TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

9 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian untuk Mulai Usaha

Beberapa modalnya tidak terlalu mahal, lho!

1 November 2021

9 Rekomendasi Franchise Minuman Kekinian Mulai Usaha
Freepik/rawpixel.com

Untuk Mama dan Papa yang sedang ingin mencoba menjajaki dunia entrepreneur, bisa mencoba membeli paket franchise. Saat ini, tersedia banyak franchise minuman yang sedang laku di pasaran. 

Selain camilan, minuman juga banyak dijadikan pilihan untuk jajan. Mulai dari minuman dengan boba, atau kopi dengan merek yang mungkin telah jadi favorit kamu. 

Melihat kedai minuman yang selalu ramai didatangi pelanggannya, mungkin Mama tertarik membeli franchise minuman? Jangan salah pilih, cek dulu rekomendasinya di Popmama.com.

1. Kopi Janji Jiwa mulai dari Rp 150 juta

1. Kopi Janji Jiwa mulai dari Rp 150 juta
instagram.com/kopijanjijiwa

Mama pasti kenal Kopi Janji Jiwa. Jika cocok dengan rasanya, mungkin Mama bisa melirik membeli franchisenya. Untuk harga franchisenya adalah mulai dari Rp 150 juta. 

Harga tersebut sudah termasuk dengan biaya lisensi dan peralatan yang kira-kira menghabiskan Rp 85 juta. Selain itu, paket franchise itu juga sudah mendapat fasilitas sewa tempat, karyawan, peralatan, dan lain sebagainya. 

Kamu juga bisa mendapat bimbingan langsung dari tim support Kopi Janji Jiwa sebagai bekal mengelola gerai sesuai standar mereka. 

2. Haus yang punya banyak rasa enak

2. Haus pu banyak rasa enak
instagram.com/haus.indonesia

Pada tahun 2019, Haus mulai dibuka dan langsung menjadi favorit banyak orang. Banyak orang langsung membeli fanchisenya lantaran setiap gerainya selalu dipenuhi para pembeli. 

Selain karena promo, kedai minuman ini kerap dibanjiri pembeli karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Untuk membeli franchisenya, kamu perlu menyiapkan uang Rp 200 juta. 

Harga tersebut termasuk dengan standar paket kemitraan, lisensi selama 5 tahun, renovasi tempat, sistem penjualan, pelatihan karyawan, dan bahan baku awal. Yang belum termasuk adalah sewa tempat. 

Untuk operasionalnya sebagian diatur oleh manajemen, mulai dari perekrutan karyawan, keperluan marketing, hingga penjualan. Imbalannya, 50% dari laba bersih mitra akan dibagi oleh manajemen Haus. 

3. Kopi Kulo yang sudah mencapai 300 kedai

3. Kopi Kulo sudah mencapai 300 kedai
instagram.com/kedaikopikulo

Salah satu kedai kopi yang juga banyak terlihat di mana-mana adalah Kopi Kulo. Dengan banyak varian kopi, ia berhasil menarik para pelanggannya. 

Harga franchisenya mirip dengan kopi lainnya yaitu sekitar Rp 155 juta. Harga tersebut meliputi peralatan dan stok awal, franchise fee, booth design, renovasi booth, dan iklan di sosial media. 

Editors' Picks

4. Street Boba untuk minuman manis yang hits

4. Street Boba minuman manis hits
instagram.com/streetboba

Di bawah manajemen Nikmat Grup, ada Street Boba yang banyak dilirik karena rasanya yang enak dan harganya yang murah. Boba di kedai ini juga beragam sehingga jadi daya tarik selanjutnya. 

Harga franchisenya cukup tinggi yaitu Rp 200 juta dengan biaya manajemen sebesar 5%. Harga tersebut termasuk lisensi selama 3 tahun, media promosi, design store, sistem POS kasir, training, dan buku SOP. 

