Ternyata 5 Kandungan Parfum Ini Membuat Harganya Selangit

Tentu bukan tanpa alasan kenapa parfum memiliki harga yang sangat mahal

31 Juli 2019

Ternyata 5 Kandungan Parfum Ini Membuat Harga Selangit
Freepik/kjpargeter

Kini banyak beredar jenis dan merek parfum. Bahkan berbagai parfum baru pun selalu muncul setiap tahunnya, mulai dari harga murah hingga harga yang selangit.

Jika membahas mengenai parfum, ternyata ada beberapa hal yang membuat harga parfum menjadi mahal. Salah satu faktornya ada pada kemasan. Di mana kemasannya harus bisa memberikan kesan berkelas, seperti bahan kaca kristal yang menjadi pilihan utama. 

Selain itu harga parfum sangat tinggi disebabkan menggunakan bahan-bahan alami. Butuh waktu cukup lama dalam proses penyulingan bahan-bahan alami tersebut agar bisa menjadi bahan campuran parfum. Maka tak heran jika harganya bisa melambung tinggi.

Nah, berikut ada 5 kandungan parfum yang membuat harga parfum menjadi sangat mahal. Yuk, simak ulasannya dari Popmama.com :

1. Sekitar 7,5 juta bunga melati untuk satu kilogram minyak parfum melati

1. Sekitar 7,5 juta bunga melati satu kilogram minyak parfum melati
Freepik/bowonpat

Kalau yang satu ini kamu mungkin sudah mendengar namanya. Ya, parfum dengan aroma bunga melati merupakan salah satu parfum terlaris meski memiliki harga cukup mahal.

Namun sudah tahukah kamu alasan di balik tingginya nilai aroma melati yang terkandung dalam parfum tersebut?

Ya, wewangian eksotis yang mampu menghasilkan aroma manis nan mewah ini menjadi begitu mahal karena ada sekitar 7,5 juta bunga melati untuk dapat menghasilkan satu kilogram minyak esensial parfum melati.

Dikutip dari Perfume Reviews Guide, bahwa jasmine adalah bunga semak yang ditanam secara komersial di berbagai belahan dunia seperti Maroko, Prancis, Aljazair, Spanyol dan Mesir.

Aroma bunga melati sangat rapuh, oleh sebab itu hanya dipetik pada malam hari sebelum menjelang fajar supaya dapat mempertahankan aromanya.

Seorang pemetik berpengalaman dapat memanen lebih dari 10.000 bunga dalam satu malam, kemudian bunga melati tersebut secara hati-hati ditempatkan di keranjang khusus dan diproses sesegera mungkin untuk menjaga kesegaran aromanya yang sangat berharga. 

2. Dibutuhkan lebih dari 1.300 bunga mawar untuk membuat satu gram parfum

2. Dibutuhkan lebih dari 1.300 bunga mawar membuat satu gram parfum
Freepik/fabrikasimf

Apa yang membuatmu begitu memikat dengan parfum beraroma mawar?

Ya, pada umumnya parfum dari aroma mawar Bulgaria akan menciptakan kemegahan dan memiliki wewangian yang lembut.

Parfum dari bahan alami ini dipanen dengan tangan dan dikenal sebagai emas cair. Sebab kandungan tersebut dibutuhkan lebih dari 1.300 bunga mawar untuk membuat satu gram minyak mawar.

Menurut Perfume Master, fakta menarik tentang minyak mawar adalah kandungannya seperti berlian karena tidak berubah seiring waktu.

Terlepas dari itu, mawar Bulgaria adalah salah satu produsen dan eksportir minyak mawar alami terbesar dan naik sekitar 70% dari ekspor dunia.

Di mana minyak mawar Bulgaria diekstraksi dari Rosa Damascenа dan memiliki kualitas tertinggi di antara minyak mawar lainnya.

Mawar Bulgaria terkenal dengan minyak mawar kualitas terbaik dan disebut ratu bunga, yakni bunganya tumbuh di semak-semak yang hidup hingga 30 tahun dan mencapai ketinggian 2 meter.

