Jangan Diulangi! Inilah 5 Kesalahan Saat Memakai Setting Powder

Aplikasikan setting powder dengan gerakan menekan menggunakan kuas makeup, ya

19 Januari 2020

Jangan Diulangi Inilah 5 Kesalahan Saat Memakai Setting Powder
Freepik

Apakah setting powder bagian dari rutinitas makeup kamu?

Ya, pengaturan riasan wajah dengan setting powder adalah langkah yang tepat. Dengan memakainya membuat hasil riasan menjadi lebih baik.

Pasalnya produk ini memang diciptakan agar makeup tidak luntur dan dapat menyerap kelebihan minyak maupun menyamarkan kerut.

Bare Minerals.com menjelaskan, bahwa setting powder diterapkan setelah foundation dan sebelum mengaplikasikan makeup. Tujuannya yakni mengunci fondasi area wajah yang terdapat pori-pori, kerutan dan garis-garis halus.

Meski begitu, kamu harus hati-hati jika ingin mencobanya. Sebab ada 5 kesalahan yang biasanya sering dilakukan saat menggunakan setting powder. Apa saja?

Berikut rangkuman selengkapnya dari Popmama.com:

1. Menganggap semua jenis bedak adalah sama

1. Menganggap semua jenis bedak adalah sama
Pixabay/Bru-nO

Ada kesalahan yang sering dilakukan ketika memilih setting powder.

Di mana saat ingin menggunakan setting powder, kamu harus benar-benar mendapatkan bedak yang memang berfungsi sebagai setting powder. 

Sementara, sebagian orang masih menganggap bahwa semua jenis bedak adalah sama. Padahal antara semua jenis bedak memiliki formula dan kegunaan yang berbeda-beda.

Sedangkan setting powder biasanya memiliki tekstur yang lebih ringan dan halus.

2. Tidak membaurkan foundation secara merata

2. Tidak membaurkan foundation secara merata
Freepik

Sebenarnya setting powder digunakan setelah pemakaiam foundation atau concealer. Tujuannya agar lebih menempel di kulit.

Tapi kebanyakan orang langsung menimpanya dengan setting powder tanpa meratakan foundation di wajah terlebih dahulu.

Menurut Allure.com, setelah menemukan setting powder maka harus memastikannya bahwa kamu telah menyatukan foundation yang terlihat rata.

Jika tidak, kesalahan ini akan membuat kulit terlihat tidak mulus karena gumpalan atau adanya penumpukan foundation. Jadi pastikan menepuk-nepuk dengan spons saat memakai foundation, ya.

Editors' Picks

3. Membiarkan foundation menjadi kering

3. Membiarkan foundation menjadi kering
Freepik

Pemakaian setting powder akan terlihat buruk apabila kamu melakukan kesalahan ini.

Di mana alangkah baiknya mengoleskan krim pelembap atau serum terlebih dahulu. Lalu membiarkannya meresap sempurna sebelum melanjutkan penggunaan foundation.

Marie Claire.com menerangkan, tujuan dari menerapkan foundation adalah membuat wajah terlihat halus bercahaya meski memiliki bekas luka atau jerawat. Tetapi untuk hasil akhir terbaik kamu harus menyederhanakan proses pemakaian foundation dengan langkah-langkah dan teknik yang tepat.

Jadi pastikan tidak membiarkan foundation sampai kering dan menggunakan setting powder saat foundation masih basah. Aplikasikan dengan cara menekan agar setting powder menyatu sempurna dengan foundation.

4. Tidak berlebihan ketika mengaplikasikan setting powder

4. Tidak berlebihan ketika mengaplikasikan setting powder
Pixabay/summa

Memahami cara menggunakan setting powder adalah sangat penting.

Oleh karena itu ciptakan hasil riasan wajah terlihat sempurna. Apalagi saat di depan kamera, pastikan tidak terlihat terlalu tebal.

Frends Beauty.com mengatakan, bahwa setting powder dirancang untuk diaplikasikan di atas semua riasan lainnya untuk membantu membuat kulit terlihat lebih halus dengan menyembunyikan pori-pori.

Jadi sebaiknya tidak berlebihan ketika mengaplikasikan setting powder. Caranya goyangkan produk kemasannya terlebih dahulu. Setelah itu baru mengaplikasikan pada wajah dengan gerakan menekan menggunakan kuas makeup.

5. Memoleskan setting powder berkali-kali

5. Memoleskan setting powder berkali-kali
Freepik

Sepertinya memang mudah menggunakan setting powder. Tapi ternyata kamu perlu mengetahui satu hal ini jika ingin tampilan hasil riasan makeup menjadi lebih sempurna.

Sebaiknya kamu tidak perlu berlebihan saat memakai setting powder dengan memoleskannya berkali-kali. Satu lapis saja sudah cukup agar riasan tidak terlihat cakey. 

Pasalnya berbeda dengan bedak biasa, saat memakai setting powder maka tidak perlu sering touch up.

Dengan menimpa ulang, hasilnya akan menambah ketebalan setting powder yang masih menempel di kulit wajahmu. Tapi jika memakainya kebanyakan, semprotkan setting spray untuk mengunci bedak dan membuatnya tampak lebih dewy.

Itulah kelima kesalahan saat memakai setting powder yang sering dilakukan. Mulai sekarang jangan diulangi lagi, ya.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!