5 Kesalahan Mengaplikasikan Skincare Malam yang Bikin Wajah Rusak!

Pernah melakukan kelima hal ini? Jangan lakukan lagi, ya!

17 September 2020

5 Kesalahan Mengaplikasikan Skincare Malam Bikin Wajah Rusak
Freepik/Racool_studio

Mengaplikasikan skin care tentu kini telah menjadi rutinitas wajib bagi banyak orang. Mulai dari penggunaan produk paling sederhana seperti sabun pencuci muka, hingga rangkaian tahapan perawatan kulit yang jumlahnya berlapis-lapis.

Namun sayang, kerap kali kita sering luput dan melakukan beberapa kesalahan skincare night routine. Alhasil, khasiat dari penggunaan skincare malam hari pun tidak maksimal, bahkan dapat merusak wajah!

Lantas, bagaimana cara mengaplikasikan skincare malam dengan tepat? Melansir dari laman Glamour, berikut Popmama.com telah merangkum 5 hal yang perlu kamu perhatikan!

1. Jangan mengaplikasikan day cream di malam hari 

1. Jangan mengaplikasikan day cream malam hari 
Freepik/cookie_studio

Mengaplikasikan day cream atau pelembab yang dilengkapi dengan kandungan tabir surya di siang hari, memang banyak manfaatnya. Meski bermanfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, sayangnya hal tersebut tidak diperlukan saat malam hari.

Mengaplikasikan day cream pada malam hari, justru dapat membuat regenerasi kulit tidak dapat berjalan sempurna.

Perlu diketahui, pada malam hari kulit mu akan memperbaiki dirinya sendiri sehingga skincare yang lebih dibutuhkan adalah night cream dengan tekstur krim yang lebih ringan.

Dengan begitu, pori-pori kulit pun dapat bernapas dan membuat proses regenerasi kulit berjalan dengan baik. 

Editors' Picks

2. Tidak mengaplikasikan retinoid di malam hari

2. Tidak mengaplikasikan retinoid malam hari
Freepik

Jika siang hari proses penuaan dini dapat dihambat dengan menggunakan sunblock, maka di malam hari kamu dapat memanfaatkan retinoid untuk menangkal penuaan dini.

Selama kamu sedang tidak mengandung dan menyusui, pemakaian retinoid secara berkala aman digunakan dan secara aktif dapat menjaga kulit dari kerutan halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya.  

3. Terlalu sering mengeksfoliasi wajah 

3. Terlalu sering mengeksfoliasi wajah 
Freepik/user18526052

Rutin menyingkirkan sel kulit mati dengan eksfoliasi wajah memang dapat membantu kulit terlihat glowing. Namun idealnya, kamu hanya perlu menggunakan scrub wajah untuk eksfoliasi sekali atau dua kali seminggu saja, terutama jika usia mu sudah melewati 20-an.

Bukan tanpa alasan, kulit di usia 20 tahun ke atas sudah mulai kehilangan elastisitasnya, sehingga proses eksfoliasi terlalu sering dapat memperburuk kulit.

4. Tidak melakukan pijat wajah

4. Tidak melakukan pijat wajah
Freepik/free picture

Memijat perlahan pada bagian wajah tidak membutuhkan waktu lama, bukan? Namun masih banyak saja yang tidak melakukannya. Kesalahan ini bisa membuat wajah mu muncul keriput lebih cepat.

Oleh karena itu, usahakanlah untuk memijat bagian wajah perlahan khususnya di area bawah mata sebelum tidur. 

5. Tidak mengikat rambut saat tidur

5. Tidak mengikat rambut saat tidur
Freepik/drobotdean

Mengikat rambut saat tidur memang tidak dianjurkan, namun jika kamu memiliki masalah pada wajah seperti jerawat, maka kamu harus melakukannya.

Hai ini akan menjaga minyak dari rambut agar tidak mengenai bagian wajah yang dapat menyumbat pori-pori. Namun, pastikan untuk mengikatnya secara longgar untuk mencegah kerapuhan pada helai rambut.

Nah, itulah kelima kesalahan yang umum dilakukan saat mengaplikasikan skincare malam. Jika kamu pernah melakukan salah satuya, sekarang jangan dilakukan lagi, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.