5 Tips Memudarkan Bekas Jerawat Kehitaman

Sering menganggu penampilan, yuk coba tips berikut ini

5 April 2021

5 Tips Memudarkan Bekas Jerawat Kehitaman
Freepik/gpointstudio

Permasalahan jerawat memang menjadi permasalahan kulit yang tak ada habisnya dan menyebalkan. Selain jerawat yang meradang, saat sudah selesai diatasi pun akan meninggalkan noda bekas jerawat yang manganggu penampilan.

Salah satu bekas jerawat yang menganggu adalah noda berwarna kecokelatan atau kehitaman. Noda berwarna kehitaman ini disebut sebagai Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH).

PIH sendiri terjadi akibat produksi melanin berlebih yang berakibat inflamasi. Umumnya ini terjadi ketika kulit alami stres dan meresponnya dengan produksi melanin yang meningkat. 

Salah satu penyebab utama terjadinya inflamasi adalah karena jerawat dan paparan sinar matahari. Itulah mengapa PIH sangat erat kaitannya dengan bekas jerawat maupun sun spot.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan atau memudarkan noda hitam bekas jerawat? Yuk, simak informasi yang sudah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini.

1. Gunakan non-foaming cleanser

1. Gunakan non-foaming cleanser
Freepik/wayhomestudio

Bagi kamu yang sedang mencari produk sabun muka untuk atasi permasalahan noda kehitaman, carilah sabun yang tidak atau sedikit busa. Selain itu, gunakan juga sabun muka yang tidak membuat kulit menjadi kering kesat.

Kamu juga perlu menghindari kandungan sabun muka seperti fragrance atau wewangian, deterjen atau Sodium Laury Sulfate (SFS), asam salisilat, asam glikolat, dan yang memiliki butiran scrub.

Editors' Picks

2. Lakukan exfoliate

2. Lakukan exfoliate
Freepik/cookie_studio

Selanjutnya adalah melakukan exfoliate guna mengangkat sel kulit mati yang menimbulkan noda kehitaman pada wajah.

Kamu bisa menggunakan toner berjenis AHA yang efektif mengangkat dan membersihkan sel-sel di permukaan kulit.

Guna memudarkan noda kehitaman bekas jerawat maupun sun spot, kamu bisa melakukan exfoliasi minimal 2 minggu untuk hasil yang maksimal.

3. Melembabkan dengan hydrating toner

3. Melembabkan hydrating toner
Freepik/KamranAydinov

Menjaga kelembaban kulit agar tetap terhidrasi penting dilakukan. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan hydrating toner setelah cuci muka.

Selain untuk membantu menyerap skincare dan melembabkan kulit, hydrating toner juga baik untuk menyeimbangkan pH kulit dan membantu menyamarkan bekas kehitaman.

4. Gunakan serum dengan kandungan brightening

4. Gunakan serum kandungan brightening
Freepik

Setelah penggunaan toner, kamu juga bisa melanjutkannya dengan menggunakan serum yang dibuat untuk mencerahkan kulit. Fungsi brightening serum sendiri adalah untuk mengurangi kegiatan pada melanosit yang membuat produksi melanin menjadi lebih lambat.

Kamu bisa memilih serum dengan kandungan brigtening seperti Alpha Arbutin, Niacinamide, Vitamin C, Kojic Acid, serta ekstrak Licorice yang dapat digunakan pada area kulit bekas jerawat yang menghitam atau pada seluruh permukaan kulit wajah.

5. Jangan melupakan sunscreen!

5. Jangan melupakan sunscreen
Pexels/Shiny Diamond

Hal terpenting yang kerap kali dilupakan dalam proses perawatan wajah adalah penggunaan sunscreen. Padahal, menggunakan sunscreen akan membuat kulit terhindar dari sinar UV yang membuat kulit lebih cepat memproduksi melanin.

Sehingga penggunaan sunscreen akan sangat berguna untuk menghindari kulit kusam serta timbulnya flek atau bintik hitam. Kamu bisa menggunakan sunscreen di pagi hari pada step terakhir penggunaan skincare harianmu.

Itu dia tips menghilangkan atau memudarkan bekas jerawat kehitaman yang bisa kamu lakukan. Semoga bermanfaat dan bisa kamu terapkan di rumah. Pastikan juga untuk memilih produk-produk kecantikan yang sesuai dengan kondisi kulit wajahmu ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.