6 Poin Utama dalam Membesarkan Anak yang Wajib Diperhatikan Oleh Mama

Yuk, berikan inspirasi untuk anak semangat belajar, Ma!

24 Maret 2020

6 Poin Utama dalam Membesarkan Anak Wajib Diperhatikan Oleh Mama
Pixabay/publicdomainpictures

Tidak terpungkiri lagi, kewajiban terbesar seorang Mama adalah memastikan proses tumbuh kembang si Anak berjalan dengan lancar. Tentu, Mama mengupayakan segala yang terbaik dalam membesarkan anak mama.

Akan tetapi, apakah Mama mengetahui poin-poin utama dalam membesarkan anak? Dilansir dari laman crosswalk, di bawah ini adalah 6 poin utama dalam membesarkan anak yang wajib diperhatikan orangtua.

1. Membangun komunikasi

1. Membangun komunikasi
ravishly.com

Kita tentu setuju bahwa hubungan akan tetap bertahan apabila komunikasi yang baik tercipta dan terus bertahan. Tanpa terkecuali, hubungan spesial antara Mama dan anak mama yang pastinya diharapkan terbangun secara positif dan intim.

Untuk itulah, dalam membesarkan anak, Mama sangat wajib memperhatikan hubungan komunikasi. Pastikan Mama banyak menghabiskan waktu dengan anak untuk berbicara padanya sekaligus mendengar sudut pandangnya juga.

Untuk membantu Mama, sebaiknya melakukan rutinitas open-ended questions terkait keseharian dan hal-hal yang disukainya. Ini pasti akan memancing minat anak mama untuk berkomunikasi dan membuahkan hasil positif untuk hubungan Mama dan anak.

2. Membentuk karakter dan kepribadian anak

2. Membentuk karakter kepribadian anak
Pixabay/adinavoicu

Tahukah Mama? Proses tumbuh kembang anak mama tidak hanya semata-mata fokus pada kesehatan tubuhnya secara fisik. Sebaliknya, Mama sangat ditegaskan untuk mengarahkan proses membesarkan anak mama pada pembentukan karakter yang positif.

Tentu, Mama tidak ingin anak mama bertumbuh menjadi sosok yang nantinya akan merugikan orang lain dan lingkungan, bukan? Dalam hal ini, Mama ditekankan untuk memulainya dengan menanamkan nilai-nilai kebaikan dan toleransi.

Akan tetapi, di atas segalanya, kasih sebaiknya menjadi kunci utama dari pembentukan karakter dan kepribadian anak mama. Pasalnya, kasih membuahkan semua nilai-nilai positif yang dibutuhkan seperti kesabaran, kejujuran, kesetiaan, toleransi, dan lain-lainnya.

3. Pengenalan akan Tuhan, agama, dan keyakinan

3. Pengenalan akan Tuhan, agama, keyakinan
Pixabay/chidioc

Sebagaimana yang telah dibahas pada poin sebelumnya, anak mama sangat membutuhkan upaya khusus yang dapat membentuk karakter dan kepribadiannya. Eits, hal ini akan menjadi sangat sempurna melalui pengenalan akan keyakinan atau agama.

Apapun keyakinan yang Mama miliki bersama keluarga, nilai-nilai yang terkandung pastilah berpusat pada hal-hal positif sehingga tidak usah dipertanyakan lagi, pengenalan akan keyakinan kepada Sang Pencipta akan membuat Si Anak semakin dekat pada gambaran kepribadian yang baik.

Dalam hal ini, marilah sertai rutinitas sehari-hari anak mama tercinta dengan nilai-nilai agamais. Mulailah dari hal terkecil namun berarti seperti berdoa hingga ibadah secara rutin. Jangan lupa, ajar Si Anak untuk mengucap syukur pada Sang Pencipta atas segala berkat yang dimiliki.

Editors' Picks

4. Motivasi dalam kehidupan sehari-hari

4. Motivasi dalam kehidupan sehari-hari
Pixabay/parentrap

Sebagai orangtua, Mama memang sangat mendambakan anak mama tercinta bertumbuh menjadi sosok yang kuat. Akan tetapi, Mama sebaiknya memandang si Anak sebagai sosok yang memang pada hakikatnya masih membutuhkan dukungan dan motivasi.

Tentu saja, fakta bahwa anak mama masih berusia dini membuat hal tersebut sangatlah normal. Karena itulah, dalam kehidupan sehari-hari, Mama sebaiknya memastikan eksistensi Mama yang terus menerus memotivasi tekad dan hasrat si Anak.

Mulai dari memberi pujian yang menyanjung setiap usaha yang dilakukannya hingga memberi support berupa kebutuhan dan keperluan untuk si Anak melakukan hal-hal yang diseganinya selama semuanya itu positif dan mampu meningkatkan potensi dirinya.

5. Prestasi akademis

5. Prestasi akademis
Pixabay/white77

Tidak terpungkiri lagi, salah satu target yang Mama tetapkan dalam proses membesarkan si Anak adalah mempersiapkan dirinya untuk masuk ke dalam masa depan yang cerah dan penuh harapan. Tentu, hal ini akan berhasil diwujudkan melalui pendidikan di sekolah.

Di sana, anak mama akan belajar ilmu pengetahuan dan hal-hal terkait lainnya yang turut mendorong kreativitasnya. Semuanya akan mendorongnya meningkatkan potensi diri yang berperan penting untuk masa depannya kelak.

Untuk itulah, kami sangat menegaskan supaya Mama tidak melupakan poin utama ini. Bimbing si Anak melalui proses belajar guna menghasilkan prestasi akademis yang gemilang. Mama dapat juga bekerja sama dengan guru di sekolah untuk mengetahui langkah-langkah yang wajib diperhatikan sebagai orangtua.

6. Arahkan pada sebuah tujuan hidup

6. Arahkan sebuah tujuan hidup
Pixabay/free-photos

Berbicara mengenai masa depan anak mama tercinta, Mama pastilah ingin supaya ia dapat bertumbuh menjadi sosok pribadi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Hal ini dapat diupayakan dengan mengarahkan si Anak pada sebuah tujuan hidup yang positif.

Pertama, Mama haruslah membimbing si Anak untuk mengetahui impiannya. Kedua, arahkanlah pandangan anak mama bahwa impian tersebut sebaiknya diwujudkan untuk berkontribusi pada kehidupan sosial guna melakukan perubahan positif.

Tentu, hal ini dapat ditujukan apabila anak mama tercinta mendapatkan hal-hal terkait proses tumbuh kembang yang telah kami jelaskan pada poin-poin sebelumnya. Yuk, kita bantu si Anak bertumbuh besar dengan cara yang baik dan positif.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.