Mudah dan Efektif, Inilah 7 Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak Alami

Pilihlah obat batuk pilek yang alami untuk anak mama.

12 Februari 2021

Mudah Efektif, Inilah 7 Rekomendasi Obat Batuk Pilek Anak Alami
Freepik/bearfotos

Jika kamu disuruh menyebutkan penyakit yang paling sering terjadi pada anak-anak, mungkin kamu langsung akan menjawab batuk dan pilek.

Batuk dan pilek sering sekali terjadi pada anak-anak dan diakibatkan oleh infeksi virus ataupun bakteri. Meski tidak berbahaya, keduanya tetap menganggu kegiatan dan keceriaan si Kecil sehari-hari. 

Untung saja tersedia berbagai macam pengobatan yang dapat membantu menyembuhkan si Kecil dari batuk dan pilek, salah satunya termasuk obat-obatan alami. 

Obat batuk pilek anak yang lami seringkali menjadi pilihan berbagai orangtua. Selain karena tidak memiliki efek samping, obat alami juga efektif mengobati batuk dan pilek yang dialami si Kecil. 

Berikut ini Popmama.com telah merangkum, obat alami untuk mengatasi batuk pilek pada anak. Yuk simak baik-baik!

1. Jahe

1. Jahe
Freepik/Jcomp

Tidak perlu dibantah lagi, jahe merupakan obat alami tradisional yang telah dipercaya turun-temurun. Obat alami ini memiliki sensasi hangat dan bau yang tajam. 

Jahe dikenal akan kemampuannya mengatasi batuk pilek pada anak. Sifat diaphoretic yang dimiliki jahe membuatnya mampu menghangatkan tubuh dari dalam. Jahe juga dapat melegakan napas dan tenggorokan anak yang terganggu akibat batuk dan pilek. 

Mengolah jahe menjadi obat alami tidaklah sulit. Cukup iris beberapa jahe mentah dan masukan ke dalam air mendidih. Setelahnya, mintalah anak untuk meminum air jahe tersebut. 

2. Madu

2. Madu
Pexels/Pixabay

Madu merupakan salah satu obat alami yang memiliki berbagai manfaat, mulai dari meningkatkan imun, menjaga sistem pencernaan, sampai mengobati batuk dan pilek. 

Penelitian mengatakan bahwa madu lebih baik daripada obat yang biasa digunakan untuk meredakan batuk. Madu memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dimiliki madu, ditambah dengan sifat antibakteri dan antimikrobanya.  

Memberikan 10 gram madu pada anak sebelum tidur membantu mengurangi batuk dan pilek yang terjadi pada anak. Ini juga membantu mereka untuk tidur lebih nyenyak. 

Madu termasuk obat alami dengan memiliki rasa manis yang tentunya disukai si Kecil.  

Editors' Picks

3. Air garam

3. Air garam
indigohealthclinic.com

Meskipun terlihat sederhana, air garam memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh manusia, termasuk mengobati batuk dan pilek. Larutan air garam dapat membantu melegakan tenggorokan yang gatal akibat batuk. 

Larutan air garam juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat, termasuk menghilangkan partikel virus dan bakteri yang menempel di hidung. 

Cara membutanya sederana, campurkan 1/4 sampai 1/2 sdt garam ke dalam 8 ons air hangat, Setelahnya mintalah si Kecil meminumnya untuk membantunya mengatasi iritasi. 

4. Jambu biji

4. Jambu biji
Freepik

Daun jambu biji memang dikenal sebagai obat alami maag, tetapi bagaimana dengan buahnya? Tidak mau kalah, ternyata buah jambu biji bermanfaat mengatasi batuk dan pilek lho. 

Buah jambu biji dikenal memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Dikutip dari healthline.com, vitamin C membantu tubuh mengatasi pilek. Seperti mengurangi tingkat keparahan pilek dan mengurangi durasi pilek sekitar 14% pada anak-anak. 

Kandungan vitamin C ditambah dengan zat besi tidak hanya membantu mengatasi pilek, tetapi juga meredakan batuk, mengurangi lendir di tenggorokan, dan melawan infeksi. 

5. Daun saga

5. Daun saga
yourbeadinfo.blogspot.com

Daun saga dikenali dengan bentuk daunnya yang mirip daun kelor. Tanaman ini juga memiliki biji kecil berwarna merah yang disebut dan mengandung racun. Namun jika diolah dengan baik, daun saga malahan dapat menjadi obat alami yang sangat bermanfaat. 

Daun saga dipercaya sejak dahulu sebagai obat alami. Sifat antitusif yang dimiliki daun saga menjadikannya mampu mengurangi batuk dan radang tenggorokan. Daun saga juga dikenal dapat mengatasi demam yang diakibatkan oleh pilek si Kecil. 

Si Kecil dapat mengonsumsinya dalam bentuk rebusan air daun saga yang sangat berkhasiat. 

6. Daun Peppermint

6. Daun Peppermint
Pixabay/congerdesign

Daun peppermint dikenal dengan rasa pedasnya yang khas dan baunya yang tajam. Daun ini juga ternyata berkhasiat mengobati batuk dan pilek lho. 

Daun peppermint memiliki kandungan mentol yang dapat meledakan tenggorokan juga bertindak memecahkan lendir hidung akibat batuk pilek. Sensasi hangatnya juga membantu meningkatkan aliran udara dalam saluran pernapasan. 

Si Kecil dapat memperoleh manfaat dari daun peppermint dengan cara minuman teh peppermint ataupun menghirup uap minyak esensial peppermint. 

7. Meminum banyak air putih

7. Meminum banyak air putih
Unsplash/rawpixel

Tubuh manusia sebagian besarnya terdiri dari air. Maka tidak heran jika air memegang peranan penting, seperti menjaga tubuh dari berbagai penyakit. Ini juga berlaku ketika anak mama mengalami batuk pilek. 

Meminum air dalam jumlah yang cukup membantu anak menjaga kebutuhan airnya yang hilang akibat pilek atau karena demam. Air juga membantu melarutkan dahak agar tidak menghambat tenggorokan dan saluran nafas. 

Melansir dari doulton.com, si Kecil juga dapat meminum air hangat untuk membantunya mengatasi batuk dan pilek. Air hangat membantu melegakan dan melembapkan tenggorokan anak. 

Itulah dia 7 obat alami mengatasi batuk pilek pada anak. Obat alami tidak hanya mudah didapatkan namun juga tidak menimbulkan hal buruk pada tubuh anak. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.