Presiden Jokowi: Vaksin Covid-19 Gratis bagi Seluruh Warga Indonesia

Presiden mengerahkan seluruh jajarannya untuk mengalokasi anggaran 2021 untuk vaksin yang merata

16 Desember 2020

Presiden Jokowi Vaksin Covid-19 Gratis bagi Seluruh Warga Indonesia
Instagram.com/jokowi

Perkembangan vaksin untuk memberantas virus corona terus menjadi perhatian dunia termasuk Indonesia. Berbagai negara telah mengumumkan vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis.

Hari ini, Rabu 16 Desember 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan pernyataan resmi terkait pemberiaan vaksin secara merata pada warga negara Indonesia bebas biaya atau gratis.

Informasi ini beliau sampaikan melalui YouTube Sekretariat Presiden. Apa saja informasi yang ia sampaikan dalam pengumuman melalui unggahan YouTube ini? Cek informasinya di Popmama.com!

Editors' Picks

Presiden Jokowi: Vaksin Covid-19 Gratis!

Melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menyampaikan bahwa bedasarkan pertimbangan yang dilakukan, vaksin Covid-19 akan diberikan secara gratis.

"Hari ini saya ingin sampaikan perkembangan vaksin Covid-19, setelah menerima banyak masukkan dari masyarakat dan setelah melakukan kalkulasi, perhitungan ulang mengenai keuangan negara. Dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 adalah gratis. Sekali lagi saya tekankan, gratis dan tidak dipungut biaya," ujarnya.

Presiden Jokowi Akan Menjadi Orang Pertama yang Akan Divaksin

Presiden Jokowi Akan Menjadi Orang Pertama Akan Divaksin
Instagram.com/jokowi

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengintruksikan kepada seluruh jajaran kabinet, Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk memperioritaskan program vaksinasi pada tahun anggaran 2021.

Jokowi juga mengintruksikan dan memperintahkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk memperioritaskan, merealokasikan dari anggaran lain untuk program vaksinasi gratis sehingga tidak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin. 

Dengan kemeja putih ciri khas Pak Presiden, Jokowi menyampaikan bahwa dirinya akan menjadi yang pertama divaksin.

"Nanti saya, akan menjadi penerima pertama divaksin. Hal ini untuk memberikan kepercayaan dan keyakinan kepada masyarakat bahwa vaksin yang digunakan aman," ungkapnya.

Selain itu, Presiden Jokowi terus mengingatkan seluruh masyarakat untuk terus berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga jarak aman, dan mencuci tangan secara berkala untuk kebaikan bersama.

"Terakhir, saya ingatkan agar masyarakat untuk terus berdisiplin menjalankan 3M: menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk kebaikan kita semuanya," ujarnya dalam YouTube Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden. 

Demikian informasi mengenai pemberian vaksin secara gratis di Indonesia yang telah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Yuk, sambut dengan gembira kabar baik ini agar dunia ini kembali sehat dan bahagia.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.