TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Kebiasaan yang Dapat Mencerahkan Kulit Kusam

Lakukan secara rutin untuk mendapatkan perubahan

25 September 2022

7 Kebiasaan Dapat Mencerahkan Kulit Kusam
Freepik/tirachardz

Kulit yang gelap dan kusam seringkali menjadi permasalahan umum yang dirasakan oleh banyak perempuan.

Kulit kusam disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti paparan sinar matahari yang berlebihan, polusi, dan gaya hidup, seperti yang dilansir dalam india.com.

Tak hanya itu saja, terkadang kulit yang kusam dapat disebabkan oleh kulit yang tidak cocok dengan penggunaan produk kosmetik atau produk perawatan kulit.

Terdapat banyak hal yang bisa Mama lakukan untuk membuat wajah kembali menjadi cerah dan tidak kusam.

Beberapa kebiasaan bisa Mama ubah untuk mengembalikan kulit yang cerah, oleh karena itu kali ini Popmama.com telah merangkum 7 cara sederhana mencerahkan kulit yang kusam. Yuk, disimak!

1. Memiliki waktu tidur yang cukup

1. Memiliki waktu tidur cukup
Freepik/yanalya

Manusia membutuhkan waktu tidur setidaknya 7 sampai 9 jam dalam satu hari untuk membiarkan tubuh beristirahat. Kekurangan waktu tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah lho.

Saat tertidur, tubuh aliran darah dalam tubuh akan meningkat yang melancarkan peredaran darah ke kulit. Hal itulah yang akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan bercahaya di pagi hari.

Kebalikannya, jika waktu tidur kurang maka Mama akan mendapatkan kulit yang terlihat kusam pada pagi hari.

2. Minum air putih yang cukup

2. Minum air putih cukup
Pexels.com/KarolinaGrabowska

Untuk memiliki kulit yang terlihat bersih dan cerah, tentunya Mama perlu memastikan bahwa kandungan air yang ada di dalam tubuh sudah cukup. Kulit akan terhidrasi sehingga akan membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal karena tekstur kulit yang sudah diperbaiki.

Selain itu, air yang di konsumsi juga dapat membantu untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh sehingga kulit akan tetap terjaga kesehatannya.

Editors' Picks

3. Selalu menggunakan sunscreen

3. Selalu menggunakan sunscreen
Freepik/1989studio

Hal yang tidak boleh terlewatkan adalah penggunaan sunscreen setiap harinya, bahkan saat berada di dalam ruangan sekalipun. Mama perlu untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari yang berbahaya jika terlalu lama terpapar sinarnya.

Sinar matahari dapat menembus kaca, oleh karena itu Mama perlu untuk tetap menggunakan sunscreen saat di dalam rumah untuk melindungi kulit dari polusi yang ada.

4. Jangan melupakan pelembap

4. Jangan melupakan pelembap
Pexels/Shiny Diamond

Menggunakan pelembap juga menjadi salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan. Pelembap memiliki peran yang penting untuk menjaga kelembapan pada wajah, terlebih lagi jika digunakan secara rutin.

Pelembap akan membantu untuk menghilangkan kulit kering dan bersisik sehingga akan membuatnya menjadi lebih kenyal dan bercahaya.

5. Melakukan face massage menggunakan minyak zaitun dan madu

5. Melakukan face massage menggunakan minyak zaitun madu
Freepik/Alexander132

Untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, Mama bisa melakukan face massage dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak zaitun dan juga madu.

Mama hanya perlu mencampurkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 1 sendok makan madu kemudian jadikan sebagai formula untuk memijat wajah.

Lakukan gerakan secara perlahan akan minyak dan madu dapat menyerap dengan baik dan membuat kulit menjadi lebih cerah.

6. Melakukan uap wajah

6. Melakukan uap wajah
indiatvnews.com

Metode pembersihan seperti ini akan membantu untuk membuka pori-pori sehingga kotoran bisa keluar dengan mudah. Dibandingkan dengan menggunakan air biasa, Mama bisa merebus kulit lemon yang kemudian uapnya dijadikan sebagai uap alami untuk wajah.

Lakukan uap ini selama beberapa menit baru kemudian keringkan dengan menggunakan handuk lembut yang sudah dibasahi sebelumnya. Kandungan vitamin C yang ada pada lemon dapat membuat kulit menjadi cerah sekaligus melembapkan kulit.

7. Rutin melakukan eksfoliasi

7. Rutin melakukan eksfoliasi
Freepik/wayhomestudio

Untuk menghilangkan penumpukan kulit mati, Mama perlu untuk melakukan eksfoliasi untuk mengupas kulit mati tersebut. Mama bisa melakukan berbagai macam cara untuk melakukan eksfoliasi, baik secara alami atau dengan menggunakan sebuah produk.

Yang terpenting adalah untuk mengetahui bahan-bahan apa saja yang sekiranya tidak cocok untuk kulit demi menghindari terjadinya kulit iritasi. Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi secara perlahan dan lembut.

Nah, itulah tujuh kebiasaan yang bisa Mama lakukan untuk mengatasi kulit kusam dan membuatnya menjadi lebih cerah. Jika kebiasaan ini bisa Mama terapkan, maka kulit akan terlihat lebih sehat untuk waktu yang lama.

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk