4 Doa Nabi Ibrahim dan Artinya yang Perlu Kamu Ketahui Hikmahnya

Ketahui hikmahnya dari doa Nabi Ibrahim

5 Desember 2021

4 Doa Nabi Ibrahim Arti Perlu Kamu Ketahui Hikmahnya
Freepik/rawpixel.com

Nabi Ibrahim dikenal sebagai bapak para Nabi yang memiliki jiwa ketauhidan tinggi. Perilaku beliau dikenal terpuji, sabar, serta tahan terhadap berbagai ujian yang diberikan oleh Allah SWT.

Salah satu perilaku beliau yang patut diteladani oleh para muslim saat ini adalah cara berdoa. Setidaknya ada empat doa Nabi Ibrahim yang bisa kamu amalkan untuk mendapatkan manfaat beserta hikmahnya. 

Berikut Popmama.com bacaan keempat doa Nabi Ibrahim yang perlu kamu hafalkan:

1. Doa Nabi Ibrahim untuk meminta keturunan yang sholeh

1. Doa Nabi Ibrahim meminta keturunan sholeh
Pixabay/15329403

Doa untuk meminta keturunan yang sholeh ada di Kitab Suci Al Quran. Saat itu, Nabi Ibrahim berdoa kepada Allah SWT agar bisa dikaruniai seorang anak yang sholeh.

Selain meminta anak yang sholeh, doa Nabi Ibrahim tersebut juga menjadi doa bagi anaknya kelak agar ia bisa menjadi manusia yang memiliki perilaku dan sikap terpuji. 

Doa yang beliau panjatkan ketika meminta keturunan yang sholeh yaitu:

“Rabbi hab li minas-saalihiin.” 

artinya: “Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang shaleh.” (QS As-Shaffat: 100).

2. Doa Nabi Ibrahim agar keturunannya rajin mengerjakan sholat

2. Doa Nabi Ibrahim agar keturunan rajin mengerjakan sholat
Freepik/Jcomp

Setelah berdoa untuk mendapatkan keturanan yang sholeh, Nabi Ibrahim berdoa agar anaknya rajin mengerjakan sholat. Pasalnya sholat merupakan tiang agama yang sangat penting bagi hidup manusia di akhirat.

Nabi Ibrahim memang orang mulia yang dijanjikan surga oleh Allah SWT. Namun hal tersebut tidak menjadi jaminan jika keturunannya juga akan mendapatkan surga.

Bacaan doa yang diucapkan Nabi Ibrahim ketika memohon agar keturunannya sholeh dan rajin mengerjakan sholat yaitu:

“Rabbij’alni muqimas-salati wa min żurriyyati rabbana wa taqabbal du’a. Rabbanagfir li wa liwālidayya wa lil-mu`minina yauma yaqumul-hisāb.” 

artinya: “Ya tuhanku, jadikanlah aku sebagai orang yang mendirikan shalat dan juga keturunanku. Ya Tuhanku, terimalah doaku. Ya Tuhan kami, ampunilah aku, kedua orang tuaku dan orang-orang mukmin di hari perhitungan.” (QS Ibrahim: 40-41).

3. Doa Nabi Ibrahim supaya negeri aman

3. Doa Nabi Ibrahim supaya negeri aman
Pexels/Thirdman

Nabi Ibrahim tidak hanya memikirkan keluarga dan keturunannya saja. Beliau juga memikirkan negeri yang ditinggalinya.

Negeri aman dan makmur merupakan negeri idaman semua umat manusia. Nabi Ibrahim selalu berdoa agar negerinya aman serta makmur.

Apabila negeri makmur dan aman, umat muslim juga bisa beribadah dengan tenang. Adapun bacaan doa untuk meminta negeri yang aman dan makmur yaitu sebagai berikut:

“Wa iz qāla ibrāhimu rabbij’al hāzā baladan āminaw warzuq ahlahu minas-samarāti man āmana min-hum billāhi wal-yaumil-ākhir.” 

artinya: “Dan ingatlah ketika Nabi Ibrahim berdoa ‘Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini negeri yang aman dan limpahkanlah penduduknya rezeki dari buah-buahan, yakni orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari akhir di antara mereka’.” (QS.Al-Baqarah: 126).

Editors' Picks

4. Doa Nabi Ibrahim agar amal kebaikan yang dilakukan diterima oleh Allah SWT

4. Doa Nabi Ibrahim agar amal kebaikan dilakukan diterima oleh Allah SWT
Pexels/RODNAE Production

Doa Nabi Ibrahim satu ini beliau panjatkan ketika membangun Baitullah bersama Nabi Ismail. Nabi Ibrahim berdoa agar segala perbuatan terpuji, amal baik, serta berbagai aktivitas amal ibadah yang telah dilakukan diterima dan memperoleh ganjaran dari Allah SWT.

Semua orang pasti mengharapkan ganjaran dari Allah SWT. Kamu yang ingin mendapatkan bisa membaca doa Nabi Ibrahim ini setelah selesai sholat.

Bacaan doanya yaitu:

“Rabbana taqabbal minna innaka ‘antas sami’ul ‘alim.” 

artinya: “Ya Tuhan kami terimalah amal dari kami, sesungguhnya Engkau-lah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS Al-Baqarah: 127).

Hikmah Doa Nabi Ibrahim

Hikmah Doa Nabi Ibrahim
Popmama.com/Novy Agrina

Setiap doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim mengandung hikmah yang bisa kita petik dan pelajari. Sebagai nabi yang memiliki ketauhidan tinggi, Nabi Ibrahim memberikan contoh dengan begitu sempurna.

Adapun contoh-contoh yang bisa kita teladani yaitu sebagai berikut:

1. Nabi Ibrahim meminta keturunan yang shaleh kepada Allah SWT

1. Nabi Ibrahim meminta keturunan shaleh kepada Allah SWT
Pixabay/SvenjaBehnisch

Semua pasangan pasti menginginkan keturunan, begitu pula Nabi Ibrahim dan istrinya. Ketika beliau mengharapkan keturunan, Nabi Ibrahim berdoa dengan kesungguhan hati kepada Allah SWT.

Beliau meminta agar mendapatkan keturunan yang sholeh dan sholehah. Arti dari sholeh sendiri adalah pantas dalam berbagai hal.

Sebagai contoh yaitu memiliki perilaku terpuji, selalu bersikap sopan, menjaga ucapan, dan lain sebagainya. Selain itu, pantas juga berhubungan dengan kelayakan secara ilmu dan juga ekonomi.

2. Nabi Ibrahim selalu menyertakan keturunannya dalam setiap doa-doanya

2. Nabi Ibrahim selalu menyertakan keturunan dalam setiap doa-doanya
Pexels/RODNAE Production

Dua dari empat doa Nabi Ibrahim di atas berhubungan dengan keturunannya. Itu berarti beliau sangat memperhatikan keselamatan keturunannya kelak.

Pasalnya apa yang didapatkan oleh Nabi Ibrahim belum tentu didapatkan oleh anaknya. Doa tersebut bertujuan agar nikmat dan keselamatan yang didapatkan oleh Nabi Ibrahim bisa didapatkan anak-anak keturunanya.

Apabila keturuannya menjadi anak yang sholeh dan rajin salat maka mereka bisa mendapatkan nikmat atas seizin Allah SWT.

3. Nabi Ibrahim tidak lupa mendoakan negerinya

3. Nabi Ibrahim tidak lupa mendoakan negerinya
Unsplash/Visual Karsa

Meskipun selalu mendoakan keselamatan anak-anak maupun keluarganya, Nabi Ibrahim tetap tidak lupa untuk mendoakan negeri yang beliau tinggali. Negeri yang beliau tinggali adalah negeri tempat beliau beribadah dan menyebarkan agama Islam.

Nabi Ibrahim berdoa agar negerinya selalu aman, tenteram, makmur, dan lain sebagainya. Kebaikan negeri yang didoakan tersebut diharapkan bisa dinikmati tidak hanya oleh beliau dan keluarganya namun juga oleh semua orang yang tinggal di dalamnya.

4. Nabi Ibrahim meminta ampunan bagi dirinya, orangtua, maupun sesama mukminin

4. Nabi Ibrahim meminta ampunan bagi dirinya, orangtua, maupun sesama mukminin
Freepik/rawpixel.com

Doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim juga berarti meminta ampunan dari Allah SWT di Hari Akhir. Beliau meminta ampunan untuk dirinya sendiri, orangtuanya, serta semua kaum mukminin yang beriman kepada Allah SWT.

Doa tersebut merupakan doa yang sangat didambakan para mukmin. Pasalnya Allah SWT tidak pernah menolak doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim.

Itulah pembahasan mengenai doa Nabi Ibrahim. Mari mengamalkannya setiap hari agar kita bisa mendapatkan manfaat dan hikmahnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.