Kelas Mama, Tempat Para Mama Berbagi Ilmu Tumbuh Kembang si Kecil

Bicara soal MPASI hingga pijat bayi tanpa ada batasan

23 Februari 2021

Kelas Mama, Tempat Para Mama Berbagi Ilmu Tumbuh Kembang si Kecil
Pexels

Setiap Mama baru, pastinya membutuhkan banyak informasi terkait tumbuh kembang anak. Meski orangtua kita telah memberikan bekal ilmu, namun kadang beberapa informasi dirasa sulit diterapkan di era sekarang. 

Tangan-tangan komunitas menjadi salah satu yang bisa mendukung para Mama dalam mendapatkan informasi untuk mengasuh anaknya dengan tepat. 

Salah satu komunitas yang dapat kamu ikuti adalah Kelas Mama. Komunitas ini dapat menjadi teman baik kamu ketika membutuhkan banyak informasi dan ilmu terkait parenting hingga kebutuhan gizi anak. 

Popmama.com berkesempatan untuk lebih dekat dengan komunitas ini. Yuk, ngobrol bareng bersama founder dari Kelas Mama.

Apa Itu Kelas Mama?

Apa Itu Kelas Mama
Fara Irdini Azkia - Founder Kelas Mama

Kelas Mama adalah tempat edukasi para mama mulai dari pengasuhan, kesehatan keluarga hingga gizi anak. Pertama kali Kelas Mama digagas oleh Fara Irdini Azkia yang merupakan Founder Kelas Mama pada tanggal 25 Januari 2019.

Bertepatan dengan Hari Gizi Nasional 2019, Kelas Mama memiliki tujuan yang berawal untuk mencerdaskan para Mama terkait masalah gizi keluarga. "Kemudian sekarang berkembang dengan ilmu-ilmu lainnya yang terkait sesuai kebutuhan member yang rata-rata adalah datang dari kalangan Mama," kata Fara. 
 

Editors' Picks

Perbedaan Kelas Mama dengan Komunitas Lain

Perbedaan Kelas Mama Komunitas Lain
Pexels/Dani Hart

Kelas Mama dimulai dari kepedulian Founder terhadap masalah gizi keluarga dan kurangnya pengetahuan tentang gizi dari Mama yang merupakan jantung keluarga.

Jadi komunitas ini punya fokus pada masalah gizi keluarga, bagimana caranya supaya Mama lebih cermat dalam mengatur kesehatan keluarga melalui makanan yg bergizi.

"Kami komunitas kecil dan saya pribadi justru lebih suka demikian, karna komunitas yang kecill membuat hubungan dengan member terasa personal. Sering juga ada member yang curhat tentang gizi anaknya, dan masih bisa saya tangani langsung via konsul online/diskusi sebagai ahli gizi," tambah Fara.

Bagaimana Kelas Mama Bisa Tetap Terhubung dengan Anggotanya?

Bagaimana Kelas Mama Bisa Tetap Terhubung Anggotanya
Freepik/natanaelginting

Kelas Mama aktif di media sosial dengan pembahasan yang paling ramai yaitu tentang gizi anak, terutama MPASI dan tumbuh kembang anak.

Selain dari media sosial, Kelas Mama juga memiliki grup WhatsApp, jadi info dan update anggota bisa dilakukan di grup tersebut.

Pentingnya Mengikuti Komunitas bagi Mama?

Penting Mengikuti Komunitas bagi Mama
Pexels

Bagi Fara sebagai founder, ia merasakan bagaimana dirinya masuk ke dalam dunia motherhood.

"Pengalaman saya pribadi sebagai seorang yang baru memasuki dunia baru bernama motherhood, kita sangat membutuhkan teman perjuangan, yang bisa saling mendukung, saling memberi informasi yang tepat, dan mau saling belajar dari pengalaman Mama yang lain," ungkap Fara.

Baginya, ikut komunitas terutama komunitas yang kita merasa punya kesamaan di dalamnya sangat membantu ketika harus melewati masa-masa sulit sebagai seorang Mama.

Harapan Kelas Mama di Tahun 2021

Harapan Kelas Mama Tahun 2021
Freepik/diana.grytsku

Sebagai komunitas yang terus berkembang, Fara berharap semoga website Kelas Mama cepet. "Dengan adanya website, Mama bisa lebih mudah untuk akses materi kulwap yang sudah berlalu. Dan bisa update info dan menyebarkan manfaat yang lebih luas lagi," tambahnya. 

Dari komunitas kecil ini, Fara berharap bisa memberi manfaat ke banyak orang. "Semoga Kelas Mama bisa menemani perjalanan motherhood banyak Mama di Indonesia. Dengan adanya komunitas ini, kita bisa saling support sesama Mama," tutup Fara. 

Bagi Mama yang penasaran dengan komunitas ini, Mama bisa mengunjungi Instagram kelas Mama, di @kelasmama.id ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.