Cara Menentukan Model Rambut Bedasarkan Bentuk Wajah

Jangan sampai salah pilih model rambut ya, Ma!

19 September 2021

Cara Menentukan Model Rambut Bedasarkan Bentuk Wajah
Freepik/marymarkevich

Tahukah Mama, memilih potongan atau model rambut yang sesuai dengan bentuk wajah, ternyata bisa sangat berpengaruh pada penampilan. Selain make up, penataan rambut bisa membantu menyempurnakan fitur-fitur wajah sehingga membuat Mama terlihat cantik maksimal.

Untuk memilih model rambut yang tepat, ada beberapa faktor yang perlu diketahui. Model rambut yang sesuai bentuk wajah bisa menyeimbangkan porsi wajah dan membuatnya terlihat lebih ideal. Terlebih, setiap orang memiliki bentuk dan ciri khas wajah yang unik.

Tak ada satupun yang sama persis. Ada yang punya bentuk wajah kotak, wajah bulat dengan pipi chubby, wajah persegi, wajah berbentuk panjang, wajah berbentuk hati, segitiga, hingga oval.

Nah, buat Mama yang masih bingung memilih model rambut yang cocok dengan bentuk wajah, berikut Popmama.com berikan informasi mengenai cara menentukan bentuk wajah sekaligus memilih model rambut yang sesuai bentuk wajah.

1. Cara menentukan bentuk wajah

1. Cara menentukan bentuk wajah
howtowearfashion.com

Setiap orang memiliki bentuk wajah yang berbeda. Bentuk wajah dikategorikan menjadi enam bentuk, yakni oval, panjang, bentuk wajah persegi, bulat, diamond atau wajik, dan berbentuk hati.

Mama bisa mengenali bentuk atau tipe wajah dengan berkaca di depan cermin dalam ruangan yang dilengkapi dengan penerangan yang baik.

Kemudian, ikat seluruh rambut ke arah belakang atau gunakan headband sehingga mempertegas bentuk wajah Mama. Setelah itu, tentukan bagian wajah mana yang paling lebar.

Jika bentuk wajah yang terlebar adalah di tulang pipi biasanya memiliki bentuk wajah yang bundar. Jika bagian rahang adalah yang terluas dari wajah, berarti Mama memiliki bentuk wajah persegi.

Sebaliknya, bagi Mama yang memiliki dahi lebih lebar cenderung memiliki bentuk wajah yang oval.

Namun, Mama juga perlu melihat panjang wajah. Wajah yang lebih pendek menunjukkan bentuk wajah bulat sedangkan wajah yang lebih panjang merupakan tanda bahwa Mama memiliki bentuk oval.

Kalau Mama kurang begitu yakin, biasanya dapat ditentukan oleh rahang karena garis rahang yang kuat biasanya berarti bentuk wajah persegi. Sebagai perbandingan, rahang runcing berarti Mama memiliki wajah berbentuk hati.

Jika masih ragu, Mama dapat meminta bantuan orang lain atau anggota keluarga di rumah untuk melihat bagian wajah mana yang lebar dan panjang bersamaan dengan bentuk rahang Mama.

2. Bentuk wajah bulat

2. Bentuk wajah bulat
shorthaircutsstyles.com

Bentuk wajah bulat atau round face cukup sering ditemui dan memiliki ciri-ciri yang cenderung mudah dikenali. Salah satu ciri paling menonjol dari pemilik wajah bulat adalah ukuran panjang dan lebar wajah cenderung sama.

Kelebihan yang dimiliki para perempuan yang memiliki wajah bulat adalah kesan baby face yang menggemaskan. Contohnya, beberapa public figure dunia seperti Chrissy Teigen, Selena Gomez dan Kirsten Dunst. Mereka dianugerahi bentuk wajah bulat baby face dan seolah tidak pernah terlihat tua.

Tak sedikit juga perempuan yang memiliki wajah bulat ingin wajahnya terlihat lebih tirus atau ramping melalui pilihan model rambut.

