5 Cara Mengatasi Rambut Rontok pada Anak

Mama bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah

17 Januari 2022

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Anak
Freepik/Illiabondar

Setiap orang mendambakan memiliki rambut yang sehat, kuat, dan lebat. Tetapi ada kondisi-kondisi tertentu di mana kerontokan rambut menyerang dan membuat rambut kehilangan keindahannya. 

Faktanya, kerontokan rambut bukan hanya dialami orang dewasa atau pun lansia saja lho, Ma. Anak-anak pun bisa mengalaminya. Jika jumlahnya lebih dari 300 helai per hari, bisa dibilang anak menderita kerontokan rambut yang perlu mendapatkan penanganan segera. 

Agar rambut anak kembali lebat dan anak mendapatkan kepercayaan dirinya kembali, berikut ini Popmama.com punya 5 cara mengatasi rambut rontok anak yang dapat dipraktekkan sendiri di rumah:

1. Lidah buaya

1. Lidah buaya
Freepik/Racool_studio

Lidah buaya adalah tanaman yang sejak dahulu kala dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan. Tak terkecuali untuk merawat rambut yang rontok pada anak.

Lidah buaya bersifat dapat menenangkan kulit kepala yang bermasalah, yang merupakan sumber rambut rontok. Dengan penggunaan lidah buaya secara teratur, maka kulit kepala anak pun lebih sehat, lembap, dan bersih, sehingga membantu mendorong pertumbuhan sel-sel rambut yang baru.

Editors' Picks

2. Minyak atsiri

2. Minyak atsiri
Pexels/Mikhail Nilov

Minyak atsiri atau minyak esensial adalah ekstrak minyak yang didapatkan dari hasil penyulingan tanaman, akar, kayu, biji buah, atau bunga. Minyak atsiri yang murni memiliki berbagai manfaat, salah satunya mengatasi rambut rontok pada anak. 

Cara memakainya pun mudah, yaitu dengan mengaplikasikan sedikit campuran minyak esensial rosemary, lavender, cedarwood, dan thyme ke kulit kepala anak sambil dipijat lembut. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dan keramas seperti biasa.

3. Minyak kelapa

3. Minyak kelapa
Freepik/Jcomp

Para leluhur kita menggunakan minyak kelapa untuk merawat kekuatan dan kilau rambut. Ini dikarenakan minyak kelapa dapat melembapkan rambut dan kulit kepala yang kering sehingga cocok untuk mengatasi rambut rontok pada anak.

Mama dapat menghangatkan minyak kelapa suam-suam kuku, kemudian aplikasikan ke kulit kepala anak dan pijat dengan lembut selama 10 menit. Diamkan sampai minyak kelapa meresap, lalu bilas.

4. Bunga telang

4. Bunga telang
Freepik/jcomp

Bunga telang yang berwarna biru keunguan ini ternyata tak hanya indah. Melainkan juga mengandung anthocyanin yang melancarkan peredaran darah di kulit kepala, menyehatkan folikel, dan menyuburkan pertumbuhan rambut. 

Bunga telang dapat dijadikan hair mist yang mudah digunakan anak. Mama hanya perlu merebus bunga telang kering selama 10 menit, kemudian dinginkan dan masukkan ke dalam botol semprot kecil. Mama dapat menambahkan 10 tetes minyak esensial rosemary untuk meningkatkan fungsinya. Semprotkan secara teratur ke seluruh bagian rambut anak. Boleh dibilas atau pun tidak.
 

5. Teh hijau

5. Teh hijau
Freepik/zirconicusso

Teh hijau bukan cuma untuk diminum. Tapi juga bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi rambut rontok anak. Teh ini mengandung antioksidan yang membantu menstimulasi folikel rambut agar tumbuh lebih kuat. 

Setelah keramas, seduh teh hijau dengan air panas. Kemudian aplikasikan ke rambut dan kulit kepala. Tunggu 10 menit sebelum dibilas dengan air seperti biasa.

Dengan penggunaan teratur, niscaya rambut rontok anak dapat teratasi dengan cara-cara di atas.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi rambut rontok pada anak secara aman. Semoga menginspirasi ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk