan.

2. Mazmur 107:1

2. Mazmur 1071
Freepik/Jiboom

Pada Mazmur 107:1, mengingatkan anak untuk selalu berterima kasih pada Tuhan atas cinta abadi-Nya yang selalu diberikan, karena Dia tidak akan pernah meninggalkan anak untuk selama-lamanya. Berikut adalah pesan dari Mazmur 107:1:

Bersyukurlah kepada TUHAN, sebab Ia baik! Bahwasanya untuk selama-lamanya kasih setia-Nya.

3. Efesus 4:32

3. Efesus 432
Freepik/Odua

Ini adalah pelajaran penting yang harus dipelajari setiap orang, bahkan sangat tepat untuk diajarkan pada anak sejak dini. Yaitu selalu saling mengampuni, seperti Tuhan yang selalu mengampuni atas dosa-dosa menusia, anak juga harus belajar bersikap baik ketika orang lain menyakitinya.

Berikut adalah pesan dari Efesus 4:32:

Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

4. 1 Yohanes 4:19

4. 1 Yohanes 419
Freepik/Cookie-studio

Selanjutnya adalah ayat dari Injil 1 Yohanes 4:19, yang mengajarkan anak bahwa manusia mampu mengasihi orang lain, dan hal yang paling penting adalah Allah telah mengasihi manusia sejak awal, sehingga anak perlu mengucap syukur pada-Nya. Berikut adalah pesan dari 1 Yohanes 4:19:

Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

5. Matius 19:14

5. Matius 1914
Freepik

Anak memiliki hati yang murni, jadi gerbang surga selalu terbuka untuknya. Seiring bertambahnya usia, Mama harus mengingatkan anak tentang nilai-nilai dan kepolosan yang dimilikinya ketika masih menjadi anak-anak. Berikut adalah pesan dari Matius 19:24:

Tetapi Yesus berkata: "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Sorga

6. 1 Timotius 4:12

6. 1 Timotius 412
Freepik

Usia muda seringkali diremehkan oleh orang lain karena dianggap belum berpengalaman namun, ayat dari 1 Timotius 4:12 ini mengajarkan anak bahwa hanya karena anak masih muda, bukan berarti ia tidak memiliki suara.

Ingatkan anak untuk mengatakan apa yang anak yakini benar, sebarkan firman Tuhan dan berikan contoh yang baik untuk teman-temannya. Berikut adalah pesan dari 1 Timotius 4:12:

Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.

Editors' Picks

7. Efesus 6:1-3

7. Efesus 61-3
Freepik

Dalam Alkitab diberitahu jika anak menghormati Mama, Papa, dan melakukan firman Tuhan, maka anak dapat menjalani hidup yang bahagia dan memuaskan. Lakukan 10 perintah Tuhan yang menjadi dasar anak untuk berperilaku. Berikut adalah pesan dari Efesus 6:1-3:

Hai anak-anak, taatilah orang tuamu di dalam Tuhan, karena haruslah demikian. Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

8. Yohanes 3:16

8. Yohanes 316
Freepik/Zilvergolf

Allah sangat mengasihi umat-Nya, sehingga Dia mengorbankan anak satu-satunya, Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia dari dosa-dosanya sendiri, inilah yang mengajarkan anak tentang cinta sejati. Di akhir hari-hari nanti, anak dapat bertemu dengan Allah dan Yesus di surga.

Berikut adalah pesan dari Yohanes 3:16:

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

9. Amsal 1:8-9

9. Amsal 18-9
Freepik/Tirachardz

Banyak ayat di Alkitab yang selalu mengingatkan anak untuk mengikuti nasihat orangtua, salah satunya Amsal 1:8-9. Orangtua hadir untuk melindungi dan membantu anak agar tumbuh menjadi manusia yang baik. Tuhan telah memberi setiap orangtua petunjuk untuk menuntun anaknya ke jalan yang benar.

Berikut adalah pesan dari Amsal 1:8-9:

Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu.

10. Mazmur 3:3

10. Mazmur 33
Freepik

Memasuki usia sekolah sebagian anak merasa takut dengan suasana baru. Bahkan tak jarang adanya permasalahan, mulai dari sedih akibat sulit adaptasi, tekanan belajar, atau lebih buruknya terjadi penindasan.

Namun, sebagai anak Allah, anak tidak perlu takut karena Tuhan selalu melindunginya dimana pun dan kapanpun. Berikut adalah pesan dari Mazmur 3:3:

(3-4) Tetapi Engkau, TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku, Engkaulah kemuliaanku dan yang mengangkat kepalaku

11. Kejadian 1:27

11. Kejadian 127
Freepik/Ulkas

Tuhan menciptakan manusia secara masing-masing, dan setiap manusia termasuk anak, adalah hal spesial bagi-Nya. Setiap manusia dilahirkan sempurna di mata Allah, karena Ia menciptakan manusia menyerupai rupa diri-Nya yang sempurna. Berikut adalah pesan dari Kejadian 1:27:

Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

12. Mazmur 34:11

12. Mazmur 3411
Freepik/Sewcream

Ketika Alkitab mengatakan agar anak "takut" pada Tuhan, itu berarti anak harus menunjukkan rasa hormat dan cinta kepada-Nya. Tuhan maha tahu dan pencipta dunia, jadi Dia layak mendapatkan perhatian dan kesetiaan dalam kehidupan anak sehari-hari.

Berikut adalah pesan dari Mazmur 34:11:

(34-12) Marilah anak-anak, dengarkanlah aku, takut akan TUHAN akan kuajarkan kepadamu!

13. Filipi 4:13

13. Filipi 413
Freepik/User20166574

Mama dapat mengingatkan anak ketika ia ingin melakukan apapun yang diinginkan, selama itu hal yang positif, maka anak tidak perlu ragu dan takut, karena Tuhan selalu menyertai anak di setiap langkahnya. Berikut adalah pesan dari Filipi 4:13:

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

14. Yohanes 14:6

14. Yohanes 146
Freepik/Wirestock

Seperti yang dikatakan Alkitab, Tuhan Yesus adalah Juruselamat manusia. Jika anak mengikuti perintah dan ajaran-Nya, anak dapat bersatu kembali dengan Tuhan di surga. Berikut adalah pesan dari Yohanes 14:6:

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

15. 2 Timotius 1:7

15. 2 Timotius 17
Freepik/Master1305

Tak kalah penting yaitu pesan dari 2 Timotius 1:7, yang mengingatkan anak bahwa hidup seringkali membuatnya tidak berdaya dan takut. Namun bersama Tuhan, anak dapat menemukan harapan dan kekuatan untuk melewati tantangan apapun. Berikut adalah pesan dari 2 Timotius 1:7:

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Nah itulah beberapa firman Tuhan dari Alkitab yang bisa menjadi pelajaran dalam hidup setiap anak. Selalu ingatkan anak bahwa kasih Tuhan pada anak tidak akan pernah berubah, dengan mengikuti ajaran Tuhan, anak dapat menemukan kedamaian karena mengetahui bahwa cinta Yesus tidak akan pernah gagal.

Semoga informasinya bermanfaat, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.