5 Tanda Kulit Kamu Mengalami Dehidrasi

Jangan lupa untuk menghidrasi kulit, ya!

24 Maret 2021

5 Tanda Kulit Kamu Mengalami Dehidrasi
Freepik/cookie_studio

Setiap orang memiliki kemungkinan akan mengalami kulit yang dehidrasi di beberapa titik tertentu pada tubuh.

Kamu perlu mengenali tanda-tanda dehidrasi sehingga akan ada cara untuk mencegahnya bahkan sampai dengan mengobatinya.

Kulit yang dehidrasi disebabkan oleh kurangnya kadar air yang ada di dalam sel kulit. Saat kulit mengalami dehidrasi tentunya akan membuat kamu merasa di tidak nyaman.

Oleh karena itu, kali ini Popmama.comtelah merangkum tanda-tanda kulit kamu mengalami dehidrasi agar kamu bisa mencegahnya menjadi semakin parah. Yuk, disimak!

1. Kulit terasa gatal

1. Kulit terasa gatal
livenobs.com

Pernahkah kamu merasakan kulit yang gatal dan rasa gatal yang tak kunjung menghilang? Hal ini bisa terjadi jika kulit kamu kekurangan kadar air sehingga membuatnya terasa sangat gatal.

Faktor eksternal seperti angin dan juga perubahan suhu yang cukup ekstrim ternyata dapat membuat kulit kehilangan kelembapan nya sehingga menyebabkan sensasi yang gatal. Biasanya hal ini disertai dengan pengelupasan dan juga minyak yang menghilang di permukaan kulit.

Editors' Picks

2. Peningkatan sensitivitas

2. Peningkatan sensitivitas
Pixabay/jmexclusives

Salah satu konsekuensi kulit yang dehidrasi adalah meningkatnya kepekaan pada kulit karena kulit yang dehidrasi adalah prekursor dari kulit yang sensitif. Ketika penghalang kelembapan kulit mengalami gangguan, maka ia tak dapat memberikan pelindungan yang baik.

Karena hal itulah bakteri dan juga polusi dapat menembus lapisan terluar kulit dan memperburuk nya dengan gejala seperti gatal, iritasi, dan juga kemerahan.

3. Kulit yang terlihat kusam

3. Kulit terlihat kusam
flickr.com

Apakah penyebab utama dari kulit kusam adalah karena tubuh kelelahan? Tentu saja tidak, penyebab kulit kusam cukup banyak dan salah satunya adalah kulit yang dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan memengaruhi kemampuan kulit untuk mengganti sel-sel mati secara alami.

Tanpa adanya kadar air yang cukup pada kulit, maka kulit tidak cukup sering melepaskan lapisan terluar atau kulit yang mati. Karena hal itulah, sel-sel mati akan menumpuk di permukaan dan membuat pori-pori menjadi tersumbat dan juga kusam.

4. Timbulnya garis halus dan juga kerutan

4. Timbul garis halus juga kerutan
Freepik/wayhomestudio

Ketika kamu mencoba untuk mencubit pelan kulit di pipi dan terlihat adanya garis-garis halus, itu adalah tanda bahwa kulit mengalami dehidrasi.

Kulit yang dehidrasi biasanya akan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini di area wajah. Tidak seperti garis alami pada saat tersenyum, kerutan ini akan muncul sebagai jaringan dari haris-garis halus pertanda kulit yang dehidrasi.

5. Kulit terasa kencang

5. Kulit terasa kencang
Freepik/wayhomestudio

Apakah kamu pernah mengalami kulit yang terasa seperti tertarik dan juga kencang? Bisa jadi ini adalah salah satu tanda kulit kamu mengalami dehidrasi.

Hal ini menjadi salah satu tanda dehidrasi jangka panjang yang jangan sampai terlewatkan. Jika kulit mengalami hal ini dan di diamkan begitu saja, maka akan menyebabkan kulit yang pecah-pecah dan juga kasar.

Untuk menghindari kulit mengalami dehidrasi, kamu perlu untuk selalu membuat kulit menerima kadar air yang cukup sehingga kulit akan tetap terjaga kelembapan nya. Apakah kamu pernah mengalami tanda-tanda ini? Segera lakukan tindakan selanjutnya agar kulit tidak semakin parah, ya!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.