TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

6 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Dapat Menjaga Kecantikan

Lakukan hal ini jika ingin kulit Mama tetap sehat

2 November 2021

6 Kebiasaan Sebelum Tidur Dapat Menjaga Kecantikan
Pixabay/Claudio_Scott

Kulit menjadi salah satu bagian pada tubuh yang bisa dibilang sensitif karena letaknya yang berada paling luar sehingga bisa dengan mudahnya terkena debu dan kotoran serta paparan sinar UV. Kulit bisa dengan mudahnya terlihat kusam dan tampak tanda penuaan dini seperti garis-garis halus.

Untuk menjaga kulit tetap sehat, tentunya Mama perlu rutin melakukan perawatan kulit agar kulit dapat lebih bernutrisi dan terlihat lebih cerah, seperti yang dilansir dari styleatlife.com. Malam hari menjadi waktu yang terbaik untuk membuat kulit menjadi lebih kulit dan memberikan waktu pada kulit untuk melakukan tugasnya dalam merawat diri.

Tentunya, terdapat beberapa hal yang dapat Mama lakukan untuk membantu menjaga kesehatan kulit pada saat sebelum tidur. Oleh karena itu, kali ini Popmama.com telah merangkum 6 kebiasaan sebelum tidur yang wajib Mama lakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Yuk, disimak!

1. Membersihkan wajah sebelum tidur

1. Membersihkan wajah sebelum tidur
Freepik/wayhomestudio

Membersihkan wajah sebelum tidur adalah hal yang harus Mama lakukan, apalagi jika sebelumnya Mama menggunakan makeup selama seharian. Kotoran dan debu tentunya dapat dengan mudahnya menempel dan akan berakibat buruk jika tidak segera dibersihkan.

Lakukan double cleansing dengan menggunakan micellar baru kemudian face wash untuk memastikan tidak ada lagi makeup yang ada di wajah.

Dengan begitu, Mama akan merasakan kesegaran di pagi harinya dengan pori-pori yang terlihat bersih.

2. Melakukan serangkaian skincare

2. Melakukan serangkaian skincare
Pexels.com/SoraShimazaki

Setelah memastikan bahwa wajah sudah bebas dari debu dan kotoran, Mama perlu menggunakan serangkaian skincare malam untuk membantu kulit dalam memperbaiki diri. Mulai dari toner, serum, face oil, sampai dengan krim malam untuk membuat kulit tetap ternutrisi sepanjang malam.

Editors' Picks

3. Hindari minum kafein

3. Hindari minum kafein
Pexels/chait-goli

Setidaknya 4 jam sebelum tidur, hindari untuk mengonsumsi kafein agar waktu Mama dalam beristirahat tidak mundur. Kafein sendiri dapat membuat rasa kantuk menjadi hilang sehingga akan membuat Mama terjaga lebih lama di malam hari.

Jika Mama memiliki waktu tidur pukul 10 malam, maka usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein setelah pukul 5 sore. Waktu tidur yang cukup tentunya akan membuat Mama merasa segar di pagi hari.

4. Menyalakan humidifier

4. Menyalakan humidifier
Freepik/rawpixel.com

Cara lain yang dapat Mama lakukan untuk menjaga kelembapan kulit adalah menyalakan humidifier pada malam hari untuk membantu menjaga kelembapan kulit saat sedang tidur.

Kulit yang tetap lembap sepanjang malam tentunya akan berefek samping di masa yang akan datang karena kulit memiliki cukup mineral.

Menyalakan humidifier akan sangat berguna bagi Mama yang memiliki jenis kulit kering dan juga pecah-pecah karena dapat lebih lembap dengan adanya uap.

5. Konsumsi buah sebelum tidur

5. Konsumsi buah sebelum tidur
Freepik/gpointstudio

Seperti yang sudah Mama ketahui bahwa buah-buahan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan kulit. Mengonsumsi buah-buahan dengan porsi yang tepat, kulit Mama tentu akan jauh lebih terjaga kesehatannya.

Mama bisa mengonsumsi buah-buahan setidaknya 1 atau 2 jam sebelum tidur agar tidak terlalu dekat dengan jam tidur yang Mama miliki.

6. Cukup mengonsumsi air mineral

6. Cukup mengonsumsi air mineral
Pexels/Daria Shevtsova

Air mineral memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, termasuk juga kesehatan kulit. Jika cukup mengonsumsi air mineral, maka cairan di dalam tubuh akan lebih tercukupi pada saat tidur.

Dengan rutin mengonsumsi air mineral sebelum tidur, maka cairan yang sebelumnya terbuang setelah seharian melakukan aktivitas akan segera tergantikan. Sudah dipastikan bahwa kulit Mama akan menjadi lebih lembut dan juga lembap.

Nah, itulah enam kebiasaan sebelum tidur yang dapat Mama lakukan untuk terus menjaga kesehatan kulit. Karena merupakan lapisan luar yang selalu terkena kotoran dan polusi, Mama harus ekstra dalam menjaga kesehatan kulit, ya. Jangan sampai lupa!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk