7 Rekomendasi Film Tentang Kesehatan Mental di Netflix

Ada film Indonesia, Korea, dan Barat, Ma

10 Oktober 2021

7 Rekomendasi Film Tentang Kesehatan Mental Netflix
Freepik/freepic.diller

Saat seseorang bertindak tidak seperti umumnya, seringkali ia jadi terpojokkan dan dianggap sakit jiwa. Padahal, selalu ada latar belakang kenapa seseorang bisa seperti itu. 

Mama bisa menonton beberapa rekomendasi film di Netflix yang mengangkat tentang kesehatan mental. Jadi, tak hanya menghibur, namun juga bisa menambah pengetahuan. 

Inilah daftar rekomendasi film tentang kesehatan mental di Netflix dari Popmama.com

1. Posesif

1. Posesif
netflix.com

Bercerita tentang kisah cinta remaja yang terlihat biasa saja. Sampai mereka akhirnya putus dan cerita menjadi mencekam. 

Karakter pria digambarkan sebagai sosok yang posesif. Mulai dari menelepon puluhan kali sehari, melarang bergaul dengan teman-teman pacarnya, dan melakukan kekerasan serta tindakan psikopat.

Film yang telah melakukan riset mendalam ini bisa menjadi contoh bahwa sifat posesif berlebihan bukanlah sesuatu yang normal dan boleh dilakukan. 

2. It's Okay Not To Be Okay  

Salah satu serial Korea yang bisa dilirik dengan tema kesehatan mental adalah It's Okay Not To Be Okay. Bercerita tentang Moon Kang Tae yang bekerja di rumah sakit jiwa. 

Ia memiliki kakak yang berkebutuhan khusus dan juga bertemu dengan perempuan dengan kesehatan mental terganggu. Perempuan yang bernama Go Moon Young ini memiliki sikap yang mungkin tak mudah diterima logika. 

Semuanya bermuara karena sikap yang dilakukan oleh ibunya sedari ia kecil. Ibu yang dianggapnya sudah hilang, ternyata kembali muncul dengan fakta yang mengejutkan. 

Editors' Picks

3. Chocolate

3. Chocolate
  Netflix.com  

Serial Korea lainnya yang mengangkat masalah kesehatan mental adalah Chocolate. Bercerita tentang laki-laki dan perempuan yang bertemu saat kecil dan terpisah karena keadaan. 

Setelah melewati beberapa kejadian tragis, mereka kembali bersama saat dewasa. Trauma yang dialami Moon Cha Young (pemeran perempuan utama) membuatnya mudah panik yang berujung pingsan. 

Pertemuannya dengan pemeran utama pria, Lee Kang, perlahan membuka luka yang dipendamnya selama ini dan berujung membantunya untuk memperbaikinya. 

4. Horse Girl

4. Horse Girl
netflix.com

Salah satu Netflix Original Movie yang juga baru rilis tahun lalu adalah Horse Girl. Bercerita tentang seorang perempuan bernama Sarah yang tak punya banyak teman. 

Ia bahkan menganggap Willow, kudanya adalah saudara dan teman satu-satunya. Ia mulai terusik saat ia percaya bahwa dirinya diculik alien saat tidur. 

Film yang bertema tentang schizophrenia ini dibalut dengan cara yang absurd. Sehingga membantu para penonton mengerti tentang yang dirasakan para penderitanya. 

5. To The Bone

5. To The Bone
theatlantic.com

Salah satu gangguan mental yang harus diperhatikan adalah gangguan makan, termasuk anoreksia. Film To The Bone bercerita tentang seorang gadis berumur 20-an yang menderita anoreksia. 

Ia menyadari bahayanya memiliki gangguan anoreksia dan berusaha mencari pertolongan. Namun berat badannya terus turun sampai ia bertemu dengan organisasi yang memiliki cara tak biasa yang ternyata bisa membantunya keluar dari masalah mental tersebut. 

Film ini tak hanya menyorot masalah tentang anoreksia, namun juga tentang bagaimana menjadi lebih peka dengan teman dan keluarga yang sedang berjuang menjalani hidupnya. 

6. Tell Me Who I Am

6. Tell Me Who I Am
indiewire.com

Salah satu film di Netflix yang berdasarkan kisah nyata adalah Tell Me Who I Am. Bercerita tentang saudara kembar yang salah satunya kehilangan ingatan karena kecelakaan parah. 

Ia mempercayai saudara kembarnya untuk menceritakan ulang mengenai masa kecilnya, keluarga, serta teman-temannya untuk mengenali dirinya sendiri lagi. 

Ternyata, saudaranya ini menyimpan kisah kelam yang terbuka secara perlahan. Bahwa seseorang yang dianggap baik-baik saja dari keluarga baik-baik saja, bisa menyimpan kisah yang begitu gelap. 

7. Silver Linings Playbook 

7. Silver Linings Playbook 
  netflix.com  

Seorang pria bernama Pat mengalami gangguan mental yaitu bipolar. Keadaannya ini memaksanya harus berada di rumah sakit mental. 

Namun karena suatu kejadian, ia harus tinggal bersama orangtuanya sementara waktu. Penyakit bipolarnya digambarkan baik dalam film, terlebih caranya meregulasikan emosi setelah bertemu dengan perempuan bernama Tiffany. 

Buncahan emosi seseorang dengan keadaan bipolar sering hadir di film ini yang membuat penontonnya bisa mengerti lebih dalam mengenai jenis gangguan mental yang satu ini. 

Itulah beberapa rekomendasi film dan serial yang berkaitan dengan kesehatan mental. Semoga bisa jadi inspirasi. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.