Tapi, masih ada yang belum termasuk yaitu perangkat kasur, bahan baku, sewa dan konstruksi, jasa design interior, perlengkapan untuk toko, dan sistem SOP. 

Meski terbilang cukup besar, namun pemilik gerai biasanya sudah bisa balik modal dalam jangka waktu 4-5 bulan saja. 

5. Es Teh Indonesia sebesar Rp 120 juta

5. Es Teh Indonesia sebesar Rp 120 juta
instagram.com/esteh.indonesia

Salah satu franchise minuman yang mulai menjamur di mana-mana adalah Es Teh Indonesia. Harga franchise mereka adalah Rp 120 juta dan termasuk dengan lisensi serta peralatan untuk membuka gerai Es Teh Indonesia. 

Memang cukup tinggi harganya, namun popularitasnya yang baik membuatnya cukup mudah untuk balik modal dalam waktu singkat. 

6. Xie Xie Boba yang sepenuhnya bebas royalti

6. Xie Xie Boba yang sepenuh bebas royalti
instagram.com/xiexieboba.official

Xie Xie Boba adalah minuman boba lain harganya tidak sampai Rp 15 ribu. Jika ingin membeli franchisenya, harganya cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp 8,9 juta saja dan semua keuntungan 100% masuk untuk mitra. 

Harga tersebut termasuk dengan magic com, porong, timbangan, sloki ukur, gelas ukur 1 liter, centong boba, tempat lada, torch, sendok takar, sendok stainless, botol, termos es, sekop es batu, saringan teh, gelas stainless, dan box bubuk.

Sedangkan harga bahan bakunya adalah Rp 7.500 per cup. Tinggal dikalikan berapa banyak yang ingin kamu beli saja. Harga tersebut belum termasuk sewa tempat, ya!

7. Kini Cheese Tea mulai dari Rp 5 juta

7. Kini Cheese Tea mulai dari Rp 5 juta
instagram.com/kinicheesetea.id

Untuk membeli franchise Kini Cheese Tea, kamu bisa memilih 2 paket yaitu portable booth dan booth dengan tampilan yang lebih eksklusif. 

Harganya mulai dari Rp 5 juta sampai Rp 8 juta saja. Menariknya, kamu tak perlu membayar royalti pada pihak pemilik franchise. Jika tempatnya strategis, maka kamu bisa dapat keuntungan bersih lebih dari Rp 13 juta per bulannya. 

8. Jelly Potter yang bisa dibuka di mana saja

8. Jelly Potter bisa dibuka mana saja
instagram.com/jellypotter.indonesia

Jika Mama sering ke minimarket, biasanya ada penampakan booth Jelly Potter. Minuman ini memang murah meriah namun rasanya enak sehingga banyak yang jadi langganan. 

Franchise yang kini telah memiliki lebih dari 2.000 booth ini menggunakan gula asli, tanpa pengawet dan tanpa pemanis buatan. Dengan Rp 40 juta, kamu sudah bisa langsung menjalankan bisnis usaha minuman ini dengan terima bersih. 

Jika bisa menjual 100 cup sebulan dan harga 1 cupnya sekitar Rp 10 ribu, maka sebulan kamu bisa memiliki pendapatan kotor sebesar Rp 30 juta. 

9. Mobo Thai Tea dengan modal Rp 4,5 juta 

9. Mobo Thai Tea modal Rp 4,5 juta 
instagram.com/mobothaitea

Untuk Mama yang ingin usaha minuman thai tea, bisa mencoba franchise Mobo Thai Tea. Dengan harga mulai Rp 4,5 juta, kamu bisa mendapat paket booth yang bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan event

Jika kamu bisa menjual 50 cup per hari, kamu bisa balik modal dalam durasi 2 bulan saja. Wah, tertarik?

Itu dia beberapa rekomendasi franchise minuman yang bisa Mama pilih untuk memulai jadi entrepreneur. Mana yang paling cocok untukmu?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk