5 Pilihan Jenis Suplemen Fitness yang Bisa Dikonsumsi Perempuan

Sebaiknya kamu berkonsultasi tentang penggunaan suplemen dengan dokter, ya!

20 Oktober 2020

5 Pilihan Jenis Suplemen Fitness yang Bisa Dikonsumsi Perempuan
Freepik/cookie_studio

Selain berolahraga dengan keras untuk mendapatkan tubuh ideal, kamu pun juga bisa menjalankan program nutrisi yang sehat.

Kombinasi dari olahraga yang rutin, pola makan cukup baik, ditambah dengan konsumsi suplemen fitnes akan membuat bentuk otot menjadi sempurna.

Dilansir dari ThefitWizard, olahraga perempuan tidak jauh berbeda dengan olahraga pria. Begitu pula suplemen mereka. Suplemen olahraga memberi nutrisi yang mungkin tidak dapatkan dari hari makan biasa. 

Guna membantu meningkatkan tingkat energi di tempat gym, berikut Popmama.com berikan 5 jenis suplemen fitness yang bisa dikonsumsi perempuan :

1. BCAA untuk merangsang sintesis protein otot

1. BCAA merangsang sintesis protein otot
Freepik/diana.grytsku

Salah satu jenis suplemen fitness yang  bisa kamu konsumsi yakni BCAA.

Kegunaan BCAA yang paling populer adalah untuk meningkatkan pertumbuhan otot dan mengaktifkan jalur tertentu dalam tubuh guna merangsang sintesis protein otot.

Namun sebaiknya suplemen fitness BCAA dikonsumsi setelah selesai latihan atau fitness demi menjaga agar otot-otot tidak mengalami penyusutan.

Healthline mengatakan, dari sembilan asam amino esensial, tiga adalah asam amino rantai cabang (BCAA) yaitu leusin, isoleusin dan valin yang biasanya mengacu pada struktur kimia di dalam makanan kaya protein.

Editors' Picks

2. Creatine adalah zat alami yang terbuat dari asam amino

2. Creatine adalah zat alami terbuat dari asam amino
Freepik

Jenis suplemen fitness seperti Creatine dianggap dapat meningkatkan kekuatan, massa otot tanpa lemak dan membantu otot pulih lebih cepat selama latihan. 

Apabila kamu sering merasa cepat lelah saat sedang fitness, kamu pun bisa mengonsumsi suplemen jenis creatine ini sebelum melakukan latihan atau fitness. 

VeryWellfit menjelaskan, creatine adalah zat alami yang terbuat dari asam amino dan bahan penyusun protein. Sebanyak 95% kreatin ditemukan di otot, sisanya terletak di otak, jantung dan testis. 

Selain terjadi secara alami, suplemen ini mengandung asam amino yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat untuk memasok energi bagi otot dan mencegah kelelahan otot.

3. Fat Burner dapat menurunkan berat badan

3. Fat Burner dapat menurunkan berat badan
Freepik

Fat burner merupakan salah satu suplemen yang diklaim dapat membakar lemak dalam tubuh.

Biasanya jenis suplemen ini banyak dikonsumsi oleh individu yang ingin menurunkan berat badan atau untuk sekedar meningkatkan performa.

Dikutip dari Killcliff, ada dua waktu yang disarankan untuk mengonsumsi suplemen pembakar lemak seperti fat burner yakni sebelum sarapan dan sebelum berolahraga.

Mengonsumsi pembakar lemak tersebut setengah jam sebelum sarapan akan memberikan waktu bagi membantu mengontrol nafsu makan sepanjang hari.

Sebab cara kerja suplemen fat burner adalah dengan mengoptimalkan sistem metabolisme dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih langsing, sehat dan segar.  

4. Gainer memiliki komposisi yang lengkap

4. Gainer memiliki komposisi lengkap
Freepik/whatwolf

Biasanya sebagian perempuan terkadang menggunakan suplemen untuk membantu meningkatkan massa ototnya.

Sedangkan jenis suplemen gainer bisa membantu kamu mendapatkan kalori ekstra yang dibutuhkan guna membangun otot.

Ini karena gainer memiliki komposisi paling lengkap, yaitu protein, karbohidrat dan juga kalori yang cukup tinggi.

Menurut MedicalNewsToday, menggunakan suplemen yang mengandung protein dan karbohidrat ekstra adalah cara mudah memasukkan lebih banyak kalori ke dalam makanan.

Suplemen gainer sendiri akan memberikan asupan karbohidrat yanh membuat tubuh lebih berisi dengan bertambahnya masa otot, bukan karena timbunan lemak.

5. Protein whey yang diserap oleh tubuh dengan cepat

5. Protein whey diserap oleh tubuh cepat
Freepik/jcomp

Untuk melengkapi makanan selama fitness, cobalah menggunakan prorein whey.

Jenis suplemen ini terdiri dari berbagai asam amino esensial yang diserap oleh tubuh dengan cepat. Selain itu juga rendah kandungan laktosa dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. 

Healthifyme memaparkan, satu sendok (sekitar 32 g) bubuk protein whey rata-rata mengandung 113 kalori, memgandung kalium 160 mg dan total proteinnya 25 g. 

Suplemen fitness jenis whey yang mengandung protein hewani akan membantu proses tubuh membentuk masa otot dengan memberikan cukup asupan protein.

Itulah kelima jenis suplemen fitness yang bisa kamu konsumsi. Ketika mengonsumsinya, pastikan mengikuti dosis dan aturan yang dianjurkan.

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.