5 Gaya Eyeliner untuk Pemula, Cari Tahu Cara Buatnya, Yuk!

Pahami trik dasarnya dulu, ya

5 September 2019

5 Gaya Eyeliner Pemula, Cari Tahu Cara Buatnya, Yuk
Freepik/A3pfamily

Menggunakan makeup seperti sudah menjadi keperluan wajib yang digunakan oleh setiap perempuan, terlebih saat harus keluar menghadiri suatu acara ataupun hanya mencari makan di luar rumah.

Berbagai macam peralatan dan produk makeup tentunya sudah tak asing bagi para perempuan, mulai dari alas bedak hingga alas bibir. Banyak orang menganggap bagian terpenting dalam makeup adalah bagaimana kamu bisa mengaplikasikan beragam warna eyeshadow agar tampilan mata lebih segar dan terlihat hidup.

Selain menggunakan eyeshadow, menggunakan eyeliner juga bisa menjadi pilihan yang pas jika kamu ingin membuat mata terlihat lebih hidup dan segar. Namun nyatanya, masih banyak perempuan malas menggunakan eyeliner karena terbilang cukup sulit.

Sebelum memulai menggunakan eyeliner, kamu perlu mengatahui beberapa teknik dasar dalam menggunakannya, serta gunakan produk eyeliner yang cocok digunakan oleh pemula. Kamu bisa mencoba beberapa gaya eyeliner yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini. 

1. Natural eye liner untuk sehari-hari

1. Natural eye liner sehari-hari
coffeeandmakeup.com

Jika kamu ingin tampil lebih segar namun tidak memiliki waktu untuk makeup berlebihan, cukup membuat eyeliner natural tanpa mengaplikasikan eyeshadow terlebih dahulu bisa menjadi pilihan terbaik lho.

Sesuai dengan namanya, eyeliner natural adalah tampilan eyeliner mendasar yang paling sederhana dan mudah untuk diikuti.

Tampilan ini akan cocok untuk makeup sehari-hari karena mudah dan hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 menit. Kamu cukup mengikuti bentuk alami mata, dan mata akan terlihat lebih cantik dan segar.

2. Cat eyeliner yang trendy

2. Cat eyeliner trendy
Pinterest/Carmela Halaghay

Cat eyeliner atau eyeliner mata kucing memang sudah menjadi tren sejak lama, karena gaya yang terlihat mudah ini ternyata sukses membuat orang yang melihat kagum.

Kamu hanya perlu menambahkan garis sudut kecil di sudut luar mata untuk membuat efek mata kucing agar terlihat lebih menarik.

Riasan mata cat eyeliner terbilang cukup mudah tetapi tetap membuat penampilanmu akan semakin keren!

Editors' Picks

3. Winged eyeliner cocok untuk menghadiri pesta

3. Winged eyeliner cocok menghadiri pesta
Mujerde10.com

Sesuai dengan namanya yaitu winged eyeliner yang mana tampilan ini akan memperlihatkan sayap pada ujung sudut luar matamu. Hampir mirip dengan cat eyeliner, namun tampilan winged eyeliner terkesan lebih intens dan sangat tepat untuk menghadiri pesta.

Meskipun bentuk eyeliner ini terbilang membuat mata menjadi dramatis, namun pemula juga bsia menggunakannya karena masih terbilang mudah. Cukup membuat garis yang intens pada ujung mata dan sesuaikan garisnya pada bagian dalam, selesai!  

4. Double winged eyeliner yang lebih dramatis

4. Double winged eyeliner lebih dramatis
Stylecaster.com

Jika berhasil membuat winged eyeliner, selanjutnya kamu bisa mencoba double winged eyeliner yang membuat tampilan mata menjadi jauh lebih intens dan dramatis.

Langkahnya pun sama dengan winged eyeliner, kamu hanya perlu menggambar garis lain yang sejajar dengan sayap yang dibuat sebelumnya, tetapi kali ini buat garis dengan memperpanjang garis bulu mata bawah.

Tampilan seperti ini sangat cocok sekali dipadukan dengan warna eyeshadow yang berani seperti smokey eye makeup, cocok banget deh untuk pesta dan acara fun lainnya.

5. Basic eyes untuk smoked eyeshadow

5. Basic eyes smoked eyeshadow
Ecemella.com

Cukup dengan waktu kurang lebih 1 menit, kamu sudah bisa mendapatkan basic eyes. Meskipun terbilang cukup mudah, biasanya basic eyes dipadukan sebagai dasar untuk riasan mata smokey. Jadi, untuk kegiatan sehari-hari sepertinya kurang ya kalau pakai jenis tampilan ini.

Kamu bisa membuat garis tipis mengikuti bentuk matamu, tetapi bukan hanya di bagian atas atau bawah saja namun seluruh bagian garis tepi dari mata. Lalu tambahkan sedikit ketebalan pada garis mata bagian ujung luar atas mengikuti bentuk kelopak matamu.

Basic eyes yang dipadukan dengan smoked eyeshadow ini juga bisa kamu tambahkan dengan bulu mata palsu yang semakin membuat riasan matamu lebih cetar!

Itulah 5 gaya eyeliner yang bisa para pemula lakukan, cukup mudah bukan?

Namun, jika kamu masih merasa bingung dan tetap merasa sulit dalam membuat eyeliner, kamu perlu memahami trik dasar dalam menggunakan eyeliner berikut ini:

Trik Dasar Menggunakan Eyeliner Untuk Pemula

Trik Dasar Menggunakan Eyeliner Pemula
Freepik

Jika kamu adalah pemula dalam urusan eyeliner, kamu harus memahami trik dasarnya terlebih dahulu. Sebenarnya trik dasar menggunakan eyeliner sangatlah mudah, karena kuncinya hanyalah mengikuti garis pada kelopak matamu.

Langkah pertama adalah dengan memejamkan mata terlebih dahulu, kemudian hilangkan kerutan mata dengan menarik kelopak ke atas sementara bola mata melihat ke bawah. Selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan eyeliner dalam sekali usapan dari bagian mata dalam sampai sudut mata luar. Pada bagian ini tinggal kamu sesuaikan ingin menggunakan gaya eyeliner seperti apa.

Selain trik dasar tersebut, yang perlu kamu penting kamu perhatikan ialah jenis eyeliner yang akan kamu gunakan. Sebagai pemula, biasanya tidak disarankan menggunakan eyeliner cair. Sebaiknya menggunakan eyeliner jenis pensil yang memiliki ujung lancip untuk memudahkan.

Bagaimana, sudah berani coba? Yuk, rias bagian matamu agar terlihat lebih cantik dan segar dengan sentuhan eyeliner. Selamat mencoba, girls!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.