Ma, Begini 5 Bahaya Masker Spirulina yang Jarang Disadari

Kenali bahaya tersembunyi bila salah menggunakannya!

26 September 2020

Ma, Begini 5 Bahaya Masker Spirulina Jarang Disadari
Freepik/Rawpixel.com

Merawat kesehatan kulit wajah tentu menjadi prioritas penting untuk setiap perempuan apalagi dengan berbagai produk seperti mulai toner, pelembab hingga masker. 

Berbicara mengenai masker, Mama tentu sudah tidak asing lagi dengan masker spirulina yang menjadi salah satu perbincangan banyak orang. Di Indonesia, produksi jenis masker spirulina HPAI dan masker spirulina Tiens termasuk yang paling banyak dijumpai. 

Perlu Mama ketahui kalau masker spirulina HPAI berasal dari Malaysia, sedangkan masker spirulina Tiens dari China. Kedua jenis ini cukup digemari semenjak kemunculannya di Indonesia. Namun, penggunaan masker spirulina perlu diperhatikan karena jika berlebihan akan membahayakan apalagi jika produknya palsu dengan kandungan yang berbahaya. 

Untuk Mama yang berencana menggunakan masker spirulina, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa bahaya yang perlu diwaspadai sebelum menggunakannya. 

Demi kesehatan diri sendiri, langsung disimak saja ya! 

1. Berpotensi memicu alergi pada ibu hamil

1. Berpotensi memicu alergi ibu hamil
parenting.firstcry.com

 Mungkin Mama sudah mengetahui bahwa spirulina berasal dari ganggang biru-hijau yang biasanya hidup secara alami di lautan atau danau asin pada wilayah iklim subtropis. 

Penggunaan masker spirulina perlu berhati-hati apalagi ketika diterapkan untuk ibu hamil karena dapat menyebabkan alergi. Perlu diingat bahwa perawatan kulit ibu hamil harus tetap berhati-hati ketika diterapkan di wajah agar tidak memberikan efek buruk. 

Masker spirulina sebaiknya tidak digunakan ketika memiliki alergi terhadap yodium dan memiliki riwayat gagal ginjal. Hal ini dikarenakan spirulina mengandung cukup banyak konsentrasi vitamin, protein hingga mineral yang tinggi.  

Baca juga: 7 Manfaat Masker Kunyit untuk Kesehatan Kulit

Editors' Picks

2. Penggunaan masker spirulina dalam keadaan berjerawat dapat memperparah kondisi wajah

2. Penggunaan masker spirulina dalam keadaan berjerawat dapat memperparah kondisi wajah
Freepik/katemangostar

Meskipun telah mengetahui bahwa masker spirulina aman digunakan karena terbuat dengan bahan alami seperti ganggang, namun penerapannya ke wajah perlu diperhatikan. 

Secara umum, masker jenis ini akan melakukan detoksifikasi pada kulit yang akan membantu racun-racun di dalam keluar hingga berbentuk jerawat. Namun, Mama harus memahami bila sedang memiliki jerawat di wajah tidak disarankan menggunakan masker spirulina karena dapat memperparah kondisi kulit. 

Berhati-hatilah dalam menggunakan masker spirulina dalam keadaan sedang berjerawat ya, Ma!

Baca juga: Kulit Wajah Berminyak? Kenali 7 Faktor Penyebab Utamanya!

3. Menimbulkan permasalahan di bagian wajah bila digunakan setiap hari

3. Menimbulkan permasalahan bagian wajah bila digunakan setiap hari
Freepik/pressfoto

Segala sesuatu yang digunakan atau dilakukan secara berlebihan tentu sangat tidak baik ya, Ma. Apalagi jika ini sudah berhubungan dengan kulit khususnya bagian wajah yang selalu diperhatikan orang lain. 

Begitu pun dengan penggunaan masker spirulina perlu diperhatikan agar fungsinya menjadi lebih optimal. Ketika menggunakan masker spirulina, sebaiknya usahakan tidak diaplikasikan setiap hari ke wajah. Pastikan selalu menyesuaikan penggunaan masker berdasarkan kebutuhan dari masalah kulit wajah seperti hanya menggunakan 2-3 kali dalam seminggu. 

Bila diaplikasikan ke wajah terlalu sering tentu ini dapat memberikan efek samping yang kurang baik. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Permasalahan Kulit Wajah dengan Oatmeal

4. Masker spirulina memiliki aroma khas yang memicu rasa mual

4. Masker spirulina memiliki aroma khas memicu rasa mual
Freepik

Ma, sudah tahu belum kalau masker spirulina memiliki aroma ya khas? Dilansir dari Style Craze, masker spirulina dapat memicu ketidakyamanan karena ada rasa mual.

Ketika digunakan sebagai masker perlu diketahui bahwa tingkat sensivitas seseorang berbeda-beda, sehingga tak jarang ada yang merasa mual dengan produk tertentu seperti ketika menggunakan masker spirulina. Penggunaan masker ini tidak disarakan untuk seseorang yang memiliki alergi terhadap yodium, sehingga harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. 

Baca juga: 7 Produk Masker yang Dapat Mencerahkan Kulit

5. Masker spirulina palsu dapat merusak kulit wajah

5. Masker spirulina palsu dapat merusak kulit wajah
Rawpixel/McKinsey

Banyaknya ketertarikan seseorang untuk menggunakan masker sprirulina membuat segelintir oknum memanfaatkan momen ini dengan mengedarkan barang palsu. Apalagi dengan kemajuan teknologi, seseorang bisa dengan mudahnya memalsukan sebuah produksi dengan bahan-bahan pembuatan yang lebih murah dan tidak sesuai hanya untuk mencari keuntungan secara pribadi. 

Maka dari itu, saat ingin membeli masker sprirulina perlu berhati-hati karena tidak menutup kemungkinan kalau produksi yang dibeli ternyata barang palsu. Masker spirulina palsu dapat memberikan efek samping yang cukup parah yaitu merusak kulit wajah. 

Lalu perlu Mama ketahui bahwa membeli masker spirulina palsu dapat memberikan dampak seperti: 

  • Muncul banyak jerawat di berbagai sisi wajah.
  • Memicu kulit menjadi mudah kusam dan berminyak. 
  • Menimbulkan iritasi serta membuat tekstur kulit menjadi kering. 
  • Menimbulkan rasa perih sekaligus gatal yang berlebihan. 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai bahaya dari masker spirulina yang jarang disadari bila penggunaannya tidak diperhatikan. Semoga ini bisa menjadi pengetahuan baru sekaligus membantu kulit wajah tetap sehat ya, Ma.

Baca juga: 6 Fakta Tentang Sheet Mask, Masker Wajah Kekinian!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.