7 Masker Efektif Menghilangkan Rambut yang Bercabang

Ketika tidak dirawat dengan benar, rambut bercabang akan semakin kusam, kering, dan kusut

30 Juli 2019

7 Masker Efektif Menghilangkan Rambut Bercabang
Freepik.com

Jika kamu memiliki ujung rambut yang bercabang kamu tidak perlu khawatir, karena rambut tumbuh dari akarnya, sehingga ujung rambut adalah bagian tertua dari rambut kamu. Kalau kamu memiliki rambut yang panjang, ujung-ujung rambut mungkin sudah ada bersama kamu selama beberapa tahun.

Semakin panjang rambutmu, semakin rentan untuk bercabang yang diakibatkan dari berapa kali kamu keramas, menyisir, menata rambut dengan alat panas seperti catok dan hair dryer, perawatan kimia seperti pelurus rambut atau cat rambut yang dapat pelindung luar batang rambut menjadi luntur, lemah, hingga menjadi rusak.

Berita baiknya adalah kamu dapat dengan mudah menghindari ujung rambut bercabang dan menumbuhkan rambut lebih sehat sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkannya.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 7 masker efektif untuk menghilangkan rambut bercabang.

1. Masker alpukat kaya nutrisi cegah rambut rusak

1. Masker alpukat kaya nutrisi cegah rambut rusak
Freepik.com

Masker pertama yang dapat kamu coba adalah masker alpukat. Alpukat memiliki kandungan Vitamin E, mineral, dan fitonutrien yang dapat membantu mempertahankan kelembaban pada rambutmu, mencegah kerusakan rambut lebih lanjut, dan menumbuhkan rambut dengan sehat.

Yang perlu kamu siapkan adalah:

  • 1/2 buah alpukat
  • 3 sdt minyak almond

Pertama, hancurkan alpukat dalam mangkuk hingga halus, lalu tambahkan minyak almond dan aduk hingga merata. Oleskan maske ke rambut kamu dari akar hingga ujung rambut yang bercabang. Bilas rambut dengan sampo lalu keringkan rambut dengan handuk. Hindari pemakaian hair dryer dulu ya!

Kamu dapat melakukan perawatan rambut ini seminggu sekali untuk hasil yang terbaik.

2. Gunakan masker pisang untuk lembutkan rambut

2. Gunakan masker pisang lembutkan rambut
Freepik.com

Pisang dapat bekerja sebagai kondisioner alami yang sangat baik. Dapat membantu meningkatkan elastisitas rambut sehingga mencegah kerusakan. Masker ini kaya akan minyak, antioksidan, mineral, dan vitamin yang membantu melembutkan rambutmu.

Yang perlu kamu siapkan adalah:

  • 1 buah pisang matang
  • 2 sdm santan

Tumbuk pisang menjadi halus lalu tambahkan santan dan aduk hingga rata. Oleskan campuran ke rambut dari akar hingga ujung rambut.

Kamu harus menghindari akar rambut jika kamu memiliki kulit kepala yang berminyak. Jepit rambut kamu dan biarkan selama 1-2 jam. Bilas rambut dengan sampo dan keringkan dengan rambut.

Kamu dapat menggunakan masker ini seminggu sekali ya.

Editors' Picks

3. Masker telur kaya akan protein

3. Masker telur kaya akan protein
Freepik.com

Apakah kamu tahu, kalau masker ini tidak hanya membantu memperbaiki rambut bercabang saja lho, tetapi juga dapat membuat rambut bersinar.

Telur memiliki kandungan yang kaya dengan protein, sehingga masker telur memberikan nutrisi pada rambut yang rusak dengan memperbaiki ujung yang bercabang agar menjadi lebih kuat dan tidak rapuh.

Yang perlu kamu siapkan adalah:

  • 1 putih telur
  • 1 sdm minyak kelapa
  • 1 sdt madu organik

Yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan semua bahan kedalam mangkuk. Lalu oleskan campuran ke rambut dari akar hingga ujung.

Jepit rambut dan biarkan selama 1 jam. Kemudian bilas rambut hingga bersih dan keringkan dengan handuk. Kamu dapat menggunakan masker ini 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

4. Masker pepaya kurangi rambut risiko bercabang

4. Masker pepaya kurangi rambut risiko bercabang
Freepik.com

Pepaya adalah obat alami yang memberikan nutrisi mendalam pada rambut kamu. Pepaya, minyak almond, dan yogurt dapat membantu mencegah kulit kepala menjadi kering dan gatal, meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat, sehingga mengurangi resiko ujung yang bercabang.

Yang perlu kamu siapkan adalah:

  • 1/2 cangkir pepaya matang yang ditumbuk
  • 1 sdm yogurt
  • 1 sdm minyak almond

Campurkan pepaya yang sudah dihaluskan denan yogurt dan minyak almond dalam mangkuk. Ambil campuran dan oleskan ke bagian rambut dari akar hingga ke ujung rambut yang bercabang. Jepit rambut dan tahan selama 1 jam. Bilas dengan sampo lalu keringkan dengan handuk.

Kamu dapat menggunakan masker ini 2 kali dalam seminggu untuk hasil yang terbaik.

5. Masker mayonnaise lindungi rambut dari kerusakan

5. Masker mayonnaise lindungi rambut dari kerusakan
Freepik.com

Mungkin kamu berpikir mayonnaise hanya dapat membuat salad atau burger agar jadi lebih enak? Ternyata, selain digunakan untuk makanan, mayonnaise juga dapat membantu melembabkan rambutmu yang kering.

Masker ini membantu memperbaiki ujung rambut yang bercabang, meningkatkan pertumbuhan rambut, dan melindungi rambut dari kekeringan dan kerusakan.

Yang perlu kamu siapkan adalah:

  • 2-3 sdt mayonnaise
  • 1 sdt gel lidah buaya

Campurkan ke dua bahan ke dalam mangkuk, oleskan campuran ini dari akar hingga ujung rambut. Jepit rambut dan biarkan selama 1 jam. Kemudian bilas dengan sampo dan keringkan rambut dengan handuk.

Kamu bisa menggunakan masker ini 2 kali dalam seminggu.

6. Masker Madu melembabkan rambut

6. Masker Madu melembabkan rambut
Freepik.com

Madu memiliki manfaat untuk mempertahankan dan mengatur kelembaban pada rambut. Masker madu dapat membantu mencegah ujung rambut yang bercabang dengan memperkuat sel-sel rambut dan memberikan hidrasi dan nutrisi pada rambut.

Yang perlu kamu siapkan adalah:

  • 2-4 sdt madu organik
  • 1 sdt santan
  • 3 sdt susu

Cara membuatnya dengan menyampur semua bahan kedalam mangkuk, kemudian oleskan campuran ke rambut kamu dari akar hingga ujung, kamu dapat menghindari akarnya jika kamu memiliki kulit kepala yang mudah berminyak.

Jepit rambut kamu dan diamkan selama 1-2 jam. Kemudian bilas dengan sampo lalu keringkan dengan handuk dan jangan gunakan hair dryer. Kamu dapat melakukan masker madu ini selama 2 kali dalam seminggu.

7. Masker lidah buaya dapat menambah volume rambut

7. Masker lidah buaya dapat menambah volume rambut
Freepik.com

Gel lidah buaya selain digunakan untuk perawatan kecantikan wajah juga dapat digunakan untuk rambut. Karena, gel lidah buaya kaya akan asam folat, niasin, dan fitonutrien yang membantu meningkatkan kesehatan rambut, menambah volume rambut, dan juga melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari atau panas.

Yang perlu kamu siapkan adalah:

  • 4 sdm gel lidah buaya
  • 2 sdm air jeruk nipis

Yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan gel lidah buaya dan air jeruk nipis dalam mangkuk. Oleskan campuran ini ke rambut kamu dari akar hingga ujung rambut. Jepit rambut dan tunggu hingga 1 jam. Bilas dengan sampo dan keringkan dengan handuk.

Jika kamu tertarik, kamu dapat menggunakannya 2-3 kali dalam seminggu ya.

Rambut bercabang memang menjengkal dan dapat merusak penampilan kamu. Jadi, rawat rambutmu sebelum terlambat dengan 7 masker rambut ini dan dapatkan hasil yang luar biasa hanya dalam beberapa minggu!

Mudah bukan?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk