Demi Menjaga Kesehatan, Ikuti 5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal Ini Ma

Hati-hati kalau berat badan terlalu berlebih dari ideal, bisa ada dampaknya pada kesehatan tubuh lho

19 Mei 2020

Demi Menjaga Kesehatan, Ikuti 5 Cara Memiliki Berat Badan Ideal Ini Ma
Dok. Jovee

Memiliki badan ideal, tentu menjadi impian bagi setiap orang. Baik lelaki maupun perempuan menginginkan penampilan yang baik untuk menunjang rasa percaya diri.

Tak heran jika saking terobsesi mendapatkan tubuh ideal, maka banyak orang melakukan diet maupun olahraga ekstrem. 

Sebenarnya, tubuh yang ideal bukan hanya baik bagi penampilan, namun juga upaya untuk mempertahankan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Di samping itu, dengan memiliki tubuh ideal, ini bisa jadi cara untuk mencegah dan mengendalikan berbagai penyakit. 

Coba saja perhatikan seseorang dengan tubuh berlebihan atau obesitas yang rentan mengalami risiko penyakit serius seperti jantung, tekanan darah tinggi, stroke, diabetes melitus tipe 2, batu empedu, bahkan kanker.

Masalahnya, bagaimana cara mengetahui kondisi berat badan kamu saat ini? Apakah sudah ideal, berlebihan atau malah kurang ideal?

Setiap orang memiliki berat badan ideal yang berbeda-beda. Jadi, jangan sampai kamu membandingkan berat badan sendiri dengan orang lain ya! 

Nah, untuk mengetahui berapa berat badan ideal kamu, sesuaikan dengan tinggi badan yang kamu miliki. Jadi, ketahui dulu berapa tinggi badan kamu saat ini. Kemudian, menggunakan rumus Broca kamu bisa menghitung apakah berat badan normal atau tidak.

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal
Dok. Jovee

Rumus berat badan normal (kg)= tinggi badan (cm) – 100
Misalnya saja, kamu memiliki tinggi badan 163 cm, maka berat badan normalnya adalah 60 kg saja. Namun, berat badan normal ini berbeda dengan berat badan ideal lho.

Jika berat badan normal antara laki-laki dan wanita dikatakan sama untuk tinggi badan yang sama, namun untuk mengetahui ideal atau tidak tentu berbeda antara laki-laki dan wanita. Hal ini dikarenakan komposisi tubuh pria dan wanita yang berbeda. Pria memiliki massa otot lebih banyak daripada wanita, sementara wanita memiliki komposisi lemak lebih banyak. 

Mari kita hitung berat badan ideal menurut Broca.

Berat badan ideal pria (kg)= [tinggi badan(cm)-100] – [(tinggi badan(cm)-100)x10%]

Berat badan ideal wanita (kg)= [tinggi badan(cm)-100] – [(tinggi badan(cm)-100)x15%]

Jadi, jika kamu wanita dengan tinggi badan 163 cm, maka berat badan idealnya adalah 53.55 kg. 

Nah, bagaimana? Jika hasilnya masih belum ideal, berikut Popmama.com telah rangkum dari artikel kesehatan Ngovee.

1. Squat

1. Squat
Freepik/tirachardz

Ya, squat adalah salah satu bentuk olahraga untuk membentuk tubuh ideal. Kamu hanya perlu melakukan squat di pagi dan sore atau malam hari ketika hendak beranjak tidur. Tidak usah lama-lama, cukup luangkan selama 30 menit di pagi hari dan 30 menit di sore hari. 

Namun, jika kamu termasuk workaholic, sisihkan 30 menit saja sebelum tidur. Jika dilakukan secara konsisten, dipastikan dalam 7 hari tubuh kamu akan ideal.

Editors' Picks

2. Crunches

2. Crunches
Freepik/yanalya

Selain squat, kamu juga bisa melakukan crunches untuk membuat badan lebih energik. Jika kamu melakukannya secara rutin, akan mendapatkan bonusnya berupa badan yang six packs. Gerakan crunches-nya pun sederhana. 

Dengan posisi tubuh berbaring telentang, kayuhkan kaki seperti mengayuh sepeda. Kemudian, perlu sedikit usaha dengan menyilangkan bagian tangan ke belakang kepala. 

Saat melakukan gerakan crunches, jangan lupa mengatur pola pernapasan. Sebab, jika salah mengatur napas, bisa-bisa hanya dapat capeknya saja. Lakukan saat pagi dan sore hari ya!

3. Jogging

3. Jogging
Freepik

Setiap orang pasti sudah tidak asing dengan olahraga satu ini. Ya, jogging akan lebih seru jika dilakukan bersama-sama di akhir pekan. 

Namun, untuk mendapatkan hasil tubuh ideal yang optimal, harus konsisten jogging selama satu minggu ya. Jika tidak sedang ingin keluar rumah, cukup muter-muter sekeliling rumah selama 20 kali dengan ritme berbeda, 10 kali putaran pelan dan 10 kali putaran agak kencang.

4. Plank

4. Plank
Freepik

Ingat, target kita saat ini adalah mendapatkan tubuh yang ideal selama satu minggu. Maka, olahraga lain yang harus kamu lakukan adalah plank. 

Memang, banyak orang merasa kesulitan melakukan plank pada gerakan dua menit pertama. Hal ini karena semua beban tubuh bertumpu pada otot perut, tangan, dan kaki. Bagi pemula, bisa lakukan plank selama 2 menit.

Namun, bagi yang sudah terbiasa, pastikan bertahan selama 30 menit. Lakukan hal ini diwaktu pagi dan sore hari ya!

5. Skipping 

5. Skipping 
Freepik

Terakhir adalah gerakan skipping. Tentu, kamu sudah tidak asing dengan gerakan ini mengingat masa kecil pasti pernah melakukan skipping. 

Skipping memicu tubuh menghasilkan keringat dan pembakaran lemak. Semakin sering skipping, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan tubuh yang ideal selama 1 minggu.

Lakukan skipping ini di pagi dan sore hari ya!

Jangan hanya fokus pada kelima cara mendapatkan tubuh ideal di atas. Mengetahui batas tubuh untuk berolahraga juga penting. Jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya kamu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk mendapat rekomendasi atau saran memiliki berat badan ideal. 

Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee berpendapat, "Menjaga berat badan ideal merupakan salah satu hal yang patut dilakukan untuk menjaga kesehatan. Kementerian Kesehatan juga menganjurkan memantau berat badan secara rutin 1 bulan sekali sesuai pedoman gizi seimbang."

"Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, mempertimbangkan sayur, buah, lauk dan makanan pokok yang sesuai dan tidak berlebihan. Batasi konsumsi harian gula maksimal sebanyak 4 sendok makan, garam sebanyak 1 sendok teh, dan minyak sebanyak 5 sendok makan," tambahnya.

"Selain itu, tetap beraktivitas dan berolahraga seperti menyapu, berjalan kaki, jogging, dan sebagainya sesuai kebutuhan. Hal ini bila dilakukan rutin akan mendapat berat badan ideal yang cukup dan tidak berlebihan atau kekurangan." tutup Kelvin.

Nah itu dia 5 cara memiliki berat badan ideal tanpa diet yang menyiksa tubuh. Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.