TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Jangan Dibuang! Ini 5 Manfaat Biji Mangga yang Perlu Kamu Tahu

Lima manfaat biji mangga yang jarang disadari.

6 Oktober 2022

Jangan Dibuang Ini 5 Manfaat Biji Mangga Perlu Kamu Tahu
freepik.com

Terkadang banyak orang saat memotong buah mangga, membuang bijinya karena tidak penting. Padahal, biji mangga tidak perlu kamu buang, sebab ada banyak manfaat yang bisa untuk kesehatan tubuh.

Bahkan, biji mangga telah digunakan dalam banyak pengobatan sejak zaman kuno. Bubuk biji mangga, mentega, dan minyak adalah beberapa cara paling umum untuk memanfaatkan khasiat terapeutiknya.

Terkait biji mangga, Popmama.com kali ini merangkumnya dari berbagai sumber. Simak lima manfaat biji mangga di bawah ini.

1. Biji mangga memiliki protein yang lengkap

1. Biji mangga memiliki protein lengkap
Pexels.com/pixabay

Menurut Ahli Diet Kajal Wattamar, serta Pendiri Healthy Steady Go Bushra Qureshi, tanpa disadari ternyata biji mangga justru memiliki protein yang lengkap.

“Biji mangga memiliki kandungan protein yang rendah. Tetapi pada saat yang sama, mengandung sebagian besar asam amino esensial, dengan nilai tertinggi leusin, valin, dan lisin yang menjadikan protein lengkap,” ungkap Qureshi.

Editors' Picks

2. Kaya akan antioksidan

2. Kaya akan antioksidan
Pexels/ron-lach

Biji mangga terbukti memiliki sumber polifenol, pitosetrol, sitosterol, dan tokoferol. Selain itu, biji mangga dapat digunakan sebagai bahan potensial untuk pangan.

Karena memiliki potensial bahan pangan, biji mangga juga memiliki senyawa antimikroba, serta protein tinggi dan antioksidan tinggi. Beberapa penelitian eksperimental bahkan menggunakan tepung biji mangga untuk berbagai resep makanan.

3. Memiliki sumber lemak yang baik

3. Memiliki sumber lemak baik
Freepik/senivpetro

Biji mangga memiliki profil lipid yang kaya akan asam lemak tak jenuh, serta bebas dari asam lemak trans. Lemak ini memiliki karakteristik fisik dan juga kimia. Penelitian eksperimental bahkan telah menggunakan biji mangga ini sebagai minyak ekstrak.

4. Biji mangga punya antibiotik alami

4. Biji mangga pu antibiotik alami
unsplash.com/@bombaybecky2019

Tanpa disadari, ternyata biji mangga memiliki potensi antibiotik alami serta antijamur alami. Tidak hanya itu, biji ini juga dapat mengatasi tantangan keracunan makanan, serta infeksi yang menyebabkan mikroorganisme patogen dalam makanan.

5. Mampu melancarkan pencernaan

5. Mampu melancarkan pencernaan
Unsplash/triplemdesignz

Punya sumber antibakteri serta kandungan seratnya, biji mangga terbukti dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan seratnya juga ampuh menurunkan berat badan bila dikonsumsis dalam jumlah yang cukup.

Di sisi lain, jarang disadari banyak juga biji mangga digunakan untuk minyak rambut sebagai pelembab.

Berikut lima manfaat biji mangga bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk