Kaum Hawa, 5 Jenis Perawatan Kecantikan Ini Dilarang oleh Agama Islam

Jika kamu masih melakukan salah satunya, lebih baik hentikan dari sekarang, ya!

15 Oktober 2020

Kaum Hawa, 5 Jenis Perawatan Kecantikan Ini Dilarang oleh Agama Islam
Pexels/walking photographer

Memiliki wajah yang menarik dan tubuh yang mulus merupakan dambaan bagi setiap perempuan, tak terkecuali bagi para muslimah. Maka dari itu, tak heran jika para perempuan sangat memperhatikan perawatan kecantikannya, mulai dari kaki hingga ujung rambut.

Meski begitu, sayangnya beberapa jenis perawatan yang ditawarkan pada perempuan muslim, tidak semuanya halal. Para perempuan, khususnya muslimah harus berhati-hati dalam memilih jenis perawatan kecantikan agar tidak terjebak ke dalam dosa.

Nah, agar tak salah langkah, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa produk dan jasa perawatan kecantikan yang sebaiknya tidak dilakukan oleh perempuan muslimah karena hukumnya haram.

Perhatikan dan catat baik-baik, ya!

1. Menyambung rambut dan tanam bulu mata

1. Menyambung rambut tanam bulu mata
Freepik/Studiomay

Sudah dijelaskan dalam Hadist Rasulullah, SAW bahwasannya umat muslim memang tidak diperbolehkan menyambung rambut. Laknat Allah untuk mereka yang menyambung rambut.

Hal ini berkaitan dengan Hadist yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, r.a., yang berbunyi:

"Allah SWT melaknat perempuan yang menyambung rambut dan meminta untuk disambung rambutnya,"

(Hadist Riwayat Bukhari)

Banyak perempuan yang mungkin tidak menyadari hal ini hingga masih melakukannya. Namun, setelah mengetahuinya, usahakan agar kamu mulai melepas jenis perawatan tersebut.

Lebih baik, rawatlah rambut dan bulu matamu dengan bahan alami agar lebih indah dan lebat.

Editors' Picks

2. Mewarnai rambut dengan warna hitam

2. Mewarnai rambut warna hitam
Freepik/ jcomp

Mengecat atau mewarnai rambut dengan warna hitam itu tidak dianjurkan oleh Islam, baik untuk laki-laki maupun perempuan. Jika rambut telah beruban, maka tidak diperbolehkan diwarnai dengan warnah hitam.

Namun, kamu masih boleh mewarnai rambut dengan warna lain, kecuali warna hitam. Dilarangnya mewarnai rambut ini terdapat di salah satu Hadist Nabi Muhammad SAW, yang berbunyi: 

"Ubahlah uban ini dengan sesuatu, tapi hindarilah warna hitam,"

(Hadist Riwayat Muslim)

3. Merenggangkan atau meruncingkan gigi demi kecantikan

3. Merenggangkan atau meruncingkan gigi demi kecantikan
toothstars.co.uk

Sama seperti menyambung rambut dan menanam bulu mata, merenggangkan atau meruncingkan gigi juga dilarang oleh agama islam karena dianggap mengubah ciptaan Allah SWT. Perawatan ini hanya boleh dilakukan jika tujuannya untuk kesehatan.

Misalnya, merenggangkan gigi karena banyak makanan yang suka terselip dan membuat gigi bolong. Namun, kamu dilarang merenggangkan atau meruncingkan gigi jika tujuannya hanya untuk mempercantik diri.

Shohih Sunan An-Nasa'l dari hadits Abdullah bin Mas'ud berkata: 

"Rasulullah melaknat orang-orang yang memasang tato, menajamkan giginya, mencabut alis matanya, dan yang mengubah ciptaan Allah,"

(Hadist Riwayat An-Nasa'l 5253 dan dishohikan oleh Syaikh al-Albani dalam shohih Sunan An-Nasa'i)

4. Mencukur atau mencabut alis

4. Mencukur atau mencabut alis
eyebrowbytejal.com

Banyak perempuan yang belum tahu mengenai hukum mencukur alis di dalam Islam. Pada dasarnya di dalam islam, perempuan memang tidak diperbolehkan mencukur alis. N

amun sayangnya masih banyak perempuan muslimah yang belum menyadari hal ini, sehingga mereka masih mencukur alis dan membentuknya agar bisa terlihat lebih menarik dengan alis buatan.

Hukum tersebut juga telah diungkapkan oleh Nabi Muhammad SAW:

"Nabi shallallahu ‘alaihiwasallam melaknat perempuan yang mehilangkan bulu alis dan yang meminta dihilangkan bulu alisnya,"

(Hadist Riwayat Abu Dawud dan diriwayatkan HR Bukhari & Muslim)

5. Memakai produk kecantikan yang haram

5. Memakai produk kecantikan haram
Freepik/free picture

Banyaknya produk kecantikan yang tersebar saat ini membuat banyak perempuan kesulitan untuk mengetahui asal muasal produk tersebut. Oleh karena itu, para muslimah harus sangat berhati-hati dalam memilih produk kecantikan.

Pilih yang sudah memiliki logo dan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Dengan begitu, makeup pun akan aman ketika dikenakan saat salat.

Nah, itulah kelima jenis perawatan kecantikan yang dilarang oleh agama Islam. Semoga bermanfaat dan kamu pun bisa mulai mengurangi jenis perawatan seperti di atas.

Mulailah cintai diri sendiri apa adanya, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.