BJ Habibie Meninggal Dunia, Presiden Jokowi Ucapkan Duka Mendalam

Indonesia dirundung kesedihan karena kabar meninggalnya BJ Habibie

11 September 2019

BJ Habibie Meninggal Dunia, Presiden Jokowi Ucapkan Duka Mendalam
Dok. IDN Times

Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia. Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya. 

Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat. 

Sebelumnya Presiden Joko Widodo juga sudah mengirimkan tim medis kepresidenan. Sejak Selasa (10/09/2019) keadaan Habibie dikabarkan membaik, tim medis juga sempat mengabarkan Habibie sudah bisa menjawab saat diajak komunikasi. 

Reaksinya mengangguk, dan bisa menjawab iya atau tidak ketika diperiksa tim medis.  

BJ Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019 hingga hari ini, Rabu (11/09/2019). 

Keponakan Habibie, Rusli Habibie, menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, sejak pagi tadi.

"Kondisinya seperti kemarin lagi. Semua keluarga sudah dipanggil terutama anak-anak beliau, sudah di tempat," ujar Rusli, saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto. "Baik Mas Ilham, Mas Thareq sudah ada. Kakak dan adiknya sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah dikumpulin tadi," kata Gubernur Gorontalo itu. 

Rusli pun meminta semua rakyat Indonesia mendoakan kesehatan beliau. “Tadi juga Pak Akbar Tandjung (mantan Ketua DPR) pimpin doa. Ada keluarga yang lagi mengaji. Keluarga sudah kumpul semua," kata dia.

Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Editors' Picks

Presiden Jokowi tiba di RSPAD

Presiden Jokowi tiba di RSPAD Gatot Soebroto sekitar pukul 18.10, sayangnya beliau tidak sempat bertemu dengan Pak Habibie.

"Saya sudah sampai di rumah sakit, 5 menit sebelumnya beliau sudah tidak ada," ungkap Jokowi.

Berikut ucapan duka mendalam Presiden Jokowi atas kepergian BJ Habibie, "Saya menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya Bapak BJ Habibie, tadi jam 18.05 WIB. Bapak Habibie kita kenal sebagai bapak teknologi Indonesia, kelas dunia dan Presiden Indonesia yang ke-3, beliau berpulang pada usia 83 tahun dan nantinya dari pihak rumah sakit akan dibawa ke kebumikan di Kuningan. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan kesabaran."
 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;