10 Rekomendasi Film Bertema Natal untuk Ditonton dengan Anak

Menyambut Hari Natal dengan menyaksikan film bertemakan Natal bersama keluarga

25 Desember 2021

10 Rekomendasi Film Bertema Natal Ditonton Anak
mercurynews.com

Memasuki bulan Desember, banyak keluarga yang tak sabar menantikan perayaan Hari Natal di tanggal 25 nanti. Dalam menyambut Hari Natal, ada beragam cara menyenangkan untuk dilakukan, misalnya menyaksikan film Natal favorit.

Film Natal umumnya memiliki cerita yang hangat hingga menghibur. Beruntungnya, saat ini ada banyak sekali pilihan film keluarga yang meriah tentang Natal.

Selain itu juga ada beragam layanan streaming, sehingga tak perlu lagi kesulitan untuk menonton film secara legal.

Namun, dari sekian banyaknya film bernuansa Natal, Mama mungkin bingung menentukan film mana yang tepat untuk disaksikan bersama-sama?

Nah kali ini Popmama.com telah merangkum 10 rekomendasi film Natal untuk ditonton dengan anak. Yuk simak daftarnya Ma!

1. A Boy Called Christmas (2021)

1. A Boy Called Christmas (2021)
whattowatch.com

Film A Boy Called Christmas yang dirilis pada tahun 2021 ini menceritakan tentang kisah seorang anak laki-laki bernama Nikolas. Ia menuju ke utara yang tertutup salju yang berbahaya, untuk menemukan Papanya yang hilang.

Film yang diadaptasi dari novel Matt Haig ini juga berisi bintang papan atas seperti, Kristen Wiig yang berperan sebagai bibi Nikolas yang kejam dan Stephen Merchant menyuarakan tikus lancang bernama Miika.

A Boy Called Christmas mungkin akan menjadi film Natal favorit selama bertahun-tahun yang akan datang. Film ini direkomendasikan untuk anak berusia delapan tahun ke atas, dengan rating PG atau membutuhkan pengawasan dan bimbingan orangtua.

2. A Charlie Brown Christmas (1965)

2. A Charlie Brown Christmas (1965)
mercurynews.com

Film ini menceritakan tentang Charlie Brown yang merasa sedih saat berada di musim keceriaan dan kegembiraan ketika liburan dimulai.

Temannya yang bernama Lucy krmudian menyarankan agar Charlie membuat drama Natal untuk mendapatkan kembali semangat liburan. Namun itu semua menjadi kacau karena sebuah pohon kecil yang hampir gundul dan tampak malang, dicemooh dan diejek oleh orang-orang di sekitarnya.

Selain mengajarkan anak tentang makna Natal, film ini banyak menggunakan alunan musik jazz yang catchy dan mampu menghangatkan suasana. Film A Charlie Brown Christmas ini disarankan untuk anak dengan usia tiga tahun ke atas.

3. Dr. Seuss‘ The Grinch (2018)

3. Dr. Seuss‘ The Grinch (2018)
insider.com

Film yang dirilis pada tahun 2018 ini, menceritakan tentang Grinch dan anjingnya yang setia, Max, yang hidup menyendiri di dalam gua di Gunung Crumpet.

Berbeda dengan masyarakat lainnya, Grinch merasa jengkel selama Natal, ketika tetangganya di Whoville merayakan liburan dengan meriah.

Ketika masyarakat Whoville memutuskan untuk membuat Natal lebih besar dan lebih cerah, Grinch yang tidak puas menyadari bahwa ada satu cara untuk mendapatkan kedamaian dan ketenangan. Dengan bantuan Max, si pemarah hijau menyusun skema untuk menyamar sebagai Sinterklas.

Dr. Seuss‘ The Grinch ini adalah film yang direkomendasikan untuk anak-anak berusia enam tahun ke atas dengan rating PG atau membutuhkan pengawasan dan bimbingan orangtua.

4. Elf (2003)

4. Elf (2003)
romesentinel.com

Film ini bercerita tentang Buddy yang diperankan oleh Will Ferrell, seorang manusia yang dibesarkan di antara elf, dan melakukan perjalanan ke Kota New York untuk menemukan identitas aslinya dan orangtuanya.

Anak-anak akan senang dengan kenaifan Buddy dan kekonyolan yang muncul saat ia menjelajahi budaya manusia. Selain Will Ferrell, film ini juga dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris populer lainnya seperti James Caan, Bob Newhart, Ed Asner, Mary Steenburgen dan Zooey Deschanel.

Film Elf ini direkomendasikan untuk anak usia tujuh tahun ke atas, dengan rating PG atau membutuhkan pengawasan dan bimbingan orangtua.

Editors' Picks

5. Home Alone (1990)

5. Home Alone (1990)
medium.com

Mungkin Mama sudah tak asing dengan film yang satu ini, bukan? Yup, Home Alone menjadi salah satu film yang banyak disaksikan menjelang perayaann Natal.

Film Home Alone ini menceritakan tentang Kevin yang tertinggal secara tidak sengaja saat keluarganya pergi berlibur Natal di Paris. Kevin kemudian harus mempertahankan rumahnya dari dua pencuri konyol yang diperankan oleh Joe Pesci dan Daniel Stern.

