5 Manfaat Avocado Oil untuk Pemilik Kulit Kering

Ternyata, avocado oil bisa menjaga kulit tetap terhidrasi!

7 Januari 2021

5 Manfaat Avocado Oil Pemilik Kulit Kering
Freepik/freepic.diller

Kamu memiliki kulit kering?

Jenis kulit ini adalah kondisi yang biasanya ditandai dengan kulit bersisik, gatal dan pecah-pecah. 

Dilansir dari MayoClinic dalam kebanyakan kasus kulit kering disebabkan oleh faktor-faktor seperti cuaca panas atau dingin. Kamu dapat melakukan banyak hal untuk memperbaiki kulit.

Namun ternyata, hampir 70% dari avocado oil terdiri dari asam oleat dan asam lemak omega 9 tak jenuh tunggal yang dapat menyembuhkan psoriasis.

Sebagai pelembab alami, berikut Popmama.com berikan 5 manfaat avocado oil bagi pemilik kulit kering :

1. Mengurangi kemerahan dan peradangan akibat jerawat

1. Mengurangi kemerahan peradangan akibat jerawat
Pexels/Ekaterina Bolovtsova

Jerawat memang kerap kali menjadi salah satu masalah pada kulit wajah dan menimbulkan kemerahan.

MedicalNewsToday memaparkan, avocado oil dapat menjaga kulit tetap terhidrasi tanpa meninggalkan residu berminyak. Dalam hal ini avicado oil dapat membantu mengurangi kemerahan atau peradangan yang terkait dengan jerawat. 

Dengan demikian, mengaplikasikan avocado oil dapat memberikan efek sejuk pada area-area tersebut dan mencegah kulit dari iritasi berlebih.

Bahkan, avocado oil juga mampu mengatasi problem kulit yang mengelupas karena iritasi.

Editors' Picks

2. Mengobati dan mencegah jerawat pada kulit kering

2. Mengobati mencegah jerawat kulit kering
Freepik

Selain mengurangi kemerahan akibat jerawat, manfaat bahan alami ini juga dapat mengatasi jerawat yang dimiliki kulit kering.

Pada umumnya kulit kering berjerawat terjadi karena penyumbatan sebum, sel kulit mati dan bakteri.

Dilansir dari Olivado, tampaknya avocado oil bisa digunakan sebagai bahan dalam banyak produk perawatan kulit yang baik. Efek anti inflamasi dari avocado oil mungkin bisa mengobati dan bahkan mungkin mencegah jerawat. 

Itu artinya, menggunakan avocado oil membantu proses penyembuhan jerawat dengan cepat dan melembabkan area sekitar wajah.

3. Melindungi kulit wajah dari tanda-tanda penuaan dini

3. Melindungi kulit wajah dari tanda-tanda penuaan dini
Pexels/Andrea Piacquadio

Jenis kulit kering sangat mudah mengalami tanda-tanda awal penuaan di area sekitar kulit wajah.

Mengonsumsi lemak sehat seperti buah alpukat dapat membantu kulit untuk mempertahankan elastisitasnya. Namun mengoleskan minyak alpukat ke kulit memiliki efek yang sama.

Dikutip dari Healthline, antioksidan dan agen anti inflamasi dalam avocado oil bisa membantu kulit tetap halus, lembab dan melindungi dari kerusakan kulit.

Ini karena avocado oil mengandung vitamin seperti A, D dan E yang terbukti membantu menjaga kulit wajah dari sinar UV maupun melawan tanda-tanda penuaan.

4. Mengatasi pori-pori pada kulit wajah tersumbat

4. Mengatasi pori-pori kulit wajah tersumbat
Freepik

Untuk kulit kering yang membutuhkan kelembapan, avocado oil dapat meresap ke dalam kulit dan menawarkan hidrasi kulit wajah.

Dilansir Purewow, beta karoten mampu membersihkan pori-pori, mengobati jerawat dan menghaluskan kulit. Sifat anti inflamasi alami dari avocado oil bisa menghindari penumpukkan minyak yang menjadi penyebab pori-pori tersumbat.

Cara kerja avocado oil yang mengatasi pori-pori pada kulit wajah tersumbat yakni dengan mengeluarkannya secara perlahan.

Gunakanlah 5-6 tetes avocado oil pada malam hari di seluruh wajah. Setelah itu, kamu melihat komedo di wajah keluar dengan sendirinya pada pagi hari.

5. Meringankan gejala kulit terbakar akibat sinar matahari

5. Meringankan gejala kulit terbakar akibat sinar matahari
Pexels/cottonbro

Avocado oil yang berkontribusi pada perawatan kulit, ternyata dapat dijadikan sebagai tabir surya alami pada jenis kulit kering kamu.

Saat avocado oil dioleskan maka memiliki banyak manfaat meminimalkan kerusakan. Ini karena avocado oil adalah sumber antioksidan yang sangat baik, yakni membantu menyerap radikal bebas.

Selain itu, antioksidan dalam avocado oil juga berfungsi membantu meringankan gejala kulit akibat terbakar paparan sinar matahari.

Kandungan vitamin D, E, beta karoten, protein, lesitin dan asam lemak esensial pada avocado oil mendukung penyembuhan dan menenangkan kulit.

Setelah mengetahui kelima manfaat avocado oil untuk kulit kering, gunakan juga di seluruh tubuh untuk menjaga kelembutan kulit.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.