Wanginya yang semerbak membuatnya menjadi bahan pilihan untuk banyak produsen parfum terkenal seperti Bvlgari, Chanel, Christian Dior, Elizabeth Arden, Estee Lauder, Givenchy, Kenzo, Lancôme, Kenzo, Paco Rabanne dan lain sebagainya.

Editors' Picks

3. Rahasia dibalik wangi parfum musk

3. Rahasia dibalik wangi parfum musk
Unplash/Siora Photography

Parfum dengan aroma ringan, tahan lama dan memesona ini salah satu zat alami paling berharga di dunia. Jenisnya pun ada banyak sekali. Ada yang berasal dari bunga, kayu hingga rusa.

Harganya yang cukup mahal karena setiap satu gram musk alami yang dikumpulkan didapat dari rusa kesturi bernilai lebih tinggi dari emas. 

Selain itu harga parfum musk dapat terbilang mahal karena banyaknya proses dan effort. Terutama musk deer atau musk berasal dari kelenjar tubuh rusa yang sudah terbilang langka.

Menurut FragranceX Library, kandungan musk alami berasal dari kelenjar salah satu dari tujuh spesies rusa kesturi, ruminansia kecil dengan rentang sejarah yang membentang di seluruh Cina hingga Himalaya dan jauh ke utara Rusia.

Oleh sebab itu parfum dengan kandungan musk dianggap sebagai raja aroma karena tingginya harga produksi dan perdagangannya. Saat ini beberapa parfum masih menggunakan musk alami untuk parfum dan cologne yang lebih mahal.

4. Perlu waktu tahunan untuk membuat parfum jenis Orris

4. Perlu waktu tahunan membuat parfum jenis Orris
Pexels/Valeria Boltneva

Jangan kaget jika parfum yang kamu pakai terbuat dari orris dan memiliki harga selangit. Aroma orris yang seperti gabungan aroma raspberry, bunga violet, dan lada didapat dari akar bunga iris.

Dimana minyak orris adalah bahan dasar pembuat parfum yang paling langka, hal itulah membuat harga 1 kg minyak orris berkualitas tinggi bisa mencapai 900 juta rupiah. 

Dilansir dari BBC News, bahwa orris tumbuh subur di kawasan Tuscany, Italia. Di daerah pertanian yang berhektare-hektare bunga orris bermekaran sangat indah pada bulan Mei. Namun perlu waktu bertahun-tahun bunga giaggiolo tersebut baru bisa diolah menjadi parfum.

Oleh karenanya parfum dengan kandungan orris memainkan peranan penting dalam aroma bunganya yang begitu kuat seperti semerbak aroma bunga putih.

Tapi faktanya sampai sekarang masih banyak orang yang terus mencari wewangian ini meski harganya terbilang sangat mahal. 

5. Oud disebut juga emas cair karena harganya yang selangit

5. Oud disebut juga emas cair karena harga selangit
Freepik/rawpixel.com

Parfum dari bunga oud memiliki kandungan yang berasal dari sebuah pohon yaitu Agarwood. Ya, parfum dari oud dihasilkan dari getah dalam batang pohon Agarwood yang mengalami infeksi dari suatu jenis jamur.

Oud termasuk salah satu bahan parfum yang paling mahal dan diminati banyak orang di dunia. Pada umumnya parfum dengan kandungan oud memiliki aroma musky yang menciptakan beberapa wewangian luar biasa untuk pria maupun perempuan.

Dilansir dari LiveAbout, kini banyak dari pohon mulai terancam keberadaannya. Faktor kelangkaanlah yang membuat kesulitan dalam memanennya.

Oleh karena jumlahnya yang sedikit dan memerlukan waktu lama untuk mendapatkannya, maka tak heran Oud menjadi salah satu kandungan parfum termahal di dunia.

Alasan itulah kenapa parfum dari kandungan Oud disebut sebagai emas cair. Tapi permintaan jenis parfum ini pun terbilang begitu tinggi.

Parfum telah menjadi hal yang paling penting untuk menunjang penampilan setiap orang. Apakah dari 5 kandungan di atas ada di dalam botol parfummu? Sebelum membeli, pastikan kamu memilih parfum yang memang sesuai kepribadianmu.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.