Berisi Tentang Salat, Ini Isi dan Makna Surat Al Ankabut Ayat 45

Salat adalah ibadah yang utama

21 Juni 2021

Berisi Tentang Salat, Ini Isi Makna Surat Al Ankabut Ayat 45
Pixabay/cahiwak

Seperti diketahui, salat adalah salah satu ibadah yang dihisab pertama kali di akhirat nanti. Mengenai keutamaan salat, dibahas di dalam surat Al Ankabut ayat 45.

Sebagai umat Islam, setiap Muslim diperintahkan untuk mendirikan salat. Tidak 1 atau 2 kali sehari, namun wajib 5 kali sehari. Sebagaimana sibuknya kamu, salat tidak boleh tertinggal. 

Keutamaan tentang melaksanakan salat tertuang dalam surat Al Ankabut ayat 45. Lebih dalamnya, Popmama.com akan menjelaskan beserta tafsirnya untuk Mama. 

Editors' Picks

Arab latin surat Al Ankabut ayat 45

Arab latin surat Al Ankabut ayat 45
Freepik/Rawpixel.com

Utlu maaa uuhiya ilaika mional kitaabi wa aqimis salaata innas salaata tanhaa 'anil fahshaaa'i wal munkar, wa lakizkrul laahi akbar, wal laahu ya'lamu maa tasna'uun

Artinya:

Bacalah kitab (Alquran) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad SAW) dan laksanakanlah salat. Sesungguhnya salat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (salat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah SWT mengetahui apa yang kamu kerjakan. 

Tafsir mengenai surat Al Ankabut ayat 45

Tafsir mengenai surat Al Ankabut ayat 45
unsplash.com/Ed Us

Menurut tafsir Al Muyassar atau Kementerian Agama Arab Saudi disebutkan:

Dan bacalah apa yang diturunkan kepadamu dari Alquran ini dan amalkanlah kandungannya, serta laksanakanlah salat dengan seluruh aturannya. Sesungguhnya menjaga salat dengan baik akan menahan orang yang melakukannya dari terjerumus di dalam maksiat-maksiat dan perbuatan-perbuatan mungkar. 

Hal itu dikarenakan orang yang menegakannya, yang menyempurnakan rukun-rukun dan syarat-syaratnya, hatinya akan bercahaya, dan keimanan, ketakwaan dan kecintaannya terhadap kebaikan akan bertambah, dan (sebaliknya) keinginannya terhadap keburukan akan semakin berkurang atau hilang sama sekali. 

Dan sungguh mengingat Allah di dalam salat dan di tempat lainnya lebih agung dan lebih utama dari segala sesuatu. Dan Allah mengetahui apa saja yang kalian perbuat, yang baik maupun yang buruk. Lalu Dia memberikan balasan kepada kalian atas perbuatan tersebut dengan balasan yang sempurna lagi penuh.

Makna dari surat Al Ankabut ayat 45

Makna dari surat Al Ankabut ayat 45
Unsplash/Abdullah Faraz

Dari Kementrian Agama RI dijelaskan bahwa ayat ini mengenai Allah SWT yang memerintahkan Nabi Muhammad SAW untuk selalu membaca dan memahami Alquran yang telah diturunkann kepadanya untuk mendekatkan diri dengan Allah. Dengan memahami pesan-pesan Alquran, ia mampu memperbaiki dan membina dirinya sesuai tuntunan Allah. 

Hal ini juga berlaku untuk seluruh umat Muslim. 

Setelah memerintahkan membaca, mempelajari dan melaksanakan ajaran-ajaran Alquran, Allah memerintahkan untuk mengerjakan salat wajib, yaitu salat 5 waktu. Salat hendaklah dikerjakan sesuai rukun dan syaratnya, serta penuh kekhusyukan. 

Sangat dianjurkan mengerjakan salat itu lengkap dengan sunah-sunahnya. Jika dikerjakan dengan sempurna, maka salat dapat mencegah dan menghalangi orang yang mengerjakannya dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar.

Mengerjakan salat merupakan perwujudan dari keyakinan yang telah tertanam di dalam hati orang yang mengerjakannya, dan menjadi bukti bahwa ia meyakini bahwa dirinya sangat tergantung kepada Allah. Oleh karena itu, ia berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi larangan-larangan-Nya, sesuai bacaan surat al-Fatihah dalam salat,

"Tunjukkanlah kepada kami (wahai Allah) jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka; bukan jalan yang dimurkai dan bukan pula jalan mereka yang sesat."

Doa itu selalu diingatnya, sehingga sehingga tidak berkeinginan sedikit pun untuk mengerjakan perbuatan-perbuatan yang keji dan tak terpuji

Rasullullah SAW menjelaskan keutamaan dan manfaat dari mereka yang mengerjakan salat, serta kerugian dan siksaan yang menimpa mereka yang tidak mengerjakan. Hal ini disebutkan dalam hadis riwayat At Tirmidzi dari Abu Hurairah yang berbunyi:

"Bagaimanakah pendapatmu, andaikata ada sebuah sungai dekat pintu rumah dan salah saeorang dari kamu, ia mandi di sungai itu lima kali setiap hari. Adakah masih ada dakinya yang ia tinggal barang sedikitpun?"

Para sahabat menjawab, 

"Tidak ada daki yang tertinggal barang sedikitpun,"

Rasulullah SAW bersabda,

"Maka demikianlah perumpamaan salat yang lima waktu, dengan salat itu Allah akan menghapus semua kesalahannya."

Dari penjelasan di atas maka bisa disimpulkan bahwa salat menyasar 3 hal yaitu timbulnya keikhlasan, timbulnya sifat takwa pada Allah SWT, dan selalu mengingat Allah SWT. 

Nah, itulah penjelasan mengenai isi surat, arti, dan makna dari surat Al Ankabut ayat 45. Jangan tunda apalagi meninggalkan salat wajib, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.