Trik sederhana yang umumnya digunakan adalah dengan menyisakan sedikit bagian rambut agar terurai di samping wajah. Model rambut ini cukup efektif untuk menampilkan kesan ramping pada wajah bulat.

Salah satu model rambut yang bisa Mama coba adalah potongan long bob. Biarkan rambut bob dengan panjang melewati bahu tetap tergerai untuk menutupi bentuk pipi yang cenderung lebar.

Gaya rambut sangat pendek seperti short pixie cut juga bisa Mama coba. Imbangi dengan penggunaan side pony agar wajah terlihat lebih tirus. Pemilik wajah bulat sebaiknya menghindari model rambut belah tengah karena akan membuat wajah tampak lebih bulat.

Editors' Picks

3. Bentuk wajah persegi

3. Bentuk wajah persegi
pinterest.com

Ciri-ciri paling menonjol dari bentuk wajah persegi atau kotak (square) bisa dilihat dari struktur rahang yang membentuk seperti sudut. Umumnya bagian dahi, tulang pipi, dan rahang pada pemilik wajah persegi juga tampak memiliki lebar yang relatif sama.

Beberapa pemilik wajah persegi sering merasa tidak percaya diri karena memiliki struktur rahang yang cenderung lebar.

Padahal, selama bisa memilih model rambut yang tepat, maka bentuk wajah persegi justru bisa menjadi keunikan sendiri pada penampilannya. Selebriti dunia, seperti Hailey Baldwin dan Keira Knightley adalah contoh selebriti yang memiliki bentuk wajah persegi.

Pemilik bentuk wajah persegi disarankan memilih model rambut yang dapat menonjolkan tampilan rahang karena rahang tegas merupakan nilai keunggulan dan dapat menjadi highlight point bagi penampilannya.

Untuk menampilkan bentuk rahang yang tegas, Mama bisa mencoba model rambut, yaitu short bob atau potongan bob pendek dengan poni rata. Bagi Mama yang berambut panjang, memilih model rambut tanpa poni bisa dijadikan pilihan karena akan membuat struktur wajah terlihat tegas dan menawan.

Di sisi lain, pemilik wajah persegi disarankan menghindari model rambut curly karena bisa membuat wajah tampak semakin lebar.

4. Bentuk wajah panjang

4. Bentuk wajah panjang
prettydesigns.com

Bentuk wajah panjang atau long-shaped juga sering ditemui dan cukup mudah dibedakan dari bentuk wajah lainnya karena memiliki ciri-ciri yang mudah terlihat.

Ciri utama pemilik wajah panjang, yakni memiliki bagian dagu yang cenderung lebih panjang dari orang kebanyakan. Selain itu, struktur dahi pada pemilik wajah panjang juga tampak simetris. Sarah Jessica Parker adalah salah satu selebriti dunia yang memiliki bentuk wajah ini.

Apabila Mama mempunyai bentuk wajah panjang, maka model rambut yang cocok digunakan adalah yang bisa menampilkan kesan wajah lebih lebar sehingga proporsi panjang dan lebarnya tidak terlalu timpang.

Salah satu model rambut yang bisa digunakan, seperti loose curls atau loose wave, yaitu tatanan rambut keriting atau gelombang tipis. Satu hal yang perlu Mama ingat adalah sebaiknya tidak membiarkan rambut tumbuh terlalu panjang karena akan membuat proporsi wajah semakin tampak kurang seimbang.

5. Bentuk wajah oval

5. Bentuk wajah oval
hairstyletwist.com

Wajah oval memiliki ukuran panjang wajah atas ke bawah lebih panjang daripada ukuran lebar wajah ke samping. Jika diperhatikan dengan cermat, wajah dengan struktur seperti ini akan membentuk pola oval jika ditarik garis dari atas ke bawah.

Ukuran dan bentuk garis rambut dahi pada pemilik wajah oval juga tidak akan jauh berbeda dengan ukuran dan bentuk rahangnya. Beberapa public figure yang memiliki tipe wajah ini, yaitu Taylor Swift, Jessica Alba, Bella Hadid dan Rihanna.

