Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat! Benar Nggak Ya?

Pernah coba metode ini?

4 September 2018

Pasta Gigi Bisa Menghilangkan Jerawat Benar Nggak Ya
daily-sun.com

Saat wajah berjerawat banyak sekali cara yang ditawarkan untuk menghilangkan si pengganggu di wajah ini.

Salah satu yang populer adalah dengan menggunakan pasta gigi yang ditempelkan pada jerawat yang tumbuh di wajah maupun sekitar badan lainnya.

Karena harganya lebih murah, perawatan rumahan ini menjadi pilihan bagi sebagian orang. Tapi, apakah benar-benar ampuh?

Dilansir dari Seventeen, berikut ini beberapa fakta tentang pasta gigi untuk menghilangkan jerawat!

Pasta gigi dapat mengeringkan jerawat karena bahan yang dikandungnya

Pasta gigi dapat mengeringkan jerawat karena bahan dikandungnya
Pixabay/stevepb

Sebenarnya, ide menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat sama sekali tidak berdasar.

Beberapa bahan umum dalam pasta gigi seperti baking soda, peroksida, dan alkohol memang dapat membantu mengeringkan jerawat. Ada juga merek pasta gigi yang mengandung triclosan, bahan yang melawan bakteri yang dianggap bisa cepat membuat jerawat kering. Tapi, bahan ini dianggap terlalu keras untuk digunakan pada kulit.

Editors' Picks

Pasta gigi bukan dibuat untuk kulit

Pasta gigi bukan dibuat kulit
Pixabay/Kjerstin_Michaela

Kulit sedikit lebih sensitif daripada gigi dan beberapa bahan dalam pasta gigi seperti fluoride dan methnol dapat menyebabkan iritasi kulit, terutama jika kamu memiliki kulit sensitif.

"Pasta gigi dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan dermatitis kontak alergi," kata Lauren Ploch, MD, seorang dokter kulit bersertifikat di Georgia Dermatology & Skin Cancer Centre.

Jika ingin tetap gunakan pasta gigi, ini yang harus kamu lakukan?

Jika ingin tetap gunakan pasta gigi, ini harus kamu lakukan
onedio.co

Jika kamu telah terbiasa menggunakan pasta gigi untuk mengobati jerawat. Sebaiknya, temukan merek pasta gigi yang bebas dari bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit.

Namun, sekali lagi pasta gigi bukan diformulasikan untuk kulit, oleh sebab itu Dr. Ploch merekomendasikan untuk mencari pasta gigi dengan benzoyl peroxide, bahan antibakteri yang akan membantu mengeringkan jerawat dan menyumbat pori-pori.

Kamu juga dapat menggunakan es batu untuk mengurangi peradangan yang menyakitkan pada jerawat. Oleskan es batu pada jerawat untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Ada beberapa bahan dalam pasta gigi yang dapat efektif dalam mengurangi jerawat, tetapi bahan ini juga mengandung bahan keras yang dapat mengiritasi kulit dan membuat jerawat justru memerah.

Jika ada produk perawatan kulit yang memang dirancang ramah untuk kulit dan mampu mengatasi jerawat, mengapa nggak pilih itu saja untuk mengurangi jerawat yang mengganggu?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!