Kacang Hijau: Cara Sederhana tapi Sangat Berguna untuk Wajah Mama

Selain mengenyangkan, kacang hijau memiliki nutrisi baik bagi kulit

27 April 2018

Kacang Hijau Cara Sederhana tapi Sangat Berguna Wajah Mama
Flickr.com/Bagan Mart
Selain mengenyangkan, kacang hijau juga punya nutrisi baik bagi kulit

Apakah ada dari #MamaMillenial yang tidak punya waktu atau terlalu malas pergi ke salon untuk perawatan wajah? Kalau ada, tenang saja, Ma.

Mungkin Mama sudah menyadari bahwa sekarang-sekarang ini sedang berjamurnya perawatan yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Entah karena faktor yang telah disebutkan di atas atau karena tidak memiliki uang ekstra untuk perawatan di luar.

Namun, Mama tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara mudah untuk merawat wajah dengan menggunakan satu bahan dari dapur Mama.

Mau tahu apa bahannya? Mama pasti tahu dong si bulat kecil berwarna hijau yang termasuk suku polong-polongan. Ya, benar sekali. Bahan yang bisa Mama gunakan adalah kacang hijau.

Dalam pengobatan China, kacang hijau digambarkan sebagai makanan bergizi yang juga merupakan obat-obatan untuk tubuh lho, Ma.

Dimana kacang hijau bisa dijadikan sebagai makanan detoks yang sangat baik dalam membersihkan racun tubuh sehingga dapat membantu Mama dalam mengobati jerawat dan mendapatkan kulit jernih dari dalam.

Disebutkan dalam halaman bellatory.com, di negara lain seperti India, kacang hijau yang diolah menjadi bubuk halus telah digunakan sejak zaman kuno untuk membersihkan kulit dan rambut.

Bubuk kacang hijau ini digunakan sebagai sabun alami yang efektif dan tidak berbusa, sehingga aman digunakan untuk orang-orang yang memiliki kulit sensitif atau dengan kondisi peradangan kulit seperti eksim.

Nah, setelah membacanya, ternyata kacang hijau itu sangat bermanfaat ya, Ma. Oleh karena itu, berikut Popmama.com berikan informasi lebih lanjut dari beautyglimpse.com tentang cara sederhana tapi sangat berguna untuk wajah Mama

Editors' Picks

1. Facial scrub kacang hijau

1. Facial scrub kacang hijau
Pixabay/Insideout1

Scrub kacang hijau adalah scrub bagus yang dapat digunakan saat Mama sedang terburu-buru. Hanya dengan beberapa menit, kulit Mama akan terlihat sempurna.

Scrub kacang hijau yang alami sangat bermanfaat untuk kulit berjerawat karena dapat menyingkirkan jerawat wajah atau tubuh hanya dalam beberapa hari penggunaan terus menerus dan penggunaan jangka panjang secara drastis akan memperbaiki kondisi kulit Mama dan memberikan efek nyata yang dapat diamati dalam waktu satu bulan.

Bahan:

  • Kacang hijau - 1 cangkir
  • Air hangat - 1 cangkir
  • Minyak esensial pilihan (misalnya lavender atau minyak mawar) - 2 sampai 3 tetes
  • Kain wajah yang lembut

Langkah:

  1. Persiapkan kacang hijau yang bersih dan bebas debu sebelum memasukkannya ke dalam blender. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan tidak mencucinya dengan air, tetapi hanya dengan menyeka kacang hijau dengan handuk. Mengapa seperti itu? Karena dalam prosesnya, kacang hijau itu harus kering. Setelah diblender, tuangbubuk kacang hijau ke dalam mangkuk dan diamkan.
  2. Selanjutnya, tambahkan minyak esensial ke air hangat dan basahi kain wajah dengan mencelupkannya ke dalam campuran.
  3. Tempatkan kain wajah yang basah secara merata di atas wajah Mama dan tekan ringan dengan jari. Tunggu selama 10-15 menit agar semua minyak, dan kotoran dari wajah Mama menempel pada kain dan dapat diangkat untuk membersihkan kulit dengan benar. Kemudian lepaskan kain dengan hati-hati.
  4. Tuangkan sedikit bubuk kacang hijau ke telapak tangan, kemudian terapkan ke wajah Mama secara merata.  Tunggu hingga 3 menit.
  5. Terakhir, bilas dengan air dingin dan keringkan.

2. Facial pack kacang hijau

2. Facial pack kacang hijau
Pixabay/PDPics

Jika Mama memiliki lebih banyak waktu luang, siapkan facial pack kacang hijau ini. Mama hanya perlu 15 menit untuk melihat perbedaan  wajah yang bersih, pori-pori yang lebih kecil, lebih sedikit berminyak, dan komedo yang berkurang.

Bahan:

  • Kacang Mung - 1 cangkir
  • Air hangat - (1/2) cangkir

Langkah: 

  1. Ambil kacang hijau bersih dan bebas debu, lalu masukan ke dalam blender untuk membuatnya menjadi bubuk halus. Setelah menjadi bubuk, pindahkan ke dalam mangkuk.
  2. Tuangkan air hangat ke dalam mangkuk yang sama dan aduk dengan sendok hingga menjadi pasta halus.
  3. Selanjutnya, oleskan pasta secara merata ke seluruh wajah Mama, tidak termasuk area di sekitar mata dan bibir. Biarkan kering selama 10 hingga 15 menit berikutnya.
  4. Setelah hampir mengering, pijat wajah Mama dengan lembut menggunakan ujung jari. Lakukan ini selama 10 menit.
  5. Setelah pijatan, bilas pasta dengan air dingin atau air hangat dan keringkan.

3. Facial mask kacang hijau

3. Facial mask kacang hijau
beautyglimpse.com

Kulit Mama akan terasa segar dalam waktu hanya setengah jam dengan menggunakan facial mask kacang hijau. Masker ini dikenal karena kemampuannya mempertahankan tingkat pH kulit dan memberikan kilauan wajah yang sehat sempurna.

Bahan:

  • Kacang hijau - 1 cangkir
  • Yogurt polos - 2 sendok teh

Langkah:

  1. Sama seperti dua resep sebelumnya, ambil kacang hijau bersih dan bebas debu, letakkan di dalam blender, untuk mendapatkan bubuk halus kacang hijau. Setelah itu pindahkan bubuk ke dalam mangkuk.
  2. Tambahkan yogurt polos ke dalam mangkuk dan aduk rata untuk membentuk pasta yang halus dan kental.
  3. Oleskan pasta secara merata di atas wajah Mama. Tunggu 20 hingga 30 menit agar masker benar-benar kering.
  4. Kemudian, bilas dengan air dingin dan tepuk-tepuk wajah Mama hingga kering.

Nah, ada satu informasi nih lagi nih, Ma.

 
Selain dijadikan bubuk kacang hijau dan diolesi ke wajah Mama, mengonsumsi langsung kacang hijau juga menunjang performa Mama untuk terlihat awet muda, lho.

Apalagi pada (25/4) lalu, Frisian Flag Indonesia baru saja meluncurkan inovasi terbaru yaitu dengan menghadirkan susu siap minum varian rasa kacang hijau, yang mengombinasikan beragam manfaat kacang hijau dengan kebaikan susu. 

Nah, Ma, selamat mencoba cara sederhana tapi sangat berguna untuk wajah Mama, ya!


Atau Mama punya resep lainnya? Silakan berbagi di kolom di bawah ini ya, Ma!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.