Mama cukup beruntung jika memiliki bentuk wajah oval karena bentuk wajah ini tergolong simetris dan proporsional sehingga cocok dengan tampilan berbagai model rambut. Mama juga tidak perlu khawatir jika ingin mencoba model rambut unik, seperti model rambut perempuan Korea yang kini menjadi tren.

Apabila Mama memiliki rambut pendek, cobalah model rambut blunt bob atau bob pendek sebahu dengan potongan bagian bawah yang rata. Namun, jika mempunyai rambut panjang, model rambut side-swept bangs alias poni samping bisa jadi pilihan yang cocok.

Meskipun pemilik wajah oval bisa leluasa memilih model rambut tetapi sebaiknya hindari menggunakan poni depan yang terlalu panjang karena akan membuat wajah terlihat pendek.

6. Wajah berbentuk hati

6. Wajah berbentuk hati
workingmother.com
Reese Witherspoon memiliki kejutan menarik melalui koleksi produk fashion terbarunya.

Wajah berbentuk hati (heart-shaped) bisa dibilang cukup unik dan tidak terlalu banyak orang yang memilikinya. Wajah berbentuk hati merupakan bentuk wajah yang jika ditarik sebuah garis imajiner akan menghasilkan bentuk menyerupai hati.

Ciri yang bisa menunjukkan bahwa Mama adalah adanya garis rambut yang berada di dahi bagian samping sehingga memberikan kesan area dahi yang lebih luas. Selain itu, tulang pipi pada bentuk wajah ini cenderung menonjol dan bagian dagunya runcing menyerupai bagian bawah ikon hati yang juga meruncing.

Beberapa selebriti ternama yang mempunyai bentuk wajah hati adalah Reese Witherspoon, Tyra Banks, dan Kourtney Kardashian.

Jika Mama memiliki wajah berbentuk hati, maka bisa menonjolkan kesan runcing wajah bagian bawah atau membuatnya tampak seimbang dengan membuat wajah bagian bawah terkesan lebih lebar.

Apabila ingin membuat bentuk runcing dagu tampak menonjol, Mama bisa menarik rambut ke atas dan membentuk gaya rambut perempuan high-top knot atau cepol rambut di atas kepala.

Jika ingin lebih memilih menyeimbangkan porsi wajah agar tidak terlihat terlalu runcing, model rambut dengan tatanan terurai ke depan akan sangat berguna. Sebaiknya hindari juga memilih model rambut dengan poni tipis.

7. Wajah berbentuk diamond

7. Wajah berbentuk diamond
popsugar.com

Pemilik bentuk wajah diamond atau wajik dikenal imemiliki tulang pipi yang menjadi bagian terluas dari wajah. Selain itu, bagian dahi dan garis rahang juga menyempit.

Dagu lancip dan tulang pipi yang tinggi juga merupakan ciri dari bentuk wajah ini. Jika ditarik garis dari ujung rambut, pipi, dan dagu, maka bentuknya akan mirip dengan diamond.

Perbedaan bentuk wajah diamond dan heart adalah garis rambut pada diamond cenderung lebih sempit. Beberapa public figure yang memiliki bentuk wajah ini, yaitu Cara Delevingne dan Vanessa Hudgens.

Model rambut yang cocok untuk Mama yang memiliki bentuk wajah seperti ini disarankan untuk membuat tekstur rambut yang ikal dengan tekstur gelombang yang menonjol sehingga area dagu tidak telihat semakin runcing.

Nah, itulah ciri-ciri beberapa bentuk wajah sekaligus cara memilih model rambut yang sesuai bentuk wajah. Setelah mengenali bentuk wajah, kini Mama punya gambaran lebih jelas dalam memilih model rambut yang cocok dan sesuai dengan preferensi.

Namun, setelah memilih model rambut yang cocok dengan bentuk wajah, jangan lupa juga untuk rutin merawat rambut agar tetap terlihat cantik dan juga sehat.

Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ya, Ma!

BacaJuga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.