5 Cara Alami Menghilangkan Kemerahan pada Wajah

Bahannya bisa didapatkan dengan mudah!

3 Mei 2021

5 Cara Alami Menghilangkan Kemerahan Wajah
Pixabay/jmexclusives

Kemerahan pada wajah bisa muncul karena berbagai alasan seperti paparan sinar matahari atau faktor cuaca, makanan, dan perasaan stres. Kemerahan yang muncul biasanya berupa ruam dan juga warna kulit yang berubah menjadi warna merah pada titik tertentu.

Jika hal ini sudah terjadi, tentunya dapat mengganggu penampilan karena biasanya kemerahan ini dapat bertahan lama di wajah dan memerlukan waktu untuk menghilangkan nya. Meskipun begitu, tak ada salahnya jika Mama mencoba untuk mengurangi kemerahan yang ada pada wajah.

Lalu, bagaimana caranya? Tidak perlu bingung karena kali ini Popmama.com telah merangkum bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan kemerahan pada kulit wajah. Yuk, disimak!

1. Kandungan anti-mikroba dari madu manuka

1. Kandungan anti-mikroba dari madu manuka
Freepik

Menggunakan madu manuka secara topikal sudah dipercaya banyak orang dapat membantu untuk mengatasi permasalahan kulit, salah satunya adalah kulit yang mengalami kemerahan.

Madu manuka juga merupakan salah satu bahan untuk menghidrasi kulit secara alami dan dapat mempertahankan kelembapan sekaligus memberikan efek yang menenangkan saat di pakai.

Selain itu, madu manuka dapat membantu untuk mengatur sistem kekebalan kulit dan meningkatkan perbaikan jaringan kulit yang rusak.

Editors' Picks

2. Teh hijau dapat mengatasi masalah rosacea

2. Teh hijau dapat mengatasi masalah rosacea
Freepik

Teh hijau memiliki sifat antioksidan dan juga anti-inflamasi yang dapat digunakan secara topikal untuk mengurangi kemerahan pada wajah.

Selain itu, teh hijau juga bermanfaat untuk memberikan perlindungan terhadap kulit dari paparan sinar UV yang menjadi faktor umum penyebab kemerahan pada kulit wajah.

Selain itu, kandungan yang ada di dalam teh hijau juga dapat membatu untuk mengobati rosacea yang biasanya seringkali dianggap sebagai jerawat.

3. Lidah buaya dapat menenangkan kulit

3. Lidah buaya dapat menenangkan kulit
Freepik

Sudah tidak diragukan lagi kalau lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang dipercaya dapat memberikan efek menenangkan pada kulit.

Sama seperti madu manuka, gel bening yang ada ini memiliki sifat anti-inflamasi, anti bakteri, dan antioksidan yang dapat menyembuhkan kulit secara keseluruhan.

Selain itu, lidah buaya juga dapat menghambat proses peradangan pada kulit yang membuat kulit menjadi kemerahan.

4. Oatmeal koloid untuk melembapkan

4. Oatmeal koloid melembapkan
Freepik/bublikhaus

Oatmeal koloid merupakan jenis oatmeal yang biasanya digunakan sebagai salah satu bahan lotion. Oatmeal koloid ini dapat digunakan secara topikal untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang dapat memicu kemerahan.

Kemerahan yang biasanya dapat diatasi meliputi luka bakar, gatal, kulit kasar, dan juga eksim. Kemampuan menenangkan kulit dari oatmeal koloid ini didapatkan dari sifat anti-inflamasi dan pelembap yang ada di dalamnya.

5. Gunakan timun sebagai masker

5. Gunakan timun sebagai masker
diys.com

Masker yang dibuat dari mentimun ini memiliki bahan aktif yang dapat menenangkan kulit. Sayuran ini mengandung 95% air sehingga akan membuat kulit menjadi lebih terhidrasi dan meredakan kemerahan yang disebabkan oleh kekeringan pada kulit.

Haluskan mentimun dan oleskan pada wajah untuk dijadikan sebagai masker jika ingin merasakan khasiatnya.

Setelah dibilas, gunakan juga krim atau minyak yang berfungsi untuk mengunci kelembapan pada kulit karena air yang ada pada kulit dapat menguap.

Nah, jadi itulah lima bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kemerahan yang ada pada kulit wajah. Kira-kira Mama mau mencoba bahan alami yang mana dulu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.