Anak-anak bisa terkesan dengan kecerdikan Kevin dalam melindungi rumahnya. Film Home Alone ini direkomendasikan untuk anak dengan usia tujuh tahun ke atas dengan rating PG atau membutuhkan pengawasan dan bimbingan orangtua.

6. Klaus (2019)

6. Klaus (2019)
Indiewire.com

Pilihan film animasi lainnya adalah Klaus, yang menceritakan kisah seorang putra manja bernama Jesper yang bertemu Klaus, seorang pria yang memiliki rumah dengan penuh mainan buatan tangan untuk dikirimkan kepada anak-anak.

Jesper berbagi cerita tentang Klaus yang hanya memberikan mainan kepada anak-anak yang berperilaku seperti penduduk kota, dan seluruh kota terinspirasi oleh hal ini. Masyarakat kemudian saling mendorong untuk mengakhiri perseteruan panjang dan mengembalikan anak-anak ke sekolah

Film ini juga menampilkan pemain hebat, termasuk Rashida Jones, Norm Macdonald, Will Sasso, J.K. Simmons, dan Joan Cusack, dan ini adalah film Spanyol berbahasa Inggris dengan akar yang kuat dan indah.

Film Klaus ini direkomendasikan untuk anak berusia delapan tahun ke atas, dengan rating PG atau membutuhkan pengawasan dan bimbingan orangtua.

7. The Nightmare Before Christmas (1993)

7. The Nightmare Before Christmas (1993)
dailyhive.com

Film Natal klasik animasi stop-motion untuk anak-anak ini, berdasarkan puisi Tim Burton, yang menampilkan Jack Skellington, Raja Labu dari Halloweentown.

Bosan melakukan hal yang sama untuk Halloween setiap tahun, ia menemukan Christmastown dan memutuskan untuk mencoba membawa sedikit nuansa Natal ke Halloweentown, bahkan menculik Sinterklas untuk mewujudkannya.

Film perpaduan Hari Halloween dan Hari Natal ini banyak disukai karena memberikan suasana yang menyenangkan dan sedikit menakutkan dari dua liburan tercinta. Film ini direkomendasikan untuk anak usia tujuh tahun ke atas dengan rating PG atau membutuhkan pengawasan dan bimbingan orangtua.

8. The Polar Express (2004)

8. The Polar Express (2004)
filmblerg.com

Ada yang mengatakan bahwa Natal belum lengkap jika belum menonton The Polar Express. Film animasi ini dibintangi oleh Tom Hanks, yang diadaptasi dari buku anak-anak tahun 1985.

Film ini menceritakan kisah seorang anak laki-laki, yang pada Malam Natal, melihat kereta misterius menuju Kutub Utara berhenti di luar jendelanya dan diundang oleh kondekturnya.

Anak laki-laki tersebut kemudian bergabung dengan beberapa anak lain saat mereka memulai perjalanan untuk mengunjungi Sinterklas mempersiapkan Natal.

Ada beberapa hal lain yang membuat film The Polar Express begitu ikonik, dan anak-anak pasti akan menyukai cerita, karakter, musik, visual, dan pesan dari film ini.

Film ini memiliki rating G yang cocok untuk disaksikan untuk anak segala usia.

9. The Star (2017)

9. The Star (2017)
denverpost.com

Film The Star menceritakan kisah Natal pertama melalui mata Bo, yang merupakan seekor keledai manis yang ingin melarikan diri dari kehidupan yang ia alami di desanya. 

Setelah membebaskan diri, ia bekerja sama dengan teman-teman Ruth dan Dave untuk berpetualang, dengan mengikuti bintang utara dan melihat ke mana mereka akan dibawa.

Film liburan animasi binatang ini disuarakan oleh pemeran aktor dan aktris seperti Steven Yeun, Keegan-Michael Key, Aidy Bryant dan Gina Rodriguez. Film The Star ini direkomendasikan untuk anak usia lima tahun ke atas.

10. Santa Buddies (2009)

10. Santa Buddies (2009)
mubi.com

Anak-anak yang menyukai hewan anjing pastinya akan menyukai film liburan yang yang satu ini. Film ini berlatarkan tempat di Kutub Utara, di mana Santa Claus dan sahabat anjingnya Santa Paws memerhatikan bahwa es semangat Natal mencair karena kurangnya semangat Natal di dunia.

Kemudian mereka mengandalkan Puppy Paws untuk menyebarkan pesan tentang pentingnya semangat Natal kepada generasi berikutnya.

Film ini dapat menyenangkan, terutama untuk pemirsa yang merupakan anak-anak yang lebih muda. Film ini direkomendasikan untuk anak berusia lima tahun ke atas dengan rating G atau, untuk segala usia dan aman disaksikan oleh anak-anak.

Nah itulah beberapa film Natal untuk ditonton bersama anak di rumah. Menyaksikan film-film ini di waktu luang atau akhir pekan, dapat menjadi kegiatan keluarga untuk menyambut perayaan Hari Natal dan juga membuat setiap anggota keluarga memiliki waktu berkualitas bersama.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.