8 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh

Tidak cuma enak dijadikan lalapan, daun kemangi juga banyak manfaatnya!

2 April 2019

8 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh
Pexels/Kaboompics.com

Daun kemangi selama ini biasanya hanya dimanfaatkan sebagai menu lalapan alias pelengkap saja, ya. Itupun tidak semua orang menyukainya karena daun kemangi memiliki rasa dan aroma yang khas.

Tapi tahukah Mama bahwa nyatanya daun kemangi juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh? Bahkan sebagian juga untuk kesehatan kulit, lho.

Jadi jika saat ini Mama tidak menyukai daun kemangi, tak ada salahnya mulai mencoba mengonsumsi daun kemangi demi mendapatkan manfaat sehatnya.

Nah, apa saja ya manfaat daun kemangi bagi kesehatan? Yuk simak rangkuman informasinya dari Popmama.com untuk Mama.

1. Menyehatkan organ reproduksi

1. Menyehatkan organ reproduksi
Freepik/Jcomp

Daun kemangi diketahui memiliki kandungan senyawa arginine. Senyawa ini juga kaya akan protein dan berfungsi untuk merangsang pelepasan hormon pertumbuhan yang baik bagi kesehatan organ reproduksi perempuan.

Komponen alami dalam daun kemangi juga diketahui turut berperan penting dalam proses pembentukan hormon androgen dan estrogen.

Oleh sebab itu, jika saat ini Mama sedang dalam program hamil atau sedang ingin hamil, konsumsi daun kemangi bisa dicoba dilakukan juga.

Baca juga:

2. Menjaga kesehatan jantung

2. Menjaga kesehatan jantung
Freepik/Jcomp

Selain rutin berolahraga, cara alami lain yang bisa Mama lakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi daun kemangi. Daun kemangi memiliki kandungan betakaroten, magnesium dan mineral lainnya yang baik bagi kesehatan jantung.

Tak ada salahnya Mama mulai rutin mengonsumsi daun kemangi demi menjaga kesehatan jantung.

3. Mencegah bau mulut

3. Mencegah bau mulut
Pexels/Gratisography

Seperti diketahui, daun kemangi memiliki rasa dan aroma wangi yang khas. Tak heran jika daun kemangi pun bisa bermanfaat untuk mencegah bau mulut, Ma.

Selain itu, konsumsi daun kemangi juga diyakini bisa mencegah bau badan yang bisa membuat kepercayaan diri jadi turun, lho.

Tapi apabila Mama tidak menyukai aroma daun kemangi yang terlalu menyengat dengan memakannya langsung, Mama bisa tetap mendapatkan manfaat ini dari membuat air perasan daun kemangi.

Cara membuatnya, rendam daun kemangi dan peras airnya saja. Setelah itu, campur sedikit dengan kunyit dan daun beluntas. Minumlah campuran air daun kemangi ini secara rutin unutk mencegah bau mulut dan juga bau badan.

Editors' Picks

4. Mengatasi kembung dan mag

4. Mengatasi kembung mag
Freepik

Jika perut Mama terasa begah, kembung dan tak nyaman, coba konsumsi daun kemangi untuk mengatasinya secara alami. Menurut hasil penelitian dari Purdue University menyebutkan bahwa daun kemangi memiliki manfaat untuk mengobati perut kembung, mag, rasa tidak nyaman di perut hingga masalah pencernaan lainnya.

5. Mengobati radang sendi

5. Mengobati radang sendi
Freepik/Katemangostar

Arthritis atau radang sendi seringkali membuat pengidapnya merasa tidak leluasa bergerak, dan bahkan nyeri saat bergerak. Biasanya kondisi ini terjadi akibat peradangan yang terjadi di persendian.

Nah, daun kemangi yang mengandung beta-caryophyllene diketahui dapat membantu mengatasi nyeri akibat peradangan tersebut, Ma. Senyawa ini merupakan bahan alami anti-inflamasi yang mampu meredakan nyeri di persendian akibat radang sendi.

6. Menyehatkan kulit berminyak

6. Menyehatkan kulit berminyak
Pixabay/Kjerstin_Michaela

Siapa di antara Mama yang punya masalah dengan kulit wajah berminyak? Masalah ini juga bisa diatasi dengan memanfaatkan daun kemangi.

Daun kemangi dapat dijadikan sebagai pembersih alami untuk kulit berminyak, lho. Senyawa dalam daun kemangi dapat membersihkan kulit dari kotoran penyumbat pori-pori, tanpa membuat kulit semakin berminyak.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Mama bisa membuat campuran antara daun kemangi, pasta cendana dan sedikit air mawar. Oleskan secara teratur campuran pasta tersebut pada kulit wajah dan diamkan selama 15 menit.

Komponen anti-inflamasi dan antimikroba dalam daun kemangi akan membantu menyehatkan kulit berminyak dan mencegah pembentukan jerawat.

Baca juga: Kulit Wajah Berminyak? Kenali 7 Faktor Penyebab Utamanya!

7. Mengendalikan gula darah tinggi

7. Mengendalikan gula darah tinggi
Pexels/Burst

Jika Mama punya masalah dengan gula darah tinggi dan risiko diabetes, daun kemangi juga bisa baik untuk dikonsumsi. Mengonsumsi daun kemangi diketahui dapat membuat proses pelepasan gula dalam darah menjadi lebih lambat, hal ini sangat penting bagi Mama yang punya gula darah tinggi.

Selain itu, daun kemangi juga dikenal memiliki kadar indeks glikemik yang rendah, sehingga baik dikonsumsi bagi Mama yang berisiko diabetes.

8. Menangkal radikal bebas dalam tubuh

8. Menangkal radikal bebas dalam tubuh
Freepik/Katemangostar

Daun kemangi memiliki banyak komponen antioksidan di dalamnya, sehingga mengonsumsi daun kemangi pun disebut-sebut sangat baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Efek positifnya, tubuh pun akan terasa lebih sehat dan terhindari dari proses penuaan dini sebagai efek dari sel radikal bebas.

Nah, sudah mau rutin mengonsumsi daun kemangi belum nih, Ma?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.