Wajib Tahu: 6 Tips Memotivasi Anak yang Malas Belajar

Anak malas belajar seringkali membuat Mama frustasi. Benar kan, Ma?

30 April 2019

Wajib Tahu 6 Tips Memotivasi Anak Malas Belajar
Freepik

Ada anak yang senang belajar dan sekolah, secara konsisten menerima nilai tinggi dan dapat memotivasi dirinya sendiri untuk belajar. Sebaliknya, ada anak yang tidak tertarik untuk belajar dan kurang fokus. Mama mungkin akan bertanya-tanya bagaimana caranya agar anak mau belajar.

Mendorong anak agar memiliki motivasi belajar sangat penting bagi anak. Dengan meluangkan waktu untuk memahami metode unik, kekuatan, kelemahan dan kebutuhan anak, motivasi menjadi mungkin.

Popmama.com mengulas tips bagi Mama untuk memotivasi anak agar mau belajar.

1. Tetap terlibat

1. Tetap terlibat
Freepik

Terutama jika Mama merasa memiliki anak malas belajar, tetaplah terlibat dengan pendidikan anak. Hasil penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois Center untuk studi orangtua-anak menunjukkan bahwa terlibat dalam kehidupan akademik anak adalah salah satu langkah paling penting yang dapat dilakukan oleh Mama.

2. Mengajukan pertanyaan

2. Mengajukan pertanyaan
Freepik/Peoplecreation

Bagaimana cara melakukannya? Tanyakan kepada anak apa yang sedang ia pelajari. Jadikan ini tujuan Mama yaitu mengetahui apa yang sedang dipelajari di sekolah dengan bertanya pada anak.

Ini juga cara yang bagus untuk menemukan cara untuk membuat kegiatan belajar menjadi lebih menarik. Misalnya jika anak mempelajari siklus hidup pohon, buat perjalanan bersama anak ke hutan dan cobalah mengidentifikasi berbagai spesies berdasarkan karakteristik batang dan daun.

Jika anak belajar tentang sejarah, cobalah untuk menemukan film terkait sejarah yang dapat ditonton bersama anak.

Editors' Picks

3. Berbagi tentang pengalaman belajar

3. Berbagi tentang pengalaman belajar
Freepik

Jangan hanya tertarik pada nilai akhir anak ya, Ma. Penting juga bagi Mama untuk menanyakan pengalaman belajar mereka. Apa yang mereka nikmati, apa  yang memicu minatnya, pelajaran apa yang membutuhkan bantuan.

Semakin banyak obrolan tentang sekolah dan pelajaran, Mama dapat semakin memahami anak dan mencari cara belajar yang tepat untuknya.

4. Memberi bimbingan positif

4. Memberi bimbingan positif
Freepik/ peoplecreations

Jadikan pembelajaran dan sekolah pengalaman yang positif. Ini berarti berbagi pengalaman positif yang Mama miliki sebagai seorang anak serta serta fokus pada sikap positif saat membantu anak belajar.

Tekankan kelebihan anak dan berikan pujian saat selesai belajar atau mengerjakan tugas. Ini akan membuat anak merasa nyaman saat meminta bantuan Mama dalam mengerjakan tugas dan menyelesaikan masalah yang mungkin mereka hadapi di sekolah.

Di saat yang sama, selalu jujur ​​dan tunjukkan kesalahan sehingga anak dapat memperbaikinya dan belajar dari kesalahannya.

Usahakan untuk selalu bersikap positif ya, Ma. Tunjukkan kepada anak bahwa wajar membuat kesalahan tetapi anak juga harus mencari jalan untuk memperbaiki kesalahan atau menyelesaikan masalah.

5. Menetapkan jadwal belajar

5. Menetapkan jadwal belajar
Pixabay/white77

Bantu anak mengembangkan kebiasaan mengerjakan pekerjaan rumah dengan baik. Tentukan area rumah, seperti meja di kamar mereka atau ruang di meja dapur, tempat anak dapat mengerjakan pekerjaan rumah.

Tetapkan jadwal setiap hari untuk mengerjakan pekerjaan rumah dan belajar. Jadikan ini kegiatan yang nyaman, jauh dari kebisingan. Mama bisa menyediakan makanan kecil untuk meningkatkan semangatnya.

Penting juga untuk membantu anak mengembangkan harapan. Nilai apa yang mereka harapkan? Bantu anak untuk selalu fokus pada peningkatan. Jika tes matematika terakhir anak tidak seperti yang diharapkan, bantu anak berlatih sehingga rasa percaya diri meningkat dan mendapatkan nilai yang lebih baik.

6. Lakukan kegiatan yang mendorong minat belajar

6. Lakukan kegiatan mendorong minat belajar
Freepik/bearfotos

Selain tetap terlibat, membimbing dengan sikap positif dan membantu mengembangkan rutinitas dan harapan, Mama juga dapat melakukan beberapa hal seperti:

  • Kunjungi museum,
  • pergi jalan-jalan alam, menjelajahi topik yang berbeda setiap kali,
  • lakukan perjalanan mingguan ke perpustakaan dan bantu anak menemukan buku tentang topik yang menarik.
  • dorong kreativitas dengan menyisihkan waktu setiap minggu untuk melukis, menggambar, membuat cerita atau membuat kerajinan,
  • pertimbangkan pelajaran musik atau menari,
  • melakukan kegiatan fisik. Olahraga meningkatkan fungsi otak dan dapat membantu menghilangkan beberapa energi ekstra yang dimiliki anak-anak yang membuat pekerjaan rumah menjadi sulit.

Mendorong anak untuk belajar tentu membutuhkan kesabaran dan usaha. Hal ini tidak akan terjadi dalam semalam ya, Ma.

Bila Mama masih menemukan kesulitan, konsultasikan dengan guru tentang ide dan cara untuk memotivasi anak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.