5 Macam Bentuk Vagina Berdasarkan Tampilannya

Tak cuma rahim, bentuk vagina juga bermacam-macam lho

22 September 2018

5 Macam Bentuk Vagina Berdasarkan Tampilannya
Pexels/Pixabay

Masing-masing perempuan memiliki bentuk rahim yang berbeda-beda. Tapi nyatanya bukan cuma itu, bentuk vagina pun bermacam-macam, Ma!

Ya, bentuk dari organ intim perempuan ini juga tak selalu sama. Namun meski demikian, tidak ada bentuk vagina ideal alias paling benar kok, Ma.

Selama dalam kondisi bersih, terawat dan sehat, apapun bentuknya tidak akan memengaruhi fungsi utamanya sebagai organ reproduksi.

Nah, seperti apa saja ya bentuk vagina tersebut?

Berikut rangkuman informasinya untuk Mama, seperti dilansir dari laman The Sun:

1. Ms. Barbie

1. Ms. Barbie
The Sun/Kylah Benes-Trapp

Bentuk vagina dengan sebutan Ms. Barbie adalah bentuk yang paling langka. Disebut dengan nama tersebut karena dianggap menarik dan mirip seperti vagina pada boneka Barbie.

Pada bentuk vagina ini, bagian labia minora tersembunyi rapat di dalam labia mayora. Maka dari itu, dari luar labia minora ini sama sekali tidak akan terlihat dan hanya tampak seperti huruf V.

Meski sering disebut-sebut sebagai bentuk vagina ideal, nyatanya tidak banyak perempuan yang memiliki bentuk vagina seperti ini.

2. Ms. Puffs

2. Ms. Puffs
The Sun/Kylah Benes-Trapp

Bentuk vagina Ms. Puffs mirip seperti Ms. Barbie, hanya saja labia mayoranya lebih panjang. Maka dari itu, bentuknya pun terlihat longgar dan menutupi labia minora.

Tak perlu khawatir, Ma. Bentuk vagina yang seperti ini bukan terjadi karena adanya masalah pada organ reproduksi Mama, kok.

Adanya perpanjangan dari labia mayora ini biasanya disebabkan oleh faktor usia dan berat badan. Selain itu, faktor stres berlebihan juga turut memengaruhi.

Editors' Picks

3. Ms. Curtains

3. Ms. Curtains
The Sun/Kylah Benes-Trapp

Ini adalah bentuk vagina yang paling banyak dimiliki oleh perempuan. Tidak seperti bentuk vagina Ms. Barbie dan Ms. Puffs yang labia minoranya tidak terlihat, pada bentuk vagina Ms. Curtains, labia minora akan terlihat sedikit dari luar.

Ya, pada bentuk ini labia minoranya tampak lebih panjang sehingga muncul di balik labia mayora.

Pada sebagian perempuan dengan bentuk vagina Ms. Curtains, seringkali antara labia mayora dan labia minoranya tidak simetris.

4. Ms. Horseshoe

4. Ms. Horseshoe
The Sun/Kylah Benes-Trapp

Mirip seperti artinya yakni sepatu kuda, bentuk vagina Ms. Horseshoe memiliki bentuk dimana labia minoranya sedikit terlihat namun tertutup dengan labia mayora yang panjang.

Perpanjangan sisi samping labia mayora yang menutupi ini dari luar sekilas akan tampak seperti sepatu kuda, Ma.

Bentuk vagina Mr. Horseshoe mirip seperti Ms. Curtains, hanya saja bagian labia mayoranya sedikit lebih panjang.

5. Ms. Tulip

5. Ms. Tulip
The Sun/Kylah Benes-Trapp

Seperti bunga tulip yang sedang mekar, bentuk vagina Ms. Tulip memiliki bentuk di mana labia minoranya muncul di luar labia mayora.

Bedanya dengan bentuk vagina Ms. Curtains, pada bagian dalam labia minora bentuk vagina Ms. Tulip umumnya lebih tertutup dan tidak terlalu menonjol keluar.

Labia mayora pada bentuk vagina Ms. Tulip juga lebih rapi menutup dengan bentuk yang simetris dan agak panjang. Sementara pada bentuk vagina Ms. Curtains, labia mayoranya lebih tipis dan pendek.

Meski memiliki bentuk vagina yang mungkin berbeda-beda, tidak ada perbedaan siginifikan tentang bagaimana cara merawat organ intim ini kok, Ma.

Agar kesehatan vagina tetap terjaga, ada beberapa cara yang bisa Mama lakukan, terlepas dari seperti apa bentuknya. Salah satunya dengan menghindari penggunaan sabun dengan pewangi dan bahan kimia berlebihan, karena bisa memicu iritasi.

Selain itu, saat haid pastikan Mama rutin mengganti pembalut dan tidak membuatnya lembap agar terhindari dari infeksi dan iritasi, ya. Pastikan juga Mama menggunakan celana dalam berbahan katun yang sirkulasi udaranya lebih lancar.

Yuk Ma, jaga kebersihan vagina agar terawat dan sehat saat ini juga!