Pelajari 5 Gejala Leukimia yang Harus Kamu Ketahui

Ketahuilah ciri-ciri leukimia sejak dini yuk!

12 Juni 2019

Pelajari 5 Gejala Leukimia Harus Kamu Ketahui
Freepik

Sebaiknya gejala leukemia menjadi salah satu hal yang harus kamu ketahui sejak dini.

Penyakit leukimia pun selalu menjadi momok yang menakutkan bagi setiap orang. Leukemia itu sendiri adalah kanker darah dan sumsum tulang yang menyebabkan produksi abnormal sel-sel darah tertentu.

Semakin cepat mendeteksi gejala kanker maka semakin cepat pula kamu mendapatkan pengobatan.

Berikut ini 5 gejala leukemia yang sering diabaikan. Langsung simak ulasannya dari Popmama.com, yuk!

1. Memar yang berlebihan

1. Memar berlebihan
Freepik/psodaz

Ciri-ciri dari leukimia adanya memar yang tidak dapat dijelaskan, faktornya karena kekurangan trombosit.

Gejala kanker darah lainnya adalah rendahnya jumlah trombosit dalam tubuh yang mengakibatkan keterlambatan pembekuan darah, sehingga muncul ruam berwarna keunguan.

Hal tersebut biasanya disebut petechiae akibat adanya perdarahan minor di dalam kulit dan terjadi secara ekstrem di bagian kaki maupun lengan.

2. Darah sulit membeku

2. Darah sulit membeku
Freepik

Tahukah kamu? Kanker leukimia terjadi adanya sel darah putih yang belum matang sehingga mengacaukan trombosit darah di dalam tubuh.

Oleh karena itu jika seseorang terluka, maka darah yang keluar akan segera menggumpal dan aliran darah pun menjadi berhenti. 

Namun jika yang terluka dan berdarah adalah penderita leukimia, maka aliran darah akan sulit dihentikan dan darah yang keluar cenderung berwarna merah muda bukan berwarna merah seperti pada umumnya.

Editors' Picks

3. Rentan terkena infeksi

3. Rentan terkena infeksi
Freepik/torwaiphoto

Sel darah putih sangat penting bagi daya tahan tubuh yang dapat menghalangi mikroorganisme penyebab infeksi dan racun-racun berbahaya bagi tubuh.

Sayangnya pada penyakit leukemia, sel darah putihnya cenderung bersifat abnormal yang tidak sehat dan tidak berfungsi baik. Sementara sel darah putih pada orang normal yang berfungsi baik jumlahnya sangat sedikit. 

Jika hal tersebut terjadi maka menjadi salah satu gejala kamu terkena leukimia. Di mana akan melemahkan kekebalan tubuh kamu, sehingga membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi seperti diare, flu, hingga demam mencapai lebih dari 38º Celsius.

4. Sering anemia

4. Sering anemia
Freepik/tutatama

Gejala leukimia berikutnya adalah terjadi karena akibat rendahnya jumlah sel darah merah di dalam tubuh.

Hal itu disebabkan oleh menurunnya produksi sum-sum tulang karena lebih fokus memproduksi sel darah putih abnormal. Lalu dampaknya akan sering mengalami anemia.

Pada umumnya penderita leukimia mengalami anemia, sehingga menyebabkan jadi cepat letih, lesu, sesak napas, warna kulitnya pun cenderung berwarna pucat.

5. Nyeri sendi dan tulang

5. Nyeri sendi tulang
Freepik/sutteerug

Penyakit leukimia merupakan salah satu penyakit yang ditakuti banyak orang akan keganasannya yang bisa berdampak pada kematian.

Nah, gejala selanjutnya yang harus diperhatikan adalah seringnya merasakan nyeri pada persendian hingga mengalami demam.

Selain itu penderita leukimia juga sering merasakan nyeri di bagian perut akibat adanya pembengkakan pada bagian organ hati.

Itu dia 5 gejala penyakit leukemia yang tidak banyak orang ketahui. Biasanya sebagai tahap awal pengobatan dokter akan menanyakan gejala-gejala yang sering dialami untuk memastikan kondisi kamu ke tahap berikutnya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;