5 Hal yang Tidak Diperbolehkan Selama Idul Fitri

Salah satunya berpuasa, Ma

10 Mei 2021

5 Hal Tidak Diperbolehkan Selama Idul Fitri
Freepik

Saat Idul Fitri, banyak anjuran yang dilakukan agar Hari Raya jadi makin bermakna. Selain itu, ada juga beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan agar tidak merusak hari suci tersebut. 

Di hari kemenangan, umat Muslim merayakan Idul Fitri dengan melakukan salat Ied dan bermaaf-maafan. Sebelum salat, disarankan untuk mengenakan pakaian bersih dan pulang salat melalui jalur yang berbeda. 

Jika itu adalah beberapa hal yang disarankan, ada juga hal-hal yang sebaiknya tidak dilakukan selama Idul Fitri. 

Dirangkum Popmama.com, inilah hal-hal yang tidak diperbolehkan selama Idul Fitri

1. Berpuasa di hari raya

1. Berpuasa hari raya
Freepik/freepik

Satu hal yang dilarang dan masuk dalam sesuatu yang diharamkan adalah berpuasa. Seperti Hadis Riwayat Abu Hurairah r.a, disebutkan:

Sesungguhnya Rasulullah SAW melarang berpuasa pada dua hari yaitu Idul Fitri dan Idul Adha

Dengan begitu, sebaik apapun amalan berpuasa, sebaiknya tidak dilakukan. Karena saat Hari Raya, amalan tersebut dilarang dan malah menjadi sumber dosa untukmu. 

Editors' Picks

2. Menunda salat

2. Menunda salat
Popmama.com/Novy Agrina

Saat Lebaran, tentu banyak sekali kegiatan yang dilakukan. Mulai dari menyiapkan makanan, menelepon orang tersayang, atau bahkan memesan makanan untuk dikirim ke teman dan keluarga. 

Kegiatan ini bisa membuat orang lupa waktu salat. Tidak jarang yang berakhir malah mengqadha salatnya padahal tidak ada dalam syarat qadha. 

Meski Hari Raya, kamu tetap perlu mengutamakan ibadah wajib. Sebagaimana dikatakan bahwa salat adalah ibadah yang dihisab pertama kali di akhirat nanti. 

Hal ini didukung dengan firman Allah SWT dalam Al Quran surat An Nisa ayat 103:

Sesungguhnya salat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman. 

Sebagaimana serunya acara keluarga kamu, pastikan untuk tetap salat di awal waktu dan tidak menunda-nunda, ya!

3. Khusus mendatangi makam saat Idul Fitri

3. Khusus mendatangi makam saat Idul Fitri
Freepik/serdjophoto

Pada dasarnya, ziarah kubur bisa dilakukan kapan saja, tidak ada pautan waktu. Termasuk saat Idul Fitri, ziarah pun diperbolehkan karena termasuk sunah. 

Namun yang dilarang adalah mengkhususkan ziarah kubur saat Idul Fitri. Hal ini disampaikan oleh ustaz Nababan yang mengatakan bahwa, tidak diperbolehkan menentukan waktu khusus ke ziarah kubur. 

Ini dikarenakan, Rasulullah SAW tidak menentukan waktu khusus. 

4. Memakai pakaian yang berlebihan

4. Memakai pakaian berlebihan
Freepik/master1305

Dalam Al Quran surat Al A'raf ayat 31, disebutkan:

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan. 

Dari sana bisa ditarik kesimpulan bahwa apapun yang berlebihan tidak disukai oleh Allah SWT. Kamu boleh saja mengenakan baju bagus yang indah saat salat Ied, namun hindari mengenakan perhiasan, wewangian, dan makeup yang berlebihan. 

5. Makan sampai kelewat kenyang

5. Makan sampai kelewat kenyang
Freepik/Odua

Siapa yang takkan tergoda melihat aneka sajian di meja makan. Belum lagi kiriman dari keluarga dan kerabat yang pasti lezat dan nikmat. 

Akhirnya, kamu menghabiskan hari dengan mencicip semua makanan itu sampai rasanya perut tak sanggup menampung makanan lagi. 

Masih seperti potongan ayat di atas, Allah SWT tidak menyukai sesuatu yang berlebihan, termasuk saat makan. Jadi, berilah jeda jika ingin mencicip semua makanan agar tidak jadi sesuatu yang tak disukai Allah SWT. 

Kalau ada makanan lebih, jangan lupa berbagi dengan mereka yang masih mencari peruntungan di jalan raya. Tak perlu jauh, carilah saja yang ada di dekat rumah. Berbagi di Hari Raya akan membuat harimu berbeda dan lebih bermakna. 

Itu dia beberapa hal yang tidak diperbolehkan selama Idul Fitri. Jadikan Idul Fitri kali ini lebih baik dan berkualitas, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.