6 Hak Anak yang Harus Dipenuhi Orangtua Selama di Rumah

Orangtua perlu memenuhi hak anak agar pertumbuhannya berkembang secara optimal

11 September 2020

6 Hak Anak Harus Dipenuhi Orangtua Selama Rumah
freepik

Walaupun memang masih anak-anak, namun anak dari usia dini sudah diajarkan tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Namun, orangtua juga harus memberi tahu anak apa saja hak-hak yang anak dapatkan selama berada di rumah.

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga tentunya memiliki untuk hidup yang layak, apalagi jika berada di rumah bersama keluarga. Saat di rumah orangtua perlu memenuhi hak anak agar pertumbuhannya berkembang secara optimal.

Intinya, anak-anak juga harus mengetahui apa saja hak mereka dan kewajiban selama berada di rumah. Lalu apa saja hak anak yang perlu orangtua penuhi?

Pada artikel ini, Popmama.com akan membahas beberapa hak anak yang harus dipenuhi orangtua selama di rumah saja.

1. Hak untuk mendapatkan makan dan minum yang bernutrisi dan menyehatkan anak

1. Hak mendapatkan makan minum bernutrisi menyehatkan anak
Freepik/tirachardz

Dari usia dini, anak membutuhkan makanan dan minuman dengan kualitas gizi yang baik untuk menunjang pertumbuhannya. Seperti pada enam bulan awal kehidupannya, anak berhak mendapatkan ASI atau ASI Ekslusif yang dilanjutkan dengan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Kemudian, pemenuhan nutrisi pada makanan bisa dilakukan dengan pemberian makanan 4 sehat 5 sempurna. Hal ini pun berlanjut hingga anak tumbuh remaja dan hingga dewasa, mereka berhak mendapatkan makanan dan minuman yang sehat.

Jadi, penting bagi Mama untuk memberikan makanan yang bernutrisi serta minuman yang sehat untuk anak ya!

2. Hak untuk mendapatkan jaminan akses kesehatan yang layak

2. Hak mendapatkan jaminan akses kesehatan layak
Freepik/prostooleh

Selain dari segi makanan dan minuman, semua anak juga berhak mendapatkan jaminan kesehatan yang layak tanpa memandang status sosialnya.

Jaminan kesehatan ini juga mencakup imunisasi, makanan yang sehat, akses ke Pos Layanan Terpadu (Posyandu), dan pemeriksaan gigi setiap enam bulan.

Saat anak beranjak remaja, juga perlu mendapatkan pelayanan kesehatan reproduksi untuk menjamin kesehatannya.

Editors' Picks

3. Hak untuk mendapatkan perlindungan dari berbagai macam kekerasan dan keamanan

3. Hak mendapatkan perlindungan dari berbagai macam kekerasan keamanan
Freepik

Hak lain yang harus dipenuhi orangtua pada anak ketika di rumah adalah mendapatkan perlindungan dan keamanan.

Setiap anak laki-laki maupun merempuan, memiliki hak untuk dilindungi dari berbagai macam kekerasan. Terutama dari lingkungan terdekatnya, yaitu di rumah dengan keluarga.

Baik itu kekerasan secara fisik, verbal, psikis, maupun perlakuan yang dapat merugikan atau membahayakan anak.

4. Hak untuk mendapatkan pendidikan dan bimbingan belajar selama dirumah

4. Hak mendapatkan pendidikan bimbingan belajar selama dirumah
Freepik/peoplecreations

Kemudian setiap anak juga berhak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Jika dari segi ekonomi orangtua tidak mampu menyekolahkan anak, Pemerintah melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak bertanggung jawab memberikan biaya bantuan.

Yang di mana memberikan pelayanan bagi anak dari keluarga yang tidak mampu, anak terlantar, dan anak yang bertempat tinggal di daerah terpencil.

Anak juga memiliki hak untuk dibimbing selama di rumah, seperti membimbing anak dalam bersikap dan membantu anak belajar misalnya seperti sedang mengerjakan PR.

5. Hak untuk mendapatkan kesejahteraan hidup yang membuat anak tidak merasa kesulitan

5. Hak mendapatkan kesejahteraan hidup membuat anak tidak merasa kesulitan
freepik.com/pressfoto

Kesejahteraan hidup yang dimaksud adalah hal-hal yang membuat anak merasa nyaman dan tidak merasa kesulitan. Bisa berupa pakaian yang anak kenakan, uang jajan yang diberikan untuk bekal sekolah, bahkan rekreasi.

Tidak hanya orang dewasa saja yang membutuhkan rekreasi, namun anak-anak juga memerlukannya. Rekreasi merupakan hak anak yang dapat membuatnya tumbuh dengan bahagia.

Selain menjadi momen berkumpul bersama keluarga, rekreasi juga dapat menjadi cara untuk belajar yang baik bagi perkembangan anak.

6. Hak untuk bermain yang juga merupakan salah satu cara belajar

6. Hak bermain juga merupakan salah satu cara belajar
Freepik

Selain hak untuk belajar, bagi anak bermain juga merupakan salah satu cara belajar. Melalui bermain, anak dapat mempelajari hal-hal yang ada disekitarnya.

Bermain yang ditemani dengan orangtua juga memiliki banyak manfaat positif untuk anak.

Nah, itulah hak anak yang harus dipenuhi orangtua selama di rumah saja. Tidak hanya memberi ketegasan pada anak untuk melakukan kewajibannya, namun penting untuk memberikan hak-hak yang sesuai seperti di atas demi perkembangan anak yang lebih optimal.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.