TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Bahan Alami Mengatasi Bau Ketiak

Bau ketiak yang menyengat bisa mengganggu penampilan dan membuat rasa tak percaya diri

5 Juni 2022

5 Bahan Alami Mengatasi Bau Ketiak
Freepik/Sorapop

Bau ketiak yang menyengat tentu sangat mengganggu penampilan. Bau tak sedap pada ketiak juga bisa membuat seseorang tidak percaya diri karena bisa mengganggu kenyamanan.

Bau ketiak disebabkan oleh bakteri yang memecah keringat dan dipicu juga oleh keaktifan kelenjar apokrin yang bertanggung jawab memunculkan bau badan.

Kelenjar apokrin paling banyak ditemukan di bagian ketiak sehingga area tersebut rentan terhadap perkembangan bau badan yang cepat.

Saat ini ada banyak jenis produk anti bau ketiak, seperti deodorant maupun antiperspirant, yang dijual di pasaran tetapi kebanyakan produk tersebut mengandung bahan kimia. Selain dapat merusak pakaian, tidak sedikit produk-produk ini memberikan dampak pada tubuh, mulai dari kulit ketiak yang menghitam hingga munculnya ruam.

Namun, tak perlu khawatir karena ada bahan-bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau ketiak. Selain menghilangkan bau ketiak, bahan-bahan alami ini juga memiliki sejumlah khasiat lain bagi kesehatan.

Apa saja bahan-bahan alami yang mengatasi bau ketiak tersebut? Melansir dari Times of India,Popmama.com akan mengulasnya kali ini.

1. Rock salt

1. Rock salt
Freepik/Awesomecontent

Rock salt atau garam bertekstur kasar bisa digunakan untuk mengatasi bau keringat. Garam ini bisa membunuh bakteri dan membersihkan area ketiak lebih sempurna daripada sabun biasa.

Caranya, masukkan rock salt ke dalam seember air hangat, aduk rata sampai larut, dan gunakan air rendaman tersebut untuk mandi. Lalu, gosok area ketiak lebih lama dibanding area lainnya.

Editors' Picks

2. Cuka apel

2. Cuka apel
entrepo.co.za

Cuka apel juga seperti rock salt, yakni efektif digunakan untuk membunuh bakteri yang berkembang di lipatan kulit.

Campurkan satu cangkir kecil cuka apel dengan setengah cangkir air bersih. Kemudian, masukkan larutan ke dalam botol semprot.

Semprotkan larutan ini pada permukaan ketiak setiap malam sebelum tidur. Lalu, di pagi hari, bersihkan ketiak dengan air hangat.

3. Kentang

3. Kentang
Freepik/8photo

Selain lezat dikonsumsi, kentang ternyata juga bisa menghilangkan bau tak sedap secara alami.

Hal ini karena senyawa pada kentang berfungsi untuk mengendalikan produksi keringat dan mencegah bakteri pada ketiak sehingga bau tak sedap pada ketiak bisa diatasi. Selain itu, asam alami pada kentang bermanfaat untuk menurunkan pH di kulit ketiak.

Iris tipis kentang, kemudian oleskan dan gosok perlahan pada kulit ketiak setiap pagi. Biarkan selama 30 menit hingga sari kentangnya kering kemudian bilas dengan bersih.

4. Baking soda dan lemon

4. Baking soda lemon
Freepik/Indrepau

Baking soda mampu menyerap bau tak sedap, sedangkan perasan lemon mampu membunuh bakteri dan mengurangi bau ketiak tak sedap.

Campurkan dua sendok baking soda dengan satu sendok perasan lemon. Aduk hingga membentuk pasta kemudian oleskan pada kulit ketiak dengan gerakan memutar selama sekitar 10 menit lalu bilas sampai bersih.

5. Tomat

5. Tomat
Pixabay/couleur

Air perasan tomat atau jus tomat juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau keringat. Tomat mengandung antiseptik alami yang dapat melawan bakteri penyebab bau ketiak.

Caranya, campurkan jus tomat dengan perasan lemon dan oleskan pada kulit ketiak. Biarkan selama 10 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Tomat dan lemon mampu membunuh bakteri dengan maksimal.

Itulah bahan-bahan alami yang dipercaya mampu secara efektif menghilangkan bau tak sedap pada ketiak. Lakukan cara-cara alami di atas secara rutin atau dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Selamat mencoba, ya!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk