TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Tipe Orang yang Mungkin Perlu Ada di Sekitar Kamu

Yuk, ambil sisi positif dari setiap karakter terbaik yang orang miliki!

25 Juni 2022

5 Tipe Orang Mungkin Perlu Ada Sekitar Kamu
Freepik/fabrikasimf

Ini adalah kehidupan, setiap orang pasti ada saja dimana ia menghadapi masalahnya setiap hari. Sementarda mengenai hal itu, kamu harus mengakui menyelesaikannya dan melanjutkan hidup yang lebih baik. Dimana seharusnya tidak menjadi sumber kesedihan, luka dan keterpurukan.

Namun sering kali, saat melanjutkan hidup pernah menghadapi banyak hambatan yang mengalihkan dari jalan sebenarnya. Apalagi terkadang seseorang tidak memiliki potensi penuh untuk menanganinya. Maka kehadiran teman atau kerabat dengan sifat dan karakter tertentu bisa membantu kamu.

Nah, 5 tipe orang ini mungkin perlu ada di sekitar kamu. Berikut Popmama.com berikan informasi selengkapnya:

1. Authentic people cenderung membuat orang nyaman

1. Authentic people cenderung membuat orang nyaman
Freepik/lookstudio

Authentic people adalah salah satu tipe karakter seseorang yang tidak takut untuk jujur pada siapa. Kepribadian mereka biasanya tidak repot mengorbankan keseluruhan dirinya hanya untuk kenyamanan orang lain.

Apalagi mereka cenderung mengatakan sesuatu bersungguh-sungguh dengan apa yang dikatakannya. Sebagian besar dari tipe authentic people akan membuat kamu merasa nyaman dan aman di sekitarya. Jadi ketika ada orang seperti itu, maka ia perlu ada di sekitar kamu. 

Dirilis dari Mindtools.com, definisi authentic people umumnya menjalani hidup sesuai dengan nilai dan tujuan sendiri. Sederhananya, mereka bertanggung jawab atas kesalahannya. Termasuk nilai, cita-cita dan tindakan yang selaras.

Editors' Picks

2. Brutally honest people suka mengatakan yang sebenarnya

2. Brutally honest people suka mengatakan sebenarnya
Freepik/svetlanasokolova

Untuk bertahan hidup dalam menghadapi banyaknya permasalahan, maka seseorang perlu meminta umpan balik dan saran dari orang-orang berbakat. Mungkin brutally honest people adalah tipe orang yang memang kamu butuhkan kehadirannya.

Biasanya brutally honest people, ia adalah orang yang sangat jujur. Mereka cenderung berpikir bahwa apa yang mereka lihat pada orang lain merupakan kebenaran objektif. Mereka berkomunikasi secara terbuka tentang perasaanya. Bahkan tampaknya tidak takut akan penilaian atau kerentanan.

Dilansir dari Scoopwhoop, brutally honest people mengatakan kejujuran adalah kebijakan terbaik. Jika kamu termasuk orang yang percaya pada kejujuran, maka ada banyak hal positif dan negatif yang menyertainya. Daripada berbohong, dimana lebih suka mengatakan yang sebenarnya dan menghadapi konsekuensinya.

3. Good listener bisa mencerna informasi yang disampaikan

3. Good listener bisa mencerna informasi disampaikan
Freepik/drobotdean

Good listener mungkin juga salah satu tipe orang yang perlu ada di sisi kamu. Alasannya, karena ia sering kali berfokus sepenuhnya pada apa yang orang lain katakan dengan cara bijaksana dan komprehensif. Orang seperti mereka bisa mendengarkan dan membuat komitmen untuk mencerna informasi yang kamu sampaikan.

Dikutip dari Fairygodboss, menjadi pendengar yang baik berarti memusatkan perhatian pada orang yang sedang berbicara dan tidak menyela. Pendengar yang baik memainkan peran berbicara lebih pasif dalam percakapan. Tetapi mereka secara aktif terlibat menggunakan bahasa tubuh dan pertanyaan lanjutan. 

Artinya, seorang good listener sangat menghormati lawan bicaranya. Bahkan di akhir interaksi, ia dapat memberikan dukungan hingga berbagai saran. Termasuk membantu kamu tetap fokus pada hal-hal yang penting.

4. Optimistic people melihat segala sesuatu menjadi peluang

4. Optimistic people melihat segala sesuatu menjadi peluang
Freepik/benzoix

Biasanya, optimistic people akan selalu berpikir bahwa hal terbaik yang mungkin akan terjadi. Mereka sering kali berharap untuk itu, bahkan jika tidak mungkin sekalipun. Hal itu karena bagi optimistic people, ia tidak ingin memiliki kesedihan dan negatif di dalam hidupnya.

Di sisi lain, orang yang optimis selalu dalam suasana hati bahagia dan melihat segala sesuatu sebagai peluang daripada masalah. Jadi untuk memotivasi hidup di setiap situasi, optimistic people sangat berarti dan perlu ada dalam hidup kamu.

Diwartakan dari Verywellmind, optimistic people memiliki sikap mental yang ditandai dengan harapan dan keyakinan pada kesuksesan. Termasuk masa depan yang positif. Mereka mengharapkan dan memprediksi hasil yang menguntungkan.

5. The mentor bisa membentuk pengembangan karakter

5. The mentor bisa membentuk pengembangan karakter
Freepik/tirachardz

Menemukan seseorang dengan kombinasi sempurna dari sifat-sifat mentor bukanlah tugas hal mudah. Tapi seorang mentor yang baik dan menginspirasi, mereka mungkin perlu ada di dalam kehidupan kamu. Dimana seorang mentor, biasanya mereka sangat berempati dan merespon umpan balik.

Dengan begitu, kamu pun jadi punya banyak kualitas yang harus dipertimbangkan. Apalagi seorang mentor biasanya cukup berpengalaman, tepercaya dan bijaksana dalam memberikan nasihat. Termasuk bimbingan yang bisa membentuk pengembangan karakter dan realisasi.

Diinformasikan dari Indeed.com, seorang mentor memiliki karakteristik yang tepat dan sikap profesional kepada orang lain. Karakteristik penting dari seorang mentor adalah pendengar terbaik dan memberikan umpan balik yang membangun.

Nah, jadi itulah kelima tipe orang yang mungkin perlu ada di sekitar kamu. Apakah kamu menaruh minat pribadi pada mereka?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk