Eksklusif: Tantrum saat Traveling, Ayudia dan Ditto Punya Cara Unik Menenangkan Sekala

Anak bisa saja tantrum saat sedang traveling nih, Ma!

6 Maret 2020

Eksklusif Tantrum saat Traveling, Ayudia Ditto Pu Cara Unik Menenangkan Sekala
Popmama.com/Michael Andrew

Bersama Sekala, pasangan Ayudia Bing Slamet dan Ditto Percussion dijuluki sebagai keluarga yang gemar traveling. Jika diperhatikan Keluarga Belo memang seringkali melakukan road trip ke sejumlah tempat, baik di luar negeri atau dalam negeri. 

Saat diwawancari oleh Popmama.com disela-sela pemotretan, Sekala mengatakan bahwa negara Belanda termasuk destinasi favoritnya. 

"Aku suka negara Belanda karena banyak mainan," ucap Sekala. 

Sebagai Papa, Ditto menjelaskan bahwa Sekala menyukai negara Belanda karena dirinya menemukan satu keseruan tersendiri. Apalagi di sana ada miniatur mainan, sehingga tempat tersebut menjadi salah satu favorit Sekala. 

Terkait cukup banyaknya pengalaman traveling yang dilakukan oleh Keluarga Belo, Ditto sendiri ingin memperkenalkan alam kepada Sekala. 

Menurutnya traveling dan alam tanpa disadari memberikan berbagai pembelajaran berharga, sehingga dapat menjadi bekal tersendiri untuk hidup Sekala di masa depan. 

Saat pemotretan Millennial Family of the Month Edisi Maret 2020 bersama Keluarga Belo, Ditto pun bercerita bahwa ia dan sang Istri memiliki cara tersendiri untuk mengatasi Sekala yang tantrum saat traveling. 

Kira-kira caranya seperti apa ya, Ma? 

Simak interview Popmama.com secara eksklusif dengan Ditto kali ini yuk!

1. Saat traveling, alam mengajarkan banyak hal kepada Sekala

1. Saat traveling, alam mengajarkan banyak hal kepada Sekala
Popmama.com/Michael Andrew

Saat traveling, Ayudia dan Ditto secara tidak langsung akan banyak memberikan pengalaman baru kepada Sekala termasuk mengenai keindahan alam.

Apalagi seperti yang Mama ketahui bahwa tahun 2018 lalu, Keluarga Belo sempat melakukan road trip di New Zealand menggunakan campervan. 

Jika keluarga selebritis lainnya memilih untuk menghabiskan liburan dengan bersantai serta mengandalkan supir pribadi, namun Ayudia dan Ditto memiliki pengalaman yang jauh lebih berkesan karena menggunakan campervan. 

Keluarga Belo lebih memiliki untuk mengedepankan kualitas liburan yang berbeda. Campervan yang digunakan untuk road trip pun saat itu dikemudikan langsung oleh Ditto.  

Memiliki pengalaman dekat dengan alam tentu sudah banyak dimiliki oleh Ayudia, Ditto dan Sekala selama melakukan traveling.

Sekala yang diajak traveling sejak bayi sudah diperkenalkan banyak keindahan alam, mulai dari gunung, pantai hingga padang rumput. 

"Sebenarnya kita sebagai orangtua mengajak ke berbagai tempat agar Sekala pun dapat mengenal keindahan alam. Alam seolah menjadi tempat belajar untuk Sekala. Bahkan saat berkunjung ke suatu negara, kita akan mengajak Sekala untuk eksplor tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi," jelas Ditto.

Di usia Sekala yang masih 3 tahun, Ditto ingin alam yang dilihat oleh putranya selama traveling bisa memberikan segudang manfaat positif serta pondasi di masa depan nanti. Ditto berkeinginan agar Sekala dapat belajar menghargai alam dan lingkungan sekitarnya. 

"Ilmu yang didapat saat melakukan traveling sebenarnya banyak sekali. Alam pun tanpa disadari mengajarkan kepada kita tentang bersyukur dan berterima kasih. Harapannya, Sekala dapat belajar menghargai alam dan lingkungan sekitar," ujarnya. 

Walau terkesan sederhana, namun alam tanpa disadari memang selalu memberikan pembelajaran baru yang berarti.

Editors' Picks

2. Ombak laut menjadi satu hal yang ditakuti oleh Sekala 

2. Ombak laut menjadi satu hal ditakuti oleh Sekala 
Popmama.com/Michael Andrew

Takut terhadap sesuatu hal, tentunya sangat wajar terjadi pada setiap orang bahkan untuk usia anak-anak. 

Saat diwawancarai oleh Popmama.com disela-sela photoshoot, Ditto mengaku kalau Sekala takut terhadap ombak laut.  

"Sekala itu tipe anak yang hanya takut dengan suara keras dan mengagetkan untuknya, seperti ombak di laut. Walau yang ditakutkan itu ombak laut, hanya saja Sekala sudah tahu dimensi yang menurut dia berbahaya. Kalau merasa airnya terasa sedikit dalam, Sekala sudah paham bahwa ini termasuk batas yang berbahaya dan seharusnya tidak dilewati," kata Ditto. 

Sebagai orangtua, Ditto berusaha memberikan kenyamanan ketika Sekala sudah mulai terlihat takut. 

Intinya ketika anak sedang merasa takut, ada baiknya untuk menghindari kebiasaan memaksa walau tujuannya agar si Kecil berani. Demi mengatasi rasa takut tersebut, orangtua perlu perlahan-lahan dalam memperkenalkan air agar ketakutan tersebut bisa teratasi. 

3. Ayudia dan Ditto memiliki cara tersendiri menghadapi Sekala yang tantrum saat traveling

3. Ayudia Ditto memiliki cara tersendiri menghadapi Sekala tantrum saat traveling
Popmama.com/Michael Andrew

Tak jarang, anak-anak yang melakukan traveling bersama orangtuanya mengalami tantrum. Sekala yang masih berusia 3 tahun pun masih tantrum sewaktu-waktu ketika sedang traveling bersama Ayudia dan Ditto. 

Kepada Popmama.com, Ditto menceritakan kalau dirinya dan sang Istri memiliki cara tersendiri saat mengatasi Sekala yang tantrum.  

Sekala tantrum biasanya terjadi ketika sedang lapar dan mulai mengantuk. Dua hal inilah menurut Ditto yang seringkali membuat perubahan suasana hati Sekala mendadak berubah dan rewel saat sedang liburan.  

"Kalau Sekala tantrum, saya dan istri akan berusaha untuk menenangkan diri sendiri dulu. Mungkin saja kita yang panik, jadi Sekala tantrum. Sebisa mungkin kita diam sejenak, tarik napas terus menenangkan Sekala dengan memeluknya," ucap Ditto. 

Menurut Ditto sendiri sentuhan fisik dengan sebuah pelukan tanpa disadari akan membuat Sekala merasa lebih nyaman. 

Ketika lelah melakukan perjalanan selama sedang liburan dan Sekala sedang tantrum, Ditto pun berusaha memahami kondisi anaknya. Sebagai seorang Papa, Ditto berusaha untuk tidak membentak melainkan mengajak Sekala berdiskusi. 

"Bukan membentak ketika sedang berada di situasi seperti itu, tetapi kita biasanya berbicara dengan tegas saja kepada Sekala. Soalnya semakin suara kita kencang (membentak), Sekala akan semakin nangis. Saya dan Ayu lebih mengajak Sekala untuk ngobrol secara baik-baik, menenangkan dan memberikan pengertian terkait emosinya saat tantrum," jelas Ditto. 

Berdasarkan pengalaman pribadinya menghadapi anak tantrum, Ditto menyarankan untuk berusaha menenangkan perasaan anak terlebih dahulu. 

"Ketika ingin memberikan pengertian kepada anak saat tantrum, ada baiknya orangtua melihat emosinya terlebih dahulu. Pastikan kira-kira anak bisa menerima atau tidak tentang apa yang ingin kita sampaikan. Kalau ia masih emosi, pengertian yang ingin diberikan kepadanya justru tidak akan pernah bisa masuk," tambahnya.

4. Mainan dan buku bacaan perlu dibawa saat traveling bersama Sekala

4. Mainan buku bacaan perlu dibawa saat traveling bersama Sekala
Popmama.com/Michael Andrew

Mengajak anak untuk melakukan traveling bersama tentu menjadi pilihan setiap orangtua, bahkan tantangannya pun akan berbeda-beda tergantung karakter serta usia anak. 

Untuk itu, Ayudia dan Ditto sendiri selalu membawakan Sekala mainan serta buku kesukaannya selama sedang melakukan traveling. 

"Kita selalu bawa mainan Sekala karena itu nomor satu agar jangan sampai ketinggalan. Apalagi kita berdua ingin kalau Sekala punya kesibukan karena kalau nggak, dia akan main gadget," ucap Ditto. 

Menurut Ditto, dirinya dan sang Istri sangat berusaha untuk tidak memberikan gadget untuk Sekala. Bukan tanpa alasan, namun ini menghindari Sekala mengalami tantrum.  

"Kita nggak kasih gadget terlalu sering karena ketika sudah dimainkan dan diambil, Sekala bisa tantrum terlalu parah. Kita sudah sangat perhatikan situasi seperti ini, makanya buku bacaan dan mainan perlu dibawa. Walau jadi sedikit berat bawaannya ketika sedang traveling, tetapi ini menghindari Sekala bermain dengan gadget," jelas Ditto. 

Setiap kali Sekala sudah mulai terlihat bosan dan topik pembicaraan mulai habis, maka buku bacaan dan mainan miliknya sangat membantu. 

Itulah beberapa cerita lain terkait traveling yang dilakukan Ditto bersama Keluarga Belo. 

Tak hanya memiliki cara unik dalam menyikapi anak yang tantrum saat traveling, namun Ayudia dan Ditto ingin Sekala belajar banyak dari alam selama perjalanan liburannya. 

Jika Mama ingin membaca cerita lain terkait keseruan keluarga Ayudia, Ditto dan Sekala usahakan jangan melewatkan artikel mereka di Millennial Family of the Month Edisi Maret 2020 bersama Keluarga Bel. 

Jangan sampai tertinggal cerita selanjutnya ya, Ma!

Baca juga:

#MillennialFamily of the Month Edisi Maret 2020 Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion 

Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Fashion & Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Sylist – Onic Metheany & Sarrah Ulfah
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Gaby Elradha, Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Asst. Photographer - Alfons Yoshio
Videographer- Moch Reza Fahmi
Video Content Creator - FX Dimas Prasetyo
Art Designer - Astika Alivia Pramesti
Makeup Artist - Dorothea Toemion
All Wardrobe - Kim & Kin, Shining Bright, Calla The Label
Location - Hotel Gran Mahakam

#MillennialMama of the Month

Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion
Millennial Mama

Ayudia Bing Slamet & Ditto Percussion

"Dongeng sebelum tidur adalah bonding time yang berharga"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.