8 Cara Ini Dapat Meningkatkan Minat Baca Anak, Ma!

Ayo Ma! Coba deh cara nomor 2. Seru banget!

27 April 2019

8 Cara Ini Dapat Meningkatkan Minat Baca Anak, Ma
Freepik/pressfoto

Membaca banyak manfaatnya bagi anak salah satunya adalah menambah wawasan mereka. Namun bagi sebagian anak, kegiatan ini mungkin membosankan. Bagaimana caranya agar anak mau membaca tanpa merasa terpaksa?

Orangtua harus membaca bersama anak, buat kegiatan ini menjadi menyenangkan. Cobalah membaca buku yang dapat membuat Mama dan anak tersenyum, mengantar ke negeri nan jauh dan mengubah anak menjadi seorang detektif atau putri raja.

Menurut Shanna Schwartz dari Columbia University Teachers College Reading and Writing Project, jika Mama memperlakukan buku sebagai sesuatu yang menarik, maka anak akan mengikuti jejak Mama.

Popmama.com mengulas beberapa tips bagaimana meningkatkan minat baca anak.

1. Menjadi contoh bagi anak

1. Menjadi contoh bagi anak
Freepik

Anak selalu melihat dan mencontoh orangtuanya. Jika anak dikelilingi dengan junk food, maka ia akan menyukai junk food. Pastikan anak melihat saat Mama sedang membaca buku dan ceritakan kepadanya tentang buku yang Mama baca.

Saat Mama dengan bersemangat bercerita, anak akan melihat bahwa buku memberikan kegembiraan untuk Mama. Sehingga membuat anak ingin mendapatkan kegembiraan yang sama dari membaca buku.

2. Menghidupkan isi buku

2. Menghidupkan isi buku
Rawpixel

Mama bisa melakukan kegiatan yang diilhami dari buku yang dibaca bersama anak. Misalnya saat membaca buku tentang binatang, bawalah anak ke kebun binatang dan tunjukkan binatang-binatang yang baca di buku tersebut.

Hal ini akan menambah pengalaman dan memperluas wawasan anak.

3. Baca buku dan tonton filmnya

3. Baca buku tonton filmnya
images. mentalfloss.com

Pilih buku klasik yang diadaptasi ke film layar lebar. Misalnya Harry Potter atau Charlie and the Chocolate Factory. Baca buku tersebut bersama-sama dengan anak.  

Ketika selesai membaca, Mama bisa mengadakan movie night berdasarkan buku yang sudah dibaca. Ini salah satu cara yang baik untuk meningkatkan minat baca anak.

Editors' Picks

4. Penuhi rumah dengan buku

4. Penuhi rumah buku
Pxhere

Menurut Alice Sterling Honig, pakar pengembangan anak di Syracuse University, mengelilingi anak dengan buku sejak usia dini dapat membuatnya jatuh cinta pada buku. Tidak bepergian saat libur? Ajak anak pergi ke toko buku atau perpustakaan. Cari buku dengan topik yang sedang diminati anak.

Letakkan buku di mana saja termasuk di mobil, mereka pasti akan mengambil dan membacanya. Alice menyarankan agar tidak menyimpan buku di rak. Biarkan anak kecil mengambil buku dan membawanya ke mana saja.

5. Ajukan pertanyaan

5. Ajukan pertanyaan
Freepik

Hal ini meningkatkan pemahaman dan kenikmatan membaca. Tanyakan karakter mana yang paling disukainya, apa yang menurutnya akan terjadi selanjutnya, apa yang akan dia lakukan dalam situasi itu.

Selain meningkatkan pemahamannya akan cerita yang dibaca, dengan cara ini anak Mama juga belajar untuk menjadi seorang story teller yang handal.

6. Jadikan buku untuk kado

6. Jadikan buku kado
Freepik

Butuh ide untuk kado ulang tahun anak Mama? Buku cerita baru atau ensiklopedia tentang beberapa topik yang diminatinya dapat menjadi pilihan tepat. Mintalah anak untuk memberikannya kepada teman-teman mereka juga. Minta anak menceritakan kepada temannya mengapa buku tersebut istimewa.

Di sini Mama juga mengajarkan ke anak bahwa buku merupakan cara untuk terhubung dengan orang lain.  

7. Membacakan buku untuk anak

7. Membacakan buku anak
freepik.com/freepik

Membacakan buku untuk anak juga dapat mempererat ikatan antara Mama dan anak. Anak mendengarkan banyak cerita selama bertahun-tahun. Ini akan diingatnya terus sampai dewasa kelak.

Selain itu, mendengarkan Mama membaca juga memberikan kesempatan anak untuk mengistirahatkan matanya sejenak.

8. Berpetualang ke perpustakaan

8. Berpetualang ke perpustakaan
Freepik/freephoto

Mama bisa membuat cerita sebelum mengunjungi ke perpustakaan. Misalnya Mama akan mengajak anak ke sana untuk proyek kebun binatang dan mencari buku bertemakan binatang di sana.

Anak akan mengaitkan perpustakaan dengan kesenangan dan ini hal yang baik. Pastikan anak mendapatkan kartu anggota perpustakaan atas namanya sendiri.

Selamat mencoba.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk