Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit yang Harus Dipahami

Berikut yang harus Mama pertimbangkan sebelum menggunakan kartu kredit

12 Oktober 2021

Keuntungan Kekurangan Menggunakan Kartu Kredit Harus Dipahami
Pexels.com/Karolina

Keberadaan kartu kredit saat ini merupakan solusi paling mudah yang banyak dipilih oleh masyarakat untuk melakukan pembayaran secara non tunai. Baik untuk belanja online, melakukan pinjaman uang, hingga untuk mengajukan KPR.

Berdasarkan data Bank Indonesia sebenarnya jumlah kartu kredit beredar di Indonesia cenderung menurun dan mengalami perlambatan sejak tahun 2015. 

Meski demikian, tidak dapat dipungkiri sampai saat ini masih banyak masyarakat yang memilih untuk menggunakan kartu kredit dalam bertransaksi. Untuk itu, penggunaan kartu kredit harus dilakukan dengan bijak agar tidak menimbulkan malapetaka di kemudian hari.

Untuk membantu Mama mengetahui keuntungan dan kelebihan dari menggunakan kartu kredit. Berikut Popmama.com rangkum informasinya di bawah ini.

1. Apa perbedaan dari kartu kredit dan kartu ATM (debit)?

1. Apa perbedaan dari kartu kredit kartu ATM (debit)
Pexels.com/AneteLusina

Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui apa perbedaan dan fungsi dari kartu kredit dan kartu debit. Sebenarnya, keduanya memiliki persamaan yaitu sama-sama bisa untuk melakukan transaksi non tunai.

Kartu kredit merupakan kartu pinjaman atau biasa disebut kartu utang yang berfungsi untuk meminjam uang ke bank, mencicil, membayar transaksi baik online maupun offline, hingga untuk keperluan bisnis.

Sedangkan, kartu ATM atau debit merupakan kartu pembayaran non-tunai yang diterbitkan oleh suatu bank dan mengacu pada saldo yang ada di rekening bank tersebut. Selain itu, kartu ini juga berfungsi untuk menarik tunai atau transfer uang di mesin ATM.

Editors' Picks

2. Keuntungan menggunakan kartu kredit

2. Keuntungan menggunakan kartu kredit
Pexels.com/AndreaPiacquadio

Produk kartu kredit yang ditawarkan oleh banyak bank saat ini menawarkan banyak keuntungan bagi nasabahnya dalam bertransaksi. Sehingga, tidak dapat dipungkiri kartu kredit menjadi pilihan banyak masyarakat saat ini.

Berikut adalah keuntungan menggunakan kartu kredit.

1. Bisa untuk melakukan pinjaman secara cepat dan instan

Keuntungan pertama dalam menggunakan kartu kredit adalah bisa melakukan pinjaman uang secara cepat dan instan kapanpun saat dibutuhkan. Meski demikian, tentu pinjaman ini telah disesuaikan dengan kemampuan nasabahnya dalam mencicil dan mengembalikan uang pinjaman tersebut nantinya.

2. Mempermudah dalam melakukan transaksi online maupun offline

Kelebihan lainnya adalah kartu kredit dapat mempermudah Mama dalam melakukan transaksi, baik online maupun offline. Selain itu, kartu kredit juga memungkinkan untuk kamu mendapatkan barang yang diinginkan dan membayarnya di kemudian hari.

3. Mendapatkan poin reward dan promo menarik

Selain mempermudah transaksi, menggunakan kartu kredit akan ditawarkan oleh banyak promo hingga poin reward oleh bank penerbit untuk mendapatkan cashback dan diskon.

4. Keamanan nasabah dijamin oleh bank penerbit

Kartu kredit memiliki keamanan khusus. Sehingga jika terdapat transaksi yang mencurigakan dan tidak wajar dengan kartu kredit  tersebut, maka perusahaan bank terkait akan segera melaporkan dan menutup aktivitas transaksi yang dilakukan.

5. Bisa membangun reputasi kredit melalui track record nasabah

Penggunaan kartu kredit bisa bermanfaat membangun reputasi kredit apabila digunakan sesuai dengan jatuh tempo yang disesuaikan. Hal ini akan berdampak pada pinjaman selanjutnya.

3. Kekurangan dalam penggunaan kartu kredit

3. Kekurangan dalam penggunaan kartu kredit
Pexels.com/Mikhail

Selain keuntungan, tentunya terdapat kekurangan juga dalam menggunakan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit harus dilakukan secara bijak dan penuh pertimbangan agar tidak menimbulkan malapetaka di kemudian hari yang akan merugikan kamu sendiri saat menggunakannya.

Berikut adalah kekurangan dalam penggunaan kartu kredit.

1. Memiliki syarat ketat saat proses pengajuan kartu kredit

Dalam proses mengajukan kartu kredit, terdapat persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah terlebih dahulu. Seperti persyaratan penghasilan nasabah dalam sebulan, dan sebagainya.

2. Banyak biaya tambahan yang harus dibayarkan

Selain memiliki banyak syarat, penggunaan kartu kredit juga memiliki banyak biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh nasabah. Misalnya, presentase bunga tahunan (APR), biaya layanan, dan penalti saat Mama telat membayar cicilan sebelumnya.

3. Biaya bunga yang tinggi dan mahal

Selain biaya tambahan yang disebutkan di atas, kartu kredit juga memiliki biaya bunga sesuai dengan ketentuan yang berlaku pada masing-masing perusahaan kartu kredit.

4. Memiliki denda keterlambatan yang cukup besar

Dalam melakukan pinjaman maka sangat dianjurkan untuk membayar sebelum jatuh tempo. Hal ini dilakukan karena jika nasabah telat membayar tagihan, maka ia akan terkena biaya denda keterlambatan dengan besaran rata-rata 3% dari total tagihan

5. Menimbulkan sikap gemar berutang dan perilaku konsumtif

Selain itu, penggunaan kartu kredit secara tidak bijak juga akan menimbulkan sikap gemar berutang dan perilaku konsumtif akibat kesulitan dalam mengontrol diri dalam membayar atau membeli sesuatu.

4. Bank lokal di Indonesia bersama salah satu e-commerce luncurkan kartu kredit MasterCard

4. Bank lokal Indonesia bersama salah satu e-commerce luncurkan kartu kredit MasterCard
Dok. Peluncuran Kartu Kredit BCA Blibli MasterCard

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) bersama salah satu perusahaan e-commerce lokal Blibli mengumumkan kolaborasi terbaru. Kedua perusahaan tersebut meluncurkan Kartu Kredit BCA Blibli MasterCard.

Peluncuran kartu kredit ini merupakan salah satu solusi inovatif yang dilakukan untuk mewujudkan pembayaran yang mudah dan praktis dalam bertransaksi dan demi memenuhi gaya hidup pelanggan dengan metode pembayaran yang lebih kekinian.

5. Tips bertransaksi aman di e-commerce gunakan kartu kredit

5. Tips bertransaksi aman e-commerce gunakan kartu kredit
Freepik.com

Semakin berkembangnya tren digitalisasi saat ini di tengah masyarakat membuat kartu kredit menjadi salah satu pilihan yang paling banyak digunakan dalam bertransaksi secara online.

Untuk itu, demi menghindari kejahatan di ranah digital dan perilaku konsumtif pada konsumen, Berikut tips bertransaksi aman di e-commerce menggunakan kartu kredit.

  1. Pilihlah situs belanja online yang terpercaya dan sudah mendapat dukungan dari pemerintah
  2. Hati-hati dalam mendaftarkan kartu kredit dan jangan sembarangan
  3. Aktifkan nomor virtual account saat melakukan pembayaran secara online
  4. Jangan sembarangan klik website tertentu yang dirasa memiliki potensi ancaman diretas
  5. Selalu menggunakan pin yang sulit dikenali dan hindari menggunakan tanggal lahir

Nah, itulah rangkuman dari keuntungan dan kekurangan dalam menggunakan kartu kredit. Sebelum Mama memutuskan untuk menggunakan kartu kredit maka pertimbangkan terlebih dahulu apakah Mama benar-benar membutuhkannya atau tidak.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.