10 Ide Menu Takjil Buka Puasa untuk Balita Tanpa Ribet

Bikin si Kecil semakin semangat untuk belajar puasanya, Ma

20 April 2022

10 Ide Menu Takjil Buka Puasa Balita Tanpa Ribet
Freepik/pvproductions

Untuk mengajarkan anak ibadah puasa, biasanya para orangtua sudah mulai membiasakan anak mereka berpuasa sejak usianya menginjak 5 tahun. Meski usianya masih tergolong belia, anak sudah bisa berlatih puasa agar nantinya terbiasa saat tumbuh besar nanti.

Agar si Kecil semakin semangat menjalani ibadah puasa, Mama bisa mengajak anak melakukan kegiatan seru yang bermanfaat di tengah-tengah waktu puasa. Salah satunya mengikutsertakan mereka dalam menyiapkan menu makanan untuk berbuka puasa.

Ada banyak menu simpel yang lezat dan menyehatkan untuk dijadikan menu buka puasa si Kecil, berikut akan Popmama.com rangkumkan beberapa ide menu takjil buka puasa untuk balita tanpa ribet.

1. Pisang bakar susu keju

1. Pisang bakar susu keju
Youtube.com/Dapur Bunda Ratu

Jika si Kecil tidak ingin langsung menyantap makanan yang berat, Mama bisa memberikan menu buka puasa yang simpel namun tetap bisa mengembalikan energinya yang hilang saat puasa.

Menu pertama yakni pisang bakar susu keju. Menu dengan cita rasa manis ini bisa menambahkan kadar gula anak untuk mengembalikan energinya saat berbuka, Ma.

Tak hanya disajikan dengan toping susu dan keju, Mama juga bisa menyajikan menu pisang bakar dengan toping lain kesukaan si Kecil. Misalnya menambahkan cokelat atau pun bubuk green tea.

2. Martabak makaroni schotel

2. Martabak makaroni schotel
Pinterest

Jika si Kecil termasuk ke dalam anak yang gemar dengan olahan makaroni, menu martabak makaroni schotel mungkin bisa jadi pilihan sebagai takjil buka puasa balita.

Dengan sensasi renyah di luar serta creamy di dalam, menu satu ini tak hanya disukai oleh anak-anak, tetapi juga akan menjadi menu simpel yang banyak disukai seluruh anggota keluarga. 

Tinggal tambahkan mayonnaise atau saus sambal dan tomat kesukaan si Kecil, martabak makaroni schotel pun siap dihidangkan saat buka puasa nanti. Yuk, coba resepnya di sini!

3. Puding oreo

3. Puding oreo
Bukalapak.com

Si Kecil sangat menyukai camilan oreo? Yuk, kita olah menjadi camilan lezat yang bisa dijadikan menu takjil berbuka puasa nanti, Ma. Menu satu ini yakni puding oreo, yang mana oreo menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatannya.

Nggak selalu disajikan bersama dengan buah-buahan segar, puding juga bisa dibuat menggunakan pilihan toping lain yang banyak digemari anak. Salah satunya adalah oreo. Sehingga menu satu ini sangat cocok disajikan sebagai takjil buka puasa untuk si Kecil nanti.

4. Otak-otak bakar

4. Otak-otak bakar
Wikimedia Commons/Takeaway

Jika sebelumnya ada olahan menu bakaran dengan pisang, kali ini Mama bisa mencoba menu otak-otak yang juga banyak disukai oleh anak-anak.

Bahan makanan yang terbuat dari olahan ikan ini memiliki cita rasa kenyal dan lezat. Tak hanya digoreng, Mama bisa mengkreasikannya dengan dibakar yang tak kalah lezat dan disukai oleh si Kecil.

Sebagai pelengkap, Mama bisa menyajikan otak-otak bakar bersama dengan mayonnaise atau pun saus sambal dan tomat sesuai selera anak di rumah. Ingin coba buat? Yuk, intip resepnya di sini!

Editors' Picks

5. Bubur sumsum pandan

5. Bubur sumsum pandan
Youtube.com/Dapur Fatmawati

Menu selanjutnya adalah bubur sumsum pandan. Tak hanya orangtua, anak-anak pun banyak yang menyukai menu takjil khas Ramadan satu ini. 

Dengan tekstur super lembut dan juga manis, si Kecil pun bisa menyantap bubur sumsum pandan untuk menu berbuka puasa nanti. Selain itu, warna hijau yang didapat dari pandan ini tak hanya memberikan aroma wangi yang melezatkan, tetapi juga menjadi salah satu warna yang banyak disukai anak.

Bagi Mama yang ingin mencoba resep bubur sumsum pandan, Mama bisa mencatat bahan-bahan dan cara membuatnya di sini.

6. Bihun goreng seafood

6. Bihun goreng seafood
Youtube.com/Ziva Vlog

Bihun menjadi menu selanjutnya yang bisa Mama kreasikan sebagai menu buka puasa si Kecil. Olahan makanan satu ini bisa dikreasikan dengan berbagai cara masak, mulai dari direbus, hingga digoreng.

Untuk menu takjil balita kali ini, Mama bisa mencoba membuat bihun goreng yang disajikan bersama seafood kesukaan anak di rumah. Bisa dengan pilihan udang, cumi-cumi, atau olahan seafood lainnya.

Raza gurih dan lezat dari bihun goreng seafood ini dijamin akan membuat si Kecil semangat menyantapnya saat berbuka nanti. Yuk, coba!

7. Mozarella crabstick lumer

7. Mozarella crabstick lumer
delish.com

Sensasi lumer dari keju mozzarella bisa Mama manfaatkan sebagai menu lezat untuk buka puasa si Kecil. Buatnya nggak ribet, Mama cukup menggunakan keju mozarella yang digulung bersama crabstick, lalu goreng hingga garing.

Tekstur renyah di luar dan lumer di dalam pasti akan membuat si Kecil ketagihan dan semangat menjalani ibadah puasa, Ma. Jika ingin mencoba resepnya, yuk intip di sini ya!

8. Risoles mayo smoked beef

8. Risoles mayo smoked beef
Youtube.com/Dapur Mama Kamila

Risoles yang berisikan irisan daging ini bisa jadi menu takjil buka puasa lainnya untuk anak balita di rumah. Nggak hanya orang dewasa, si Kecil pun akan menyukai menu satu ini karena rasanya yang begitu menggugah selera.

Perpaduan telur, smoked beef, mayonnaise, hingga keju yang Mama gulung menjadi satu nantinya akan membuat risoles satu ini sangat digemari anggota keluarga di rumah, tak terkecuali si Kecil yang sedang belajar berpuasa.

9. Sup buah

9. Sup buah
Pinterest

Kaya vitamin dan juga menyegarkan, salad buah bisa jadi pilihan takjil menyegarkan yang bisa disantap si Kecil. Dengan isian beragam buah menyehatkan, Mama bisa memadukannya dengan susu kental manis agar semakin menambah cita rasa yang menyegarkan.

Agar si Kecil semangat menyantap menu takjil satu ini, Mama bisa mengajak anak berpartisipasi dalam pembuatan sup buah tersebut. Selain itu, ajak anak untuk memilih buah-buahan apa saja yang ingin digunakan sebagai isian dari sup buah yang akan dibuat.

10. Gimmari indomie

10. Gimmari indomie
Youtube.com/Welly Stevano

Mi menjadi salah satu olahan makanan yang banyak digemari berbagai kalangan, termasuk juga oleh anak-anak usia balita. Jika si Kecil meminta menu mi sebagai menu berbuka puasa nanti, Mama bisa mengkreasikannya menjadi camilan khas Korea yakni gimmari.

Serupa dengan risoles, bedanya menu satu ini berisikan olahan mie yang sudah dimasak, kemudian dibalut dengan nori atau rumput laut yang banyak disukai anak-anak. Selanjutnya, gimmari bisa Mama goreng dan sajikan dengan mayonnaise dan saus sambal atau tomat sesuai selera si Kecil. 

Itulah beberapa ide menu takjil buka puasa untuk balita yang sedang belajar menjalani ibadah puasa. Semoga menu di atas bisa menjadi referensi bagi Mama untuk menu berbuka puasa si Kecil nanti, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk