TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Cara Melatih Mindfulness di Rumah agar Mental Tetap Sehat

Mindfulness dapat menghilangan gangguan kecemasan, Ma!

24 November 2022

8 Cara Melatih Mindfulness Rumah agar Mental Tetap Sehat
Pexels/Andrea Piacquadio

Kesehatan mental memang menjadi sesuatu yang terkadang luput dari perhatian, padahal sebenarnya itu hal penting yang harus dijaga. Berlatih mindfulness bisa membantu mengatasi cemas dan masalah mental lainnya yang sedang dialami. 

Sebenarnya apa itu mindfulness?

Mindfulness adalah kemampuan dasar manusia untuk hidup di masa kini sepenuhnya. Dengan memusatkan perhatian pada apa yang dilihat, apa yang dirasakan dan menerimanya dengan sadar tanpa ada perlawanan. 

Mungkin yang Mama tahu, untuk dapat menghilangkan stres dan cemas akibat dari kesehatan mental yang terganggu itu seperti berlatih meditasi dan yoga, tetapi sebenarnya ada cara sederhana yang bisa dilakukan.

Di bawah ini Popmama.com akan rangkum cara melatih mindfulness di rumah. 

1. Melatih mindfulness dengan membuat jurnal 

1. Melatih mindfulness membuat jurnal 
Pexels/Anastasia Shuraeva

Dulu saat remaja, mungkin Mama salah satu termasuk yang menyukai menulis diary. Menuangka semua perasaan yang sedang dialami ke dalam buku diary. Menulis jurnal salah satu cara melatih mindfulness yang dapat mengurangi perasaan cemas berlebihan. 

Mengapa demikian? Karena ketika menulis jurnal, Mama bisa mengutarakan perasaan tersebut secara sadar dan leluasa. Selain itu, journaling dapat menjernihkan pikiran mama. Mama jadi mengenali diri sendiri secara utuh. 

Walaupun sekadar menulis, tapi itulah yang bisa mereduksi stres serta menyelesaikan masalah secara lebih tenang dan efektif. Jadi, untuk memulai mindfulness ini, Mama bisa mulai dengan menuliskan apa yang sedang Mama rasakan pelan-pelan.

2. Hindari melakukan terlalu banyak hal sekaligus

2. Hindari melakukan terlalu banyak hal sekaligus
Pexels/Vlada Karpovich

Saat di rumah menjadi waktu yang tepat untuk melonggarkan otot-otot dan beristirahat dari melakukan  terlalu banyak hal sekaligus. Jika semua dikerjakan secara bersamaan, otak mama justru nantinya akan bermasalah. 

Misalnya saja saat ingin mengerjakan rumah, namun terdistreksi dengan hal-hal lain. Melakukan terlalu banyak hal dapat mengganggu fokus mama, sedangkan praktik mindfulness adalah untuk melatih fokus pada apa yang di depan mata. 

Jadi alangkah baiknya Mama membatasi kegiatan sejenak dan tidak melakukan satu tugas pada satu waktu. Dengan begitu, Mama bisa menjadi lebih fokus pada satu hal saja. 

3. Kurangi memegang handphone saat di rumah

3. Kurangi memegang handphone saat rumah
Pexels/Mikoto

Ketika di rumah, kita merasa waktunya sudah istirahat. Namun sebenarnya kita belum benar-benar istirahat karena masih disibukan dengan hal-hal yang berasal dari handphone. Entah melihat sosial media, berkirim pesan dengan orang-orang terdekat atau sebagainya. 

Ketika Mama ingin memulai mindfulness, mengurangi paparan dari gadget juga bisa dilakukan. Supaya Mama hanya berfokus pada kegiatan yang benar-benar menenangkan pikiran dan menyehatkan saja. 

Simpan sejenak handphone, bila perlu alihkan ke mode silent supaya Mama tidak merasa harus membalas pesan ketika ada nada dering pesan yang masuk. Gunakan waktu mindfulness ini sebaik mungkin ya, Ma. 

Editors' Picks

4. Menggambar atau mewarnai

4. Menggambar atau mewarnai
Pexels/Alena Koval

Ternyata menggambar bukan untuk anak kecil saja, Ma. Menggambar bisa menjadi cara melatih mindfulness yang dapat meningkatkan aktivitas fungsi kognitif, melatih resiliensi emosi dan mengolah kepercayaan diri. 

Sebuah studi oleh peneliti dari Universidade de Sao Paulo, Brazil mengatakan bahwa art therapy seperti menggambar dan mewarnai bisa menjadi treatment yang efektif bagi depresi. 

Apalagi ketika menggambar, kita akan lebih banyak menggunakan otak kanan dari pada otak kiri. Otak kanan adalah bagian yang memproses kreativitas, imajinasi dan berpikir secara holistik. Jadi ketika Mama menggambar, Mama akan benar-benar menghadirkan diri secara sadar untuk mengeluarkan kreativitas. 

5. Meditasi dengan panduan dari aplikasi

5. Meditasi panduan dari aplikasi
Pexels/Karolina Grabowska

Berhubung cara mindfulness ini dilakukan di rumah, maka Mama bisa menggunakan aplikasi atau melihat video dari Youtube untuk berlatih meditasi. Saat ini sudah banyak video panduan-panduan meditasi untuk pemula. 

Selain itu, Mama bisa melakukannya dengan nyaman karena di rumah sendiri. Meditasi adalah cara mindfulness untuk meredakan gangguan kecemasan. Jika dilakukan secara rutin, dampak positifnya yang dapat Mama rasakan ialah tenang, bahagia dan berpikir positif. 

Selain itu, meditasi bisa meningkatkan kinerja otak yang berperan dalam proses mengingat dan berkonsentrasi. 

6. Menyeduh teh hangat

6. Menyeduh teh hangat
Pexels/Thought Catalog

Menyeduh teh hangat di pagi hari dengan rasa kesukaan mama bisa menjadi cara latihan mindfulness yang mudah sekali untuk dicoba. Seduh teh dengan memberikan fokus pada aroma teh yang keluar. 

Rasakan setiap uap air panas yang menyatu dengan udara, rasakan juga kehangatan dari cangkir teh yang ada di tangan mama. Dengan begitu, mama belajar untuk benar-benar hadir dan merasakan hal-hal kecil saat itu. 

7. Jalan kaki di sekitar rumah

7. Jalan kaki sekitar rumah
Pexels/Yogendra Singh

Melakukan kegiatan jalan kaki di pagi hari dengan santai sambil berjemur di bawah matahari bisa dicoba lho, Ma. Ketika berjalan kaki, sempatkan untuk memerhatikan suara-suara burung yang muncul, suara angin, dan aroma yang hadir di sekitar Mama.

Simpan dulu gadget jika Mama ingin melakukan cara mindfulness ini. Sehingga Mama bisa fokus dengan apa yang ada di sekeliling mama. Dan nikmatin setiap momen pada saat itu. 

8. Lakukan kegiatan yang disukai

8. Lakukan kegiatan disukai
Pexels/Julia Avamotive

Setiap orang pasti memiliki kesenangannya masing-masing dalam melakukan hobi. Biasanya kegiatan yang kita sukai ialah aktivitas yang menghubungkan kita dengan semangat batin dan membuat kita merasa hidup sepenuhnya. 

Kalau Mama suka memasak, menyanyi, berkebun, berenang dan masih banyak lagi tentunya. Mama Bisa melakukan itu sebagai cara melatih mindfulness di rumah. Dengan begitu, Mama tidak kehilangan cara untuk mengatasi stres dengan melakukan hal-hal yang Mama sukai. 

Jangan lupa, saksikan sesi Mindful Parenting, Seimbang dan Optimal dalam Mengasuh si Kecil bersama Raden Prisya dalam Popmama.com Parenting Academy di Senin, 27 Desember 2021 di Instagram @popmama_com dan @popmama.parenting.academy pukul 14:30 - 15.30 WIB ya. Stay tune. 

Demikian cara melatih mindfulness di rumah. Semoga informasi ini dapat membantu Mama untuk menjaga kesehatan